Sukses

Beauty

7 Penyebab Wajah Merah dan Gatal yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Saat wajah merah dan gatal, kondisi ini bisa menyebabkan banyak perempuan merasa tidak percaya diri. Penyebab wajah merah dan gatal sering kali tidak disadari, dan perubahan pada kulit wajah ini terjadi seketika. Hal ini bisa saja disebabkan karena wajah mengalami reaksi alergi.

Kondisi wajah merah dan gatal ini tidak boleh digaruk, karena garukan bisa membuat kondisi semakin parah dan rasa gatalnya menyebar. Penyebab wajah merah dan gatal dapat dihindari serta dicegah. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka peradangan yang menyebabkan wajah merah dan gatal ini, dapat menyebabkan masalah kulit yang lainnya.

Sahabat Fimela dapat berkonsultasi kepada dokter, kalau kondisi wajah semakin parah. Cara mengatasi wajah merah dan gatal juga bisa dilakukan dengan cara alami. Berikut penyebab wajah merah dan gatal, dilansir dari Merdeka.com:

Penyebab Wajah Merah dan Gatal

1. Kulit Kering

Penyebab wajah merah dan gatal yang pertama, yaitu karena memiliki jenis kulit yang kering. Saat kulit kering, maka akan timbul rasa gatal dan menyebabkan peradangan di kulit. Hal ini disebabkan karena penumpukan sel kulit mati, dan kulit kehilangan kelembapan. Untuk itu, gunakan pelembapan untuk menjaga kesehatan kulit kering.

2. Reaksi Alergi

Reaksi alergi setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengalami gatal-gatal di kulit wajah, sesak napas, demam hingga mual-mual. Kemungkinan wajah merah dan gatal ini disebabkan karena ada zat alergen yang menempel pada kulit. Penyebab alergi bisa terbawa oleh angin, seperti debu, kotoran, serbuk sari dan lain sebagainya.

3. Efek Samping Obat-Obatan

Wajah merah dan gatal juga bisa disebabkan karena efek samping mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa obat-obatan yang menyebabkan alergi, hingga membuat kondisi kulit menjadi kering. Sebaiknya konsultasikan pada dokter saat mengonsumsi obat aspirinopioidkelas, obat tekanan darah, dan obat perawatan kanker tertentu.

Penyebab Wajah Merah dan Gatal

4. Eksim

Eksim adalah masalah kulit yang bisa muncul di area tubuh mana saja, termasuk di wajah. Sehingga eksim bisa jadi penyebab wajah merah dan gatal. Eksim sering disebut dengan dermatitis atopik. Eksim menimbulkan rasa gatal dan panas di kulit. Tetapi sebaiknya jangan digaruk, karena bisa menyebabkan eksim semakin menyebar dan menyebabkan ruam.

5. Cacar Air

Penyebab wajah merah dan gatal terjadi karena penyakit cacar air. Penyakit kulit ini juga bisa menular ke orang lain, yang disebabkan karena virus varicella zoster. Penyakit ini paling sering menyerang anak yang berumur 12tahunan, dan di tandai dengan munculnya ruam yang berisi air. Bahkan cacar air bisa menyebabkan gatal di seluruh tubuh.

6. Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering di alami saat masa pubertas. Munculnya jerawat di wajah, bisa menyebabkan kulit wajah merah dan gatal. Biasanya peradangan jerawat ini akan susah untuk disembuhkan, dan harus diobati dengan pengobatan serta perawatan khusus.

7. Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab wajah merah dan gatal yang terakhir, yaitu karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari bisa menyebabkan kulit wajah terbakar, kering dan kulit pecah-pecah. Untuk itu, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Gunakan setiap pagi dan siang hari.

Cara Mengatasi Wajah Merah dan Gatal

Cara mengatasi wajah merah dan gatal cukup mudah. Sahabat Fimela hanya perlu melakukannya secara rutin dan konsisten. Jika wajah merah dan gatal disebabkan karena kulit kering, ada baiknya menggunakan skincare yang mengandung hydrating agents. Produk ini bisa membantu melembapkan kulit, dan menenangkan peradangan pada kulit.

Selain menggunakan skincare, rajinlah berolahraga untuk membuang racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh, sehingga pori-pori bersih dari kotoran penyebab gatal. Imbangi juga dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin mengonsumsi air putih.

Sahabat Fimela bisa menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan rasa gatal. Tentu saja obat yang digunakan harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Jangan lupa menggunakan tabir surya, topi dan payung saat pergi di tengah teriknya sinar matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading