Sukses

Beauty

6 Tips Merawat Rambut Kering akibat Styling

Fimela.com, Jakarta Rambut yang dianggap sebagai mahkota, merupakan bagian tubuh yang biasa perempuan rawat sedemikian rupa, supaya memiliki tekstur, bentuk, dan tampilan yang diinginkan di berbagai acara. Akibatnya, rambut para perempuan seringkali di styling menggunakan produk seperti hairspray, hair dryer, dan catokan.

Styling menggunakan hairspray, hair dryer, dan catokan membuat rambut kering dan bercabang jika tidak dirawat dengan baik. Untuk itu kamu perlu memperhatikan perawatan rambutmu untuk menjaga kesehatan rambut.

Rambut yang sehat dan berkilau menjadi keinginan semua orang dan tentunya akan memberikan hasil yang maksimal setelah styling. Berikut adalah enam tips untuk merawat rambut kering akibat styling.

Memakai shampoo dan conditioner

Produk utama yang digunakan untuk membersihkan rambut adalah shampo. Akan jauh lebih baik jika ditambah dengan pemakaian conditioner untuk menjaga kelembutan dan kelembaban rambut. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah shampoo dan conditioner yang tepat dengan permasalahan rambut yaitu kering.

Memakai hair mask

Memakai hair mask secara rutin dapat memperbaiki tekstur rambut. Pakailah hair mask sesuai dengan aturan pakai dan cermati kandungan serta manfaat dari hair cream tersebut.

Memperhatikan cara mengeringkan rambut

Banyak dari kita yang masih menggosok rambut dengan handuk saat mengeringkan rambut setelah keramas. Cara ini malah membuat rambut menjadi rusak dan mudah patah, terlebih jika rambut tersebut kering. Cara yang benar dalam mengeringkan rambut dengan handuk adalah dengan meremas perlahan dari ujung rambut ke pangkal rambut dengan handuk. Setelahnya lilitkan handuk ke kepala. Akan lebih baik jika menggunakan handuk khusus untuk rambut.

Memakai hair dryer dengan suhu rendah

Rambut kering biasanya disebabkan karena seringnya terpapar suhu panas dan kurangnya nutrisi pada rambut. Oleh karena itu, saat mengeringkan rambut dengan hair dryer, usahakan memakai suhu yang hangat dan tidak terlalu panas.

Memakai hair serum

Rambut kering membutuhkan proteksi ekstra dalam sehari hari. Salah satunya adalah dengan memakai hair serum sebelum dan setelah memakai hairdryer dan catokan. Pemakaian hair serum akan melindungi rambut dari kontak langsung terhadap suhu panas dan menutrisi rambut tersebut agar lembab dan tidak mengembang. Pemakaian hair serum juga dapat melindungi rambut dari styling catokan.

Memperhatikan suhu catokan

Saat styling rambut menggunakan catokan, perhatikan suhu catokan tersebut. Jangan sampai suhu catokan tersebut terlalu panas dan malah membakar rambut. Gunakan suhu yang tidak terlalu panas, namun tidak terlalu rendah supaya dapat untuk styling rambut. Jangan menggunakan catokan di rambut yang basah karena akan merusak rambut dan membuat rambut menjadi kering.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading