Sukses

Beauty

Kupas Tuntas 10 Mitos Seputar Rambut yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan lebih seperti wajah, terlebih jika kita memiliki rambut panjang dan suka menata rambut. Sulitnya merawat rambut menimbulkan beberapa mitos mengenai rambut bermunculan. Tapi apakah mitos-mitos mengenai rambut sepenuhnya benar? Berikut adalah beberapa mitos mengenai rambut dan kebenarannya!

10 Mitos Seputar Rambut dan Faktanya!

1. Memotong rambut secara rutin akan membuat rambut tumbuh lebih cepat

Salah satu mitos yang sering kita dengar mengenai rambut adalah jika kita memotong rambut secara rutin, maka rambut akan lebih cepat tumbuh. Pada kenyataannya, memotong rambut tidak memiliki efek mempercepat pertumbuhan rambut. Menurut Anabel Kingsley, seorang trikologis, pada umumnya setiap helai rambut tumbuh sekitar setengah inci setiap bulannya. Jadi, ini hanya sekedar mitos, ya!

2. Ketombe adalah masalah kulit kepala kering

Ketombe terjadi saat produksi sebum yang berlebihan bertemu dengan salah satu jenis fungi lipofilik yang umum ditemukan di kulit manusia, yaitu Malassezia Yeast. Semakin banyak produksi sebum pada kulit kepala, maka akan semakin banyak ketombe yang muncul. Oleh karena itu, ketombe dapat dikatakan sebagai salah satu masalah rambut yang lebih sering muncul pada tipe kulit kepala berminyak. 

3. Keramas setiap hari tidak baik untuk kesehatan rambut

Mitos ini tidak bisa sepenuhnya dikatakan mitos, karena pada dasarnya kebutuhan membersihkan rambut harus disesuaikan dengan gaya hidup, tipe kulit kepala, dan jenis rambut. Bagi seseorang yang aktif bergerak, memiliki tipe kulit kepala berminyak, serta rambut cenderung lurus, dianjurkan untuk lebih sering membersihkan rambut. Walaupun begitu, bukan berarti seseorang yang tidak aktif bergerak, memiliki tipe kulit kepala kering, serta rambut cenderung ikal tidak perlu membersihkan rambut, ya! Perawatan rambut harus disesuaikan dengan kebutuhan rambut, sama halnya seperti perawatan wajah.

4. Mencukur membuat rambut akan tumbuh semakin lebat

Mitos ini seringkali muncul saat seseorang mencukur rambut di bagian tertentu, seperti ketiak, lengan, kaki, dan sekitar alat kelamin. Namun pada nyatanya, mitos ini hanya sekedar mitos! Pada kenyataannya, mencukur dapat membuat ujung rambut yang awalnya tumbuh melancip menjadi tumpul. Hal tersebut yang membuat rambut yang tumbuh kembali terlihat lebih lebat.

5. Membiarkan rambut kering dengan sendirinya lebih baik daripada menggunakan pengering rambut

Lagi-lagi mitos ini tidak dapat dikatakan sepenuhnya mitos, karena hal tersebut dipengaruhi oleh metode yang digunakan. Jika kita mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk sembari dililit atau diremas dengan kasar, hal tersebut tidak lebih baik dari menggunakan pengering rambut. Saat menggunakan pengering rambut, hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur suhu agar tidak terlalu panas, rambut tidak boleh terlalu dekat dengan pengering rambut, serta jangan lupa gunakan vitamin dan pelembab rambut setelah menggunakan pengering rambut.

6. Keramas dapat membuat rambut rontok lebih parah

Menurut Anabel Kingsley, manusia secara umum memiliki sekitar 120.000 helai rambut dan setiap helai rambut tumbuh dengan melalui 4 proses, yaitu growth, transition, resting, dan shedding. Sekitar 90% helai rambut yang ada di kepala manusia pada umumnya berada pada tahap growth, sedangkan sisanya sudah berapa di tahap transition, resting, bahkan shedding. Jadi, bukan hal yang aneh jika saat membersihkan rambut akan ada rambut kita yang rontok, karena pada kondisi normal, manusia akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya.

7. Stres memicu tumbuhnya uban

Selain faktor umur, munculnya uban juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Tapi kondisi stres yang dapat memengaruhi hormon dalam tubuh juga mampu mempercepat munculnya uban. Jadi mitos ini tidak sepenuhnya mitos, ya!

8. Mencabut uban dapat membuat uban tumbuh lebih banyak

Menurut Camille Howard, seorang dermatologis, tidak ada data yang dapat membuktikan mitos ini. Jika seseorang menyadari bahwa ia sudah memiliki uban, maka ia akan berusaha keras mencari kemungkinan uban lain yang tumbuh. Jadi, semua kembali ke pemikiran kita, ya!

9. Rambut bercabang dapat diperbaiki

Rambut bercabang pada umumnya disebabkan oleh penggunaan pengering rambut dan sisir yang salah dan terlalu sering, faktor cuaca seperti angin dan sinar matahari yang mengenai rambut yang tidak terlindungi dengan sempurna, serta iritasi dari penggunaan aksesoris. Jadi, rambut bercabang tidak dapat diperbaiki. Satu-satunya jalan untuk memperbaiki rambut bercabang adalah dengan memotong bagian rambut yang bercabang.

10. Minyak dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat

Menggunakan minyak alami langsung ke kulit kepala nyatanya tidak membuat rambut tumbuh lebih cepat. Jika ingin membuat rambut tumbuh lebih cepat, akan lebih baik mengonsumsi bahan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala, serta menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak alami, seperti minyak zaitun. Jadi, jangan gunakan minyak alami langsung ke kulit kepala, ya!

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Loading