Sukses

Beauty

10 Tips Makeup Flawless ala Kiara Leswara, Anti Luntur Meski Pakai Masker

Fimela.com, Jakarta Penggunaan masker selama pandemi Covid-19 membuat para perempuan mengurangi penggunaan makeup karena khawatir akan berbagai permasalahan kulit yang bisa terjadi. Seperti kemerahan, inflamasi, hingga jerawat di area hidung dan mulut.

Tak hanya itu, pemakaian masker juga membuat makeup mudah luntur dan menempel di masker. Hal ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan trik makeup yang tepat, yakni dengan makeup flawless.

Beauty Vlogger Kiara Leswara menuturkan makeup flawless menjadi tren makeup yang paling banyak disukai wanita saat ini. Kunci utama agar wajah terlihat flawless berasal dari kulit yang bagus dan terawat. Dengan begitu, tidak memerlukan makeup yang tebal untuk tampil cantik.

“Menurutku sekarang wanita suka dengan tren makeup yang glowing, flawless dan sehat. Sedangkan untuk fokusnya sendiri lebih ke makeup mata karena kebiasaan pemakaian masker dalam keseharian,” kata Kiara Leswara dalam beauty class virtual Tokopedia, (25/10/2021).

Untuk mendapatkan hasil makeup flawless, ada beberapa tips yang dibagikan Kiara Leswara yang bisa kamu tiru. Penasaran? yuk kita simak selengkapnya.

 

1. Pastikan kulit bersih dan terhidrasi

Sebelum mulai makeup, pastikan kulit kamu bersih. Karena penggunaan makeup pada wajah yang kotor dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Setelah membersihkan wajah, tahap selanjutnya adalah memastikan kulit terhidrasi dengan menggunakan skincare. Untuk pilihan produk skincare, Kiara Leswara menyarankan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

“Misalnya kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa memulainya dengan menggunakan skincare oil control,” kata Kiara.

 

2. Gunakan primer

Setelah memastikan kulit bersih dan terhidrasi, langkah selanjutnya adalah menggunakan primer. Kiara Leswara mengatakan primer sangat penting digunakan sebelum foundation, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk pakai masker sepanjang hari.

“Primer tidak hanya memberi hasil akhir sempurna pada makeup, tetapi juga membantu makeup lebih tahan lama,” tutur Kiara.

 

3. Gunakan foundation yang sesuai

Sebagai base make up, penggunaan foundation yang ringan sudah cukup sebagai lapisan awal make up. Memilih shade warna foundation yang tepat untuk meratakan warna kulit dan menjadi langkah awal hasil make up sempurna.

“Aku menyarankan untuk menggunakan foundation dengan shade yang sesuai dengan undertone kita. Karena kalau terlalu gelap, wajah akan menjadi terlihat kusam. Sementara jika terlalu terang, wajah akan terlihat ke abu-abuan,” kata Kiara.

Sementara untuk tekniknya, Kiara menyarankan untuk mengaplikasikan foundation yang ringan di seluruh wajah, terutama area hidung. “Bagian kawat pada masker rentan membuat makeup di area hidung luntur, oleh karena itu aku sarankan menggunakan makeup tipis di area hidung,” tutur Kiara.

4. Pakai concealer untuk samarkan noda

Selanjutnya, aplikasikan concealer di beberapa titik, yaitu area bawah mata, area antara hidung dengan mulut dan area dagu. Aplikasikan concealer dengan beauty blender yang lembap untuk hasil yang natural.

5. Set dengan loose powder

Setelah base makeup sudah teraplikasi dengan baik, kunci dengan loose powder. Sapukan loose powder menggunakan brush mulai dari area bawah mata lalu ke area pipi kemudian ke seluruh wajah.

6. Pakai contour dan blush on

Tahap selanjutnya, kamu bisa menggunakan contour untuk mempertegas kontur wajah. Tak lupa aplikasikan blush on agar wajah tampak fresh.

Untuk mengaplikasikan blush on, Kiara memiliki beberapa tips yang bisa kamu coba.  “Untuk pemilik wajah bulat, kamu bisa mengaplikasikan blush on pada area tulang pipi agar terlihat lebih tirus. Sebaliknya, untuk pemilik wajah tirus sebaiknya mengaplikasikan blush on pada apple cheeks,” saran Kiara.

 

7. Pertegas makeup mata

Karena menggunakan masker sepanjang hari, maka makeup mata menjadi sangat penting. Dalam hal ini kamu bisa memilih eyeshadow natural seperti cokelat.

“gunakan eyeshadow cokelat pada bagian crease, kemudian blending menggunakan brush. Untuk menambah kesan pop out pada area mata, tambahkan eyeshadow shimmer warna gold di eyelid,” lanjut Kiara.

Setelah menggunakan eyeshadow kamu bisa lanjut menggunakan eyeliner, kemudian bulu mata, dan pensil alis. “Agar alis aku tetap rapi, biasanya aku juga menambahkan browcara gel,” sambungnya.

8. Pakai highlighter

Kunci makeup flawless dan glowing selanjutnya adalah dengan memberikan sentuhan highlighter. Sapukan tipis highlighter menggunakan brush pada tulang pipi dan hidung.

“Sebagai tips, agar dapat berbaur secara sempurna, tap-tap highlighter dengan beauty blender,” kata Kiara.

9. Pilih lipstick matte

Selain riasan di bagian wajah yang sering menempel di masker, ada juga lipstik di bagian bibir yang kerap menempel. Kondisi ini cukup mengganggu karena warna lipstik yang cenderung terang dan cerah, sehingga saat masker dibuka akan terlihat jelas.

Untuk mengatasinya, hindari produk krim, satin, dan lip balm. Sebab produk bibir ini dapat dengan mudah menempel di masker. Sebaliknya, pilihlah lip matte atau lip tint yang menyerap di bibir.

10. Kunci dengan setting spray

Langkah terakhir, agar hasil makeup lebih awet dan maksimal, aplikasikan setting spray di wajahmu. Dengan menggunakan setting spray, dapat mengunci makeup sehingga mencegahnya menggeser dan menempel di masker.

Pilihlah spray yang memberikan hasil matte sekaligus melindungi kulit kamu secara bersamaan. Idealnya dengan SPF dan antioksidan dengan SPF dan antioksidan yang menghalangi sinar UV dan polutan apa pun di udara.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Makeup Ikonik Lisa BLACKPINK, Ada yang Mirip Barbie
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih dan Mengaplikasikan Foundation untuk Kulit Sawo Matang