Sukses

Beauty

9 Penyebab Awet Muda Dibandingkan Umur Aslinya

Fimela.com, Jakarta Betapa menyenangkannya kalau memiliki wajah yang terlihat awet muda, dibandingkan dengan umur asli kita. Tak hanya angan saja, namun memiliki wajah awet muda ini bisa terwujud dengan melakukan perawatan wajah secara rutin dan konsisten.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan minyak alami di kulit akan semakin berkurang, sehingga menyebabkan kulit wajah tampak tua atau mengalami tanda-tanda penuaan dini, seperti berkerut, tekstur kulit menjadi kasar, muncul flek hitam, dan kulit menjadi sangat kering.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat kulit wajahmu terlihat awet muda. Salah satu kunci utamanya adalah mengonsumsi air putih secara rutin, agar kulit tidak dehidrasi. Kalau Sahabat Fimela ingin memiliki kulit awet muda, yuk simak penyebab awet muda berikut ini:

Penyebab Awet Muda

1. Mengonsumsi Air Putih

Penyebab awet muda yang pertama yaitu mengonsumsi air putih secara rutin. Air putih bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan cairan di kulit, sehingga kulit tampak lembap dan tidak muncul keriput. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air.

2. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga juga menyebabkan kulit tampak awet muda, karena olahraga bisa membuat peredaran darah menjadi lancar. Jika sirkulasi darah lancar, maka oksigen dan nutrisi di dalam tubuh akan megalir secara lancar dan mampu menyehatkan tubuh serta kulit.

3. Mengonsumsi Buah-Buahan

Tubuh dan kulit akan terlihat lebih awet muda dari usia aslinya, jika rajin mengonsumsi buah-buahan. Karena di dalam buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel yang rusak di dalam tubuh.

Penyebab Awet Muda

4. Makan Sayuran Hijau

Selain buah-buahan, tubuh memerlukan sayuran hijau yang kaya antioksidan untuk membuat terlihat awet muda. Sayuran hijau juga bisa meningkatkan kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membuat wajah tampak segar serta berkilau.

5. Menjaga Kualitas Tidur

Kebiasaan begadang atau tidur terlalu larut malam bisa menyebabkan wajah terlihat tua, karena kantong mata menggelap dan muncul keriput di wajah. Kalau kamu ingin terlihat awet muda, cobalah untuk menjaga kualitas tidurmu dengan tidur selama 8jam sehari sebelum jam 10 malam.

6. Rajin Menggunakan Skincare

Kunci kulit wajah terlihat awet muda adalah rajin menggunakan skincare, yang berfungsi untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Saat memasuki usia 25tahun keatas, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung antiaging, seperti hyaluronid acid, glycerin, AHA, BHA, retinol, ceramide, vitamin C dan vitamin E.

Penyebab Awet Muda

7. Menggunakan Sunscreen

Awet muda juga bisa disebabkan karena rajin menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari. Penggunaan sunscreen ini bisa melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Karena radiasi sinar matahari ini bisa membuat kulit terbakar, tampak kusam dan muncul keriput.

8. Memiliki Pikiran Positif

Walaupun terlihat sederhana, tetapi memiliki pikiran positif bisa membuatmu terlihat awet muda daripada usiamu yang sebenarnya. Karena pikiran positif bisa membuat kita bahagia, dengan begitu pikiran kita tidak akan mudah stres. Stres adalah kondisi yang bisa membuat wajah tampak tua dan bisa membuat tubuh sakit.

9. Tidak Menggunakan Makeup Berlebihan

Penyebab awet muda yang terakhir yaitu tidak menggunakan makeup secara berlebihan. Penggunaan makeup bisa menyebabkan kulit kering, sehingga wajah akan terlihat tua. Sebaiknya gunakan makeup seperlunya saja dan jangan lupa menggunakan pelembap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading