Sukses

Beauty

Tips Mengenali dan Perawatan yang Tepat untuk Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah bersih, sehat dan bersinar tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda, maka dalam perawatan biasanya dilakukan secara berbeda tergantung pada jenis kulitnya tersebut. Terutama bagi pemilik jenis kulit sensitif, mereka akan lebih sulit menentukan perawatan yang baik dan cocok untuknya.

Tak sedikit orang yang masih bingung dalam membedakan jenis kulitnya, apakah termasuk kulit normal atau sensitif. Pada umumnya, kulit sensitif sangat mudah teriritasi setelah menggunakan produk tertentu hingga menyebabkan kulit merah, gatal atau berjerawat.

Selain itu, bagaimana cara untuk mengetahui jenis kulit sensitif? Tak perlu khawatir, Fimela telah mengulas ciri-ciri kulit sensitif serta tips untuk mengatasinya dari berbagai sumber, Rabu (15/12). Sebelum itu, kenali terlebih dahulu tanda bahwa kulitmu termasuk sensitif.

Rawan Ruam dan Benjolan

Jika terdapat benjolan merah kecil dan ruam pada kulit, maka ini bisa diidentifikasikan sebagai kulit sensitif. Kulit sensitif dapat bereaksi dengan ruam merah, kering bahkan bersisik. Ini bisa terjadi terutama ketika menggunakan beberapa produk tertentu seperti krim wajah. Ruamnya kulit bisa membuat tidak nyaman seseorang.

Hal yang perlu diwaspadai lainnya adalah saat Sahabat Fimela memiliki alergi. Ketika hal tersebut terjadi, temui dokter sesegera mungkin atau mengoleskan minyak kelapa untuk menghilangkan ruam atau benjolan dengan cepat.

Kulit Terasa seperti Terbakar

Bagi pemilik kulit sensitif akan cenderung memiliki skin barrier yang lebih tipis sehingga memungkinkan bahan-bahan yang terkandung pada produk tertentu memberikan sensasi perih dan terbakar. Biasanya, ini umum ditemukan pada gel, produk yang mengandung alkohol dan banyak perawatan jerawat atau produk anti-penuaan.

Dilansir Bebeautiful India, ketika hal ini dialami seseorang, sensasi terbakar mungkin terasa sementara, tetapi akan mulai menjadi sangat tidak nyaman dan menyakitkan dalam waktu singkat. Cobalah bilas area kulit tersebut dengan air dingin.

Muncul Kemerahan

Kemerahan adalah tanda paling umum dari kulit sensitif, di mana muncul ruam dan benjolan merah atau bahkan pembuluh darah merah yang melebar. Kemerahan ini dapat hilang setelah iritasi telah teratasi dengan perawatan ringan.

Konsultasikan ke dokter sesegera mungkin untuk menemukan solusi atas masalah tersebut, terutama jika kemerahan benar-benar membandel.

Rentan Berjerawat

Kulit sensitif dan kering cenderung menghasilkan minyak ekstra untuk mengimbangi kurangnya kelembapan di dalamnya. Hal ini menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga timbul jerawat pada kulit. Bahkan, krim jerawat untuk mengatasi masalah tersebut bisa memperburuk situasi.

Kulit Terasa Gatal

Kulit yang gatal merupakan gejala yang disebabkan oleh penggunaan air panas secara berlebihan. Ini bisa terjadi terutama ketika menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan cukup keras.

Kulit sensitif bisa ditandai dengan gatal tiada henti bahkan ketika udara sejuk dan kering. Hindari untuk menggaruk area yang gatal, karena bisa menyebabkan lebih banyak iritasi bahkan infeksi.

Mudah Terbakar Paparan Sinar Matahari

Efek berbahaya dari sinar matahari akan membuat rentan seseorang yang memiliki kulit sensitif. Risiko akan lebih tinggi lagi ketika kulit sudah teriritasi atau terkelupas. Dengan demikian, tabir surya menjadi sangat penting bagi wajah yang kulitnya sensitif.

Karena beberapa bahan dalam tabir surya bisa menyebabkan reaksi alergi, cobalah untuk mencari bahan yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida dan yang berspektrum luas serta memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

Lantas, bagaimana tips perawatan kulit yang baik?

Tips Dasar Perawatan Kulit

Dikutip WebMD, pada umumnya apa pun jenis kulit yang dimiliki, tips ini bisa membantu merawat kulit agar menjadi lebih baik dan sehat.

  • Gunakan tabir surya spektrum luas yang menghalangi sinar UVA dan UVB.
  • Hindari sinar matahari langsung dengan menggunakan topi dan kacamata hitam
  • Jangan merokok
  • Tetap terhidrasi
  • Rajin mencuci kulit wajah dengan lembut dan menyeluruh setiap hari
  • Hindari memakai riasan saat tidur
  • Melembapkan kulit wajah

Jadi, itulah cara untuk mengetahui jenis kulit wajah sensitif. Jika mengalami ciri-ciri yang telah disebutkan tadi, kemungkinan Sahabat Fimela pun memiliki tipe kulit sensitif. Cobalah untuk menerapkan tips-tips ini ya!

 

*Penulis: Atika Riyanda Roosni.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading