Sukses

Beauty

Menurut Dermatologis, Ini Alasan Mengapa Bibir Membutuhkan Perlindungan SPF

Fimela.com, Jakarta Penggunaan sunscreen atau perlindungan tabir surya pada area wajah memang sudah biasa kita dengar. Namun, ternyata area bibir juga membutuhkan perlindungan akan sinar matahari yang sama pentingnya dengan area wajah.

Sama dengan wajah, tentu area bibir membutuhkan perawatan yang sama. Paparan sinar matahari dan polusi yang mengenai area wajah, tak terkecuali bibir, dapat mengubah keadaan warna dan tekstur pada bibir. Dikutip dari thehealthsite.com, area wajah memerlukan kelenjar sebaceous yang bekerja untuk memproduksi sebum agar bibir tetap terhidrasi.

Tidak hanya paparan sinar matahari, faktor udara dan cuaca juga dapat mengurangi hidrasi pada area bibir. Area bibir yang terkena paparan sinar matahari dan cuaca membuat bibir menjadi lebih cepat kering dan sensitif. Hal ini pun menjadi alasan mengapa area bibir juga memerlukan perlindungan tabir surya untuk mengurangi dampak berbahaya dari sinar UV. Perawatan bibir pun menjadi penting untuk diperhatikan.

 

Penjelasan secara dermatologis

Sinar UV dapat merusak jaringan kulit, tentu hal ini sudah tidak asing kita dengar. Namun, penelitian membuktikan orang-orang kerap lupa melindungi area bibir. Perlindungan area bibir yang kurang, akan berdampak sama buruknya dengan ketika kita tidak menggunakan sunscreen pada area wajah. Potensi kanker kulit dapat meningkat seiring waktu.

"Kanker kulit pada area bibir ini sangar berbahaya, itulah mengapa orang-orang memerlukan perawatan SPF di area kulit," ujar Elizabeth Tanzi, pendiri dan direktur Capital Laser & Skin Care, dan profesor klinis asosiasi di departemen dermatologi di George Washington University Medical Center, dikutip dari allure.com pada Senin (18/10).

Paparan sinar matahari yang berlebihan pada area bibir dapat menyebabkan masalah kulit yang tak dapat disembuhkan seperti keratosis aktinik atau cheilitis aktinik. Jika tidak diobati, kondisi ini akan menyebabkan sel kulit skuamosa yang menyebabkan kanker kulit meningkat.

Mengoleskan lip balm dengan SPF 15 akan membantumu untuk mencegah hal itu terjadi. Tidak hanya aman, lip balm juga akan membantu untuk melembutkan dan menghasilkan kulit bibir yang halus. Pengaplikasiannya pun sangat mudah, Sahabat Fimela tinggal mengaplikasikan setiap dua jam sekali, atau setelah makan dan minum. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading