Sukses

Beauty

7 Penyebab Kulit Wajah Kendur yang Bikin Tidak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah kendur adalah salah satu tanda-tanda kulit mengalami penuaan dini. Kondisi ini sering kali dialami oleh seseorang yang berusia 25 tahun ke atas. Karena seiring bertambahnya usia, kandungan kolagen dan minyak di kulit semakin berkurang.

Kulit wajah kendur bisa menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun. Karena kulit wajah terlihat lebih tua dan muncul banyak kerutan. Selain faktor usia, kondisi kulit wajah kendur bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti faktor gaya hidup yang tidak sehat.

Masalah kulit ini bisa diatasi dengan cara alami, dan rajin menggunakan skincare yang mengandung anti-aging. Agar tidak mengalami tanda-tanda penuaan dini, yuk kenali penyebab kulit wajah kendur berikut ini:

Penyebab Kulit Wajah Kendur

1. Dehidrasi

Penyebab kulit wajah kendur yang pertama, yaitu karena kulit mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk mencegah dehidrasi, sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari. Selain untuk menjaga kesehatan kulit, air putih juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan memperlancar peredaran darah.

2. Berat Badan Turun Drastis

Saat Sahabat Fimela menjalankan program diet ketat, maka berat badan akan turun secara drastis. Hal ini menyebabkan kulit menjadi cepat menyusut dan kendur. Sebaiknya hindari melakukan diet ketat. Imbangi diet dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

3. Hormon Tidak Seimbang

Kulit wajah kendur juga bisa disebabkan karena hormon di dalam tubuh tidak seimbang. Seorang perempuan yang kekurangan hormon esterogen, maka produksi kolagen dan elastin di kulit menjadi berkurang. Hal ini yang menyebabkan kulit tidak lembap dan mengendur.

Penyebab Kulit Wajah Kendur

4. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan kulit wajah kendur. Kandungan gula tambahan dalam makanan manis, dapat meningkatkan kadar insulin atau gula darah naik. Sehingga menghambat kolagen dan elastin kulit, yang mengakibatkan elastisitas kulit akan berkurang.

5. Sering Begadang

Kebiasaan buruk sering begadang ternyata bisa mempengaruhi tekstur kulit. Begadang bisa menyebabkan kulit wajah kendur, terutama pada bagian kantong mata yang membesar. Sebaiknya jaga kualitas tidurmu dengan baik. Karena begadang juga bisa menyebabkan pusing dan komplikasi penyakit lainnya.

6. Jarang Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas yang bisa menyehatkan tubuh dan kulit. Sehingga jarang berolahraga bisa menyebabkan kulit wajah kendur. Saat berolahraga, peredaran darah di dalam tubuh akan lancar dan meningkatkan elastisitas kulit. Seseorang yang rajin berolahraga akan tampak awet muda daripada yang jarang berolahraga.

7. Sering Mengonsumsi Alkohol

Penyebab kulit wajah kendur yang terakhir adalah karena sering mengonsumsi alkohol. Dalam alkohol terkandung banyak sekali gula tambahan, yang tidak baik untuk kesehatan kulit maupun tubuh. Bahkan terlalu sering mengonsumsi alkohol bisa menghilangkan kesadaran, merusak saraf otak dan menyebabkan kanker.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kendur

Tak perlu khawatir jika memiliki kulit wajah yang kendur. Karena masalah kulit ini bisa dicegah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan bergizi yang baik untuk kulit. Seperti buah beri-berian, anggur, sayuran hijau, pisang, alpukat dan semacamnya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secara rutin sebanyak 2 liter sehari. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang setiap hari, seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, senam atau yoga. Jangan lupa untuk menjaga kualitas tidur dengan baik, yaitu tidur sekitar jam 9 atau 10 malam, selama kurang lebih 8 jam.

Sahabat Fimela juga bisa menggunakan produk skincare yang mengandung antiaging. Lalu gunakan tabir surya di pagi dan siang hari, agar kulit wajah terlindung dari paparan sinar matahari. Usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit, agar kulit wajah kendur dapat diatasi dengan cepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading