Sukses

Beauty

Jadi Kunci Kulit Awet Muda, Bagaimana Efektivitas Kolagen?

Fimela.com, Jakarta Sering mendengar tentang kolagen, zat penting ini dikatakan menjadi kunci kulit awet muda. Salah satu bahan andalan bagi perawatan kulit agar awet muda yang kerap kali muncul di pikiran para wanita memang kolagen. Hal ini diakibatkan kolagen memiliki peran besar dalam melawan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Kolagen merupakan protein penting untuk menjaga jaringan dan tulang tetap kuat. Terutama pada kulit, kolagen mampu memberikan kulit struktur dan elastisitas sehingga kulit tampak awet muda dan sehat.

Dilansir Liputan6, Jumat (15/10/2021), sebagian besar kolagen terletak dan diproduksi di dermis, lapisan kulit tepat di bawah epidermis dan di atas jaringan subkutan di mana sel-sel tersebut memproduksi molekul kolagen yang kemudian membangun anatomi dasar kulit manusia.

Terbuat dari ribuan molekul kolagen kecil yang melekat satu sama lain membuat kolagen dikatakan sangat besar. Hal ini menjadi salah satu alasan utama dalam mengoleskan kolagen pada kulit mungkin tidak bermanfaat seperti yang pernah terbesit di pikiran Sahabat Fimela.

Bagaimana Efektivitas Skincare Kolagen?

Jika menikmati teksturnya dan dapat membantu kulit tampak terlihat lebih baik, maka kolagen bisa dijadikan sebagai bagian dari perawatan kulit atau skincare sehari-hari. Perlu diingat bahwa keuntungan utama yang didapatkan adalah hidrasi. Itulah sebabnya ketika ingin meningkatkan kadar kolagen, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan bahan-bahan yang bisa memicu produksi kolagen dibanding menggunakan kolagen itu sendiri.

Ahli dermatologi, dr. Zenovia Gabriel menjelaskan, “Bahan yang merangsang produksi kolagen atau menghambat kerusakan kolagen termasuk retinol, peptide dan antioksidan, seperti vitamin C dan E,” tuturnya.

Sudah beberapa tahun terakhir, berbagai merek membantu konsumen mendapatkan edukasi dengan menjelaskan bagaimana kolagen atau produk penambah kolagen bisa bekerja pada kulit seseorang. Krim kolagen diungkap bahwa formula yang terkandung di dalamnya termasuk penambah kolagen seperti peptide dan niacinamide. Sementara, formulasi tersebut juga bertujuan melembutkan dan menghaluskan tekstur kulit.

Suplemen Kolagen

Terdapat berbagai macam cara dalam membantu kulit kehilangan lebih sedikit kolagen atau meningkatkan produksinya. Salah satu caranya dengan suplemen kolagen, baik bubuk ataupun kapsul. Rekomendasi dari para ahli adalah suplemen kolagen terhidrolisis yang lebih mudah untuk dikonsumsi tubuh seseorang.

Makanan super antioksidan tinggi dapat ditambahkan ke dalam program diet untuk membantu proses tersebut. “Makanan ini adalah penyerap radikal oksigen bebas, seperti likopen (tomat), vitamin C (jeruk), teh hijau (matcha), blueberry dan kenari,” ungkap Zenovia.

Ia menambahkan, “Peradangan merusak semua proses seluler termasuk kerusakan kolagen. Oleh karena itu, efek anti-inflamasi omega yang kuat membantu tubuh pulih dari kerusakan ini,” tambahnya.

Selain kolagen, mengonsumsi makanan alami juga bisa membuat kulit tampak awet muda, lho!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Bahan Alami yang Bantu Rambut Mengembang Jadi Mudah Ditata
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Buah Jeruk untuk perawatan Rambut