Sukses

Beauty

5 Penyebab Kulit Muka Mengelupas dan Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Kulit muka mengelupas sering dialami perempuan yang berusia 25tahun lebih. Hal ini disebabkan karena kelembapan kulit menurun, dan produksi kolagen serta minyak alami di kulit berkurang.

Kondisi kulit muka mengelupas ini ditandai dengan munculnya ruam kulit, kulit sangat kering, tekstur kulit menjadi kasar, terasa gatal, dan sangat sensitif. Waspada pengelupasan kulit yang terjadi. Hal ini bisa meninggalkan bekas luka yang susah dihilangkan.

Kulit muka mengelupas ini termasuk ciri-ciri kulit yang mengalami tanda penuaan dini. Kondisi ini dapat dicegah dengan cara alami dan mudah. Berikut penyebab kulit muka mengelupas dan cara mencegahnya:

Penyebab Kulit Muka Mengelupas

1. Dehidrasi

Penyebab kulit muka mengelupas yang pertama, yaitu karena kulit dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, lapisan kulit atas atau bagian epidermis kulit tidak mendapatkan kelembapan, sehingga membuat kulit muka lebih mudah mengelupas.

2. Faktor Usia

Faktor usia juga berpengaruh terhadap kerusakan kulit, yang membuat lapisan kulit muka mengelupas. Saat usia mencapai 25 tahun lebih, produksi kolagen dan minyak alami dalam kulit berkurang, sehingga membuat kulit tampak kering dan mengelupas.

3. Sering Menggunakan Air Hangat

Kebiasaan sering menggunakan air hangat, bisa menyebabkan kulit muka mengelupas. Walaupun air hangat bisa membantu melancarkan peredaran darah, tetapi air hangat bisa membuat kulit menjadi kering, tekstur kasar dan mudah mengelupas. Sebaiknya gunakan air dingin untuk membilas muka.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Kulit muka mengelupas juga bisa disebabkan karena efek samping mengonsumsi obat-obatan, seperti  obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid, dan obat-obatan kemoterapi. Konsultasikan penggunaan obat-obatan itu kepada dokter, agar kulitmu tidak mengalami iritasi.

5. Menggunakan Produk Kimia

Penyebab kulit muka mengelupas yang terakhir adalah penggunaan produk berbahan kimia. Kalau kamu menggunakan skincare yang memiliki kandungan bahan kimia, seperti alkohol dan paraben, bisa menyebabkan kulit ruam, kering dan mengelupas. Selain itu sabun yang mengandung deterjen dan parfum juga bisa menyebabkan kulit mengelupas.

Cara Mencegah Kulit Muka Mengelupas

1. Cegah dengan Pola Hidup Sehat

Cara mencegah kulit muka mengelupas yang pertama, yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, tidur sebelum jam 10 malam, rutin berolahraga, konsumsi buah dan sayuran, serta hindari alkohol, kafein dan merokok.

2. Gunakan Skincare

Untuk menjaga kulit muka tetap lembap, gunakan produk skincare yang memiliki kandungan hydrating agents seperti hyaluronic acid, ceramides atau gliserin. Kamu juga bisa menggunakan skincare yang mengandung aloe vera extract, chamomile extract, centella asiatica extract, atau minyak zaitun.

3. Gunakan Makeup yang Tepat

Biasanya pemilik kulit kering akan kesusahan mengaplikasikan makeup ke muka. Untuk itu, gunakan makeup yang tepat untuk kulit kering, sensitif dan mudah mengelupas. Jangan lupa untuk gunakan pelembap sebelum menggunakan makeup.

Masker untuk Kulit Muka Mengelupas

Untuk mengembalikan kelembapan kulit, melembutkan tekstur kulit, dan mencerahkan wajah, kamu bisa menggunakan masker alami secara rutin, maksimal 2 minggu sekali untuk kulit muka yang mengelupas. Berikut masker alami untuk kulit muka mengelupas:

1. Madu

Madu membantu melembutkan kulit, mengatasi peradangan, dan mengurangi pengelupasan kulit. Cara menggunakan madu sebagai masker alami adalah dengan mengaplikasikan madu ke seluruh wajah, kemudian tunggu hingga 10 menit dan bilas hingga bersih.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa membantu mencegah kulit muka mengelupas, dan bisa digunakan sebagai masker alami. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan meratakan minyak kelapa ke wajah dan tunggu hingga 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan sabun khusus kulit kering.

3. Lidah Buaya

Masker alami yang bisa digunakan kulit muka mengelupas yang terakhir, yaitu lidah buaya. Gel lidah buaya ini membantu mengurangi peradangan kulit, yang iritasi akibat mengelupas. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading