Sukses

Beauty

BB Cream dan Foundation: Mana yang Lebih Baik?

Fimela.com, Jakarta Jika ingin mendapatkan hasil makeup yang cantik, pemilihan base makeup harus tepat. Sebagian orang lebih menyukai BB Cream, namun ada juga yang lebih sesuai dengan pemakaian Foundation. Tetapi apakah kamu masih bingung dengan manfaat serta kegunaan dari BB Cream dan Foundation? Sahabat Fimela tak perlu khawatir, simak sampai habis ya!

Pilihan terkadang tidak ada habisnya, apakah harus menggunakan yang matte atau memilih cakupan yang sedang? Tidak heran mengapa begitu banyak orang yang sangat merasa kebingungan. Terlebih, kini inovasi produk kecantikan terus menerus mempersembahkan varian terbaru. Bahkan masing-masing produk hadir dengan fungsi yang serupa.

Memilih alas yang sesuai dengan jenis kulit hingga mendapatkan hasil maksimal juga menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai BB Cream dan Foundation ini agar tidak salah pilih.

Kapan Harus Menggunakan BB Cream?

Dilansir My Imperfect Life, Rabu (6/10/2021), sejak tahun 80-an orang Korea telah menyempurnakan formula BB Cream. Bahkan produk kecantikan di Barat telah mengambil dari inovasi Korea. Blemish balm atau BB Cream dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan warna kulit dan mengandung dosis aktif yang besar untuk menjaga kulit agar tetap terlihat maksimal.

BB Cream mengandung bahan aktif restoratif seperti ceramide, asam hialuronat dan vitamin C. Bahan-bahan tersebut menawarkan penyempurnaan kulit instan dan hasil jangka panjang. Selain itu, sebagian besar dapat melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Terdapat pilihan untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit berminyak, kombinasi, normal hingga kering. Bahkan jerawat dan garis kerutan pun dapat diatasi.

Kelemahan BB Cream adalah pada kisaran warna yang tersedia. Hal ini disebabkan BB Cream dirancang untuk menawarkan cakupkan yang tipis dan dibuat dengan pigmen yang beradaptasi dengan warna kulit pemakainya, Sebagian besar merek hanya menawarkan satu atau dua warna. Untuk yang memiliki warna kulit dengan rentang nada yang lebih gelap akan sulit untuk menemukan BB Cream yang cocok dengan warna kulit tersebut.

Bagaimana dengan Foundation?

Foundation hadir dalam beberapa bentuk berbeda mulai dari cair, mousse hingga bedak dan stik yang semuanya menawarkan sejumlah pilihan dan hasil akhir yang berbeda. Baik light, medium atau full coverage, mattifying, natural atau dewy, Foundation dirancang untuk menyamarkan kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, kemerahan dan meratakan warna kulit. Foundation juga memiliki daya tahan yang luar biasa hingga 18 jam pemakaian.

Meski dibuat untuk mengoreksi warna kulit dan menyempurnakan teksur, terdapat beberapa manfaat perawatan kulit lainnya. Foundation mengandung bahan asam hialuronat yang menghidrasi, mattifying, memperbaiki anti-oksidan, perlindungan SPF dan asam penghilang jerawat. Dalam beberapa tahun terakhir, dari segi warna terdapat penawaran yang meningkat pesat. Umumnya, warna kulit yang gelap dan hangat memiliki lebih banyak pilihan dari sebelumnya.

Apa Perbedaan BB Cream VS Foundation?

Salah satu duta kecantikan internasional Diego dalla Palma, Gianluca Oddi mengatakan perbedaan utama antara BB Cream dengan Foundation adalah cakupannya. BB Cream adalah produk perawatan kulit pertama yang dirancang untuk merawat dan meratakan warna kulit dengan cakupkan yang sangat ringan. Meski ada penambahan bahan perawatan kulit dalam beberapa formula, tugas utama Foundation adalah menyembunyikan ketidaksempurnaan.

Jadi, Harus Pilih Mana?

Ketika berbicara tentang BB Cream dan Foundation, sebenarnya tidak perlu memilih salah satu. Terutama beberapa hari kemudian mungkin kamu menginginkan sesuatu yang instan dan bermanfaat bagi kulitmu serta memberikan warna kulit yang tipis, maka BB Cream yang menjadi pilihan. Sementara, mungkin setelahnya terdapat keinginan yang muncul untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan dan meratakan warna kulit dengan memilih Foundation.

Sahabat Fimela lebih suka pakai BB Cream atau Foundation, nih?

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Bahan Alami yang Bantu Rambut Mengembang Jadi Mudah Ditata
Artikel Selanjutnya
7 Cara yang Bikin Makeup Glowing dan Tahan Lama Sepanjang Hari