Sukses

Beauty

9 Penyebab Muka Cepat Tua yang Sering Dialami Usia 20an

Fimela.com, Jakarta Penyebab muka cepat tua sering dirasakan seseorang yang berusia 20an. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Secara umum, muka cepat tua atau yang disebut dengan penuaan dini, disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat.

Ciri-ciri muka terlihat lebih tua daripada umur aslinya adalah terdapat banyak keriput di wajah, terdapat noda hitam, kulit mengendur, dan tekstur kulit kering. Sebenarnya kondisi ini biasa dirasakan oleh seseorang yang memiliki jenis kulit kering. Tetapi penyebab muka cepat tua bisa dialami juga oleh pemilik kulit berminyak.

Penyebab muka cepat tua dapat diatasi dengan pola hidup sehat. Sahabat Fimela juga bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan anti-aging, atau melakukan perawatan kulit dengan dokter. Berikut penyebab muka cepat tua yang sering dialami usia 20tahunan:

Penyebab Muka Cepat Tua

1. Dehidrasi

Tanpa disadari, ternyata tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan muka cepat tua. Air putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan juga kesehatan kulit. Air putih mampu mengembalikan kelembapan kulit, sehingga muka tampak awet muda dan terhindar dari muka cepat tua.

2. Sering Begadang

Kebiasaan buruk sering begadang bisa membuat muka cepat tua. Seharusnya, sel kulit akan beregenerasi pada malam hari, sehingga kalau kita memaksakan untuk begadang, regenerasi sel kulit akan terhambat. Sering begadang juga membuat kulit di sekitar mata terlihat gelap dan membengkak.

3. Tidak Mengonsumsi Makanan Bergizi

Jika Sahabat Fimela sering mengonsumsi junk food dan fast food, hal ini akan membuat muka terlihat cepat tua, walaupun masih berusia 20an. Kandungan gizi dalam makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Untuk mencegah penuaan dini, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang banyak kandungan antioksidan. 

Penyebab Muka Cepat Tua

4. Jarang Berolahraga

Apakah Sahabat Fimela sering berolahraga? Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Karena olahraga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar, dan bisa membantu mencegah penuaan dini. Ada baiknya untuk menyempatkan diri berolahraga setiap hari dengan intensitas sedang. Olahraga juga bisa membantu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

5. Jarang Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah produk yang bisa melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan paparan sinar matahari. Sehingga jarang menggunakan sunscreen bisa menyebabkan muka cepat tua, muncul keriput di wajah dan flek-flek hitam. Gunakan sunscreen setiap pagi dan siang hari, baik di dalam maupun di luar ruangan.

6. Sering Menggunakan Makeup

Terlalu sering menggunakan makeup bisa membuat muka cepat tua di usia 20an. Apalagi jika menggunakan gaya makeup yang tidak sesuai dengan umur. Sebaiknya gunakan makeup seperlunya saja, dan jangan lupa menggunakan serangkaian produk skincare sebelum menggunakan makeup.

Penyebab Muka Cepat Tua

7. Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Merokok dan mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan muka cepat tua. Rokok dan alkohol memiliki kandungan yang bisa membuat kulit kering. Bahkan merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kerusakan dan penyakit kulit yang serius.

8. Sering Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Tetapi terlalu sering melakukan eksfoliasi, justru membuat kulit wajah menjadi kering dan muka cepat tua. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali atau dua kali saja, untuk hasil yang optimal.

9. Tidak Menggunakan Pelembap

Pelembap memiliki peran utama untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Karena pelembap memiliki kandungan yang bisa mnjaga kelembapan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan mengatasi masalah kulit. Agar muka tidak tampak cepat tua, gunakan pelembapan yang mengandung anti aging atau hydration agents.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading