Sukses

Beauty

5 Fakta Seputar Skin Barrier, Fungsi, Ciri-Ciri Rusak, Hingga Cara Memperbaikinya yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Skin barrier menjadi istilah yang sering disebutkan dalam topik-topik kecantikan. Bahkan, banyak produk skincare yang berada di pasaran, menjanjikan kebaikan untuk memperkuat hingga memperbaiki skin barrier. 

Tapi, apakah sebenarnya skin barrier itu? dan apa hubungannya skin barrier dengan kesehatan kulit? lalu, apa yang terjadi saat skin barrier rusak, dan bisakah diperbaiki? Pertanyaan tersebut mungkin banyak di benak Sahabat Fimela. Kali ini, kami akan mengulas dengan jelas, fakta-fakta seputar skin barrier yang bisa jadi panduan perawatan kulit untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikannya. 

Skin barrier adalah?

Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang terikat oleh lipid. Sesuai namanya, skin barrier berfungsi sebagai pelindung bagi kulit. Kulit yang terdiri dari lapisan-lapisan memiliki fungsi tersendiri.

Pada lapisan terluar terdiri dari stratum korneum, penghalang kulit atau dinding kulit yang terdiri dari sel kulit keras. Lalu, kamu akan menjumpai keratin dan pelembap alami di dalam sel kulit tersebut. Lapisan lipid yang memiliki kandungan kolesterol, asam lemak, dan ceramide inilah yang disebut dengan skin barrier.

Meski tampak tipis, pelindung kulit ini membantu melindungi tubuh dari berbagai macam racun dan patogen yang berbahaya, serta dapat menembus kulit. 

 

Yang menyebabkan skin barrier rusak

- Faktor lingkungan.

- Sinar UV

- Polusi

- Paparan zat kimia. 

- Terlalu sering lakukan eksfoliasi.

- Stres. 

- Faktor genetik. 

 

 

Tanda skin barrier rusak

Skin barrier yang rusak ditandai dengan rentannya kondisi kulit yang dirasakan. Biasanya, kulit akan menimbulkan sejumlah gejala seperti:

- Kulit bersisik.

- Kulit gatal.

- Perubahan warna kulit. 

- Jerawat. 

- Kulit sensitif. 

- Radang. 

- Infeksi jamur. 

Cara merawat skin barrier:

Skin barrier wajib dirawat untuk mempertahankan kekuatannya. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan skin barrier kuat, diantaranya adalah: 

- Lakukan perawatan kulit sederhana.

- Jaga keseimbangan pH di kulit.

- Gunakan natural oil seperti minyak kelapa, almond, argan, rosehip, bunga matahari. 

- Pilih produk skincare dengan kandungan ceramide.

Kandungan skincare yang patut dipakai untuk perkuat dan perbaiki skin barrier: 

- Gliserin

- Hyaluronic acid

- Madu

- Ceramide dan kadungan lainnya yang bersifat lembut serta mampu melembapkan kulit.

 

 

 

 

 

 

Implora x Fimelahood From Home

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut? Yuk, Jangan lewatkan acara “Solusi Multi Problem untuk Kulit” bersama dr Listya Paramita, Sp.KK dan Maria Bintang ( Brand Manager Implora)

Segera daftar di sini secara gratis.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading