Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok sangat wajar dialami seorang ibu setelah melahirkan. Namun kondisi ini bisa menyebabkan penipisan rambut, yang berisiko mengalami kebotakan setelah melahirkan. Tentu saja kondisi rambut rontok bisa menurunkan rasa kepercayaan diri seorang perempuan. Karena rambut adalah sebuah mahkota indah untuk perempuan.

Pada umumnya, setiap hari seseorang akan mengalami kerontokan rambut dengan jumlah 50 hingga 100 helai rambut. Tetapi setelah melahirkan bisa mengalami kerontokan hingga 400helai rambut setiap harinya. Bahkan kondisi rambut rontok ini dapat dialami hingga 6 bulan lamanya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok setelah melahirkan. Sahabat Fimela dapat mengatasi rambut rontok ini dengan mudah, tapi harus tetap rutin dan konsisten dalam melakukan perawatan rambut. Berikut penyebab rambut rontok setelah melahirkan:

Penyebab Rambut Rontok

1. Perubahan Hormon

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan yang pertama, yaitu disebabkan karena mengalami perubahan hormon. Seorang perempuan dapat mengalami beberapa kali perubahan hormon pada saat haid hingga masa kehamilan. Kemudian perubahan hormon ini akan dialami lagi setelah melahirkan, masa menyusui hingga menapouse.

2. Stres

Setelah melahirkan, seorang ibu bisa mengalami stres karena mengalami perubahan hidup baru. Kondisi ini bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Untuk itu, usahakan untuk belajar mengelola emosi dan pikiran dengan baik setelah melahirkan. Stres juga mempengaruhi kondisi kesehatan bayi dan ibu.

3. Kurang Asupan Nutrisi

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena kekurangan asupan nutrisi zat besi. Bagi seorang perempuan setelah melahirkan, dianjurkan untuk mengonsumsi zat besi. Hal ini juga berfungsi sebagai penambah darah setelah melahirkan. Makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, kangkung, buah bit, aprikot dan semacamnya.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Ada kemungkinan, seorang perempuan mengonsumsi obat-obatan setelah melahirkan dan operasi. Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi memiliki efek samping yang membuat tubuh dehidrasi. Sehingga efek sampingnya bisa membuat rambut mudah rontok.

Penyebab Rambut Rontok

5. Penggunaan Pengering Rambut

Penyebab rambut rontok yang selanjutnya adalah karena sering menggunakan pengering rambut. Sering menggunakan pengering rambut, bisa membuat rambut menjadi rusak, kering dan rontok. Sebaiknya gunakan handuk lembut untuk mengeringkan rambut, atau didiamkan agar kering secara alami. Gunakan pengering rambut jika ingin melakukan styling rambut saja.

6. Faktor Keturunan

Jika memiliki keturunan yang memiliki kondisi rambut rontok, maka Sahabat Fimela bisa mengalami kerontokan rambut juga. Kondisi ini bisa memperparah rambut rontok setelah hamil. Namun, rontoknya rambut yang disebabkan karena faktor keturunan ini tetap bisa diatasi dengan rajin melakukan perawatan rambut.

7. Jarang Melakukan Perawatan rambut

Walaupun telah melahirkan dan sibuk mengurusi anak, tetapi lebih baik sempatkan waktu untuk melakukan perawatan rambut. Karena jarang melakukan perawatan rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Rawatlah rambut dengan produk alami yang aman digunakan ibu menyusui, dengan manfaat untuk mencegah rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, Sahabat Fimela bisa melakukan perawatan rambut rontok di rumah saja. Tentu saja perawatan rambut ini harus dilakukan secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang optimal. Cara pertama adalah memilih sampo yang memiliki fungsi untuk mengatasi rambut rontok. Hindari penggunaan sampo yang mengandung alkohol, parfum dan SLS berbahaya.

Setelah menggunakan sampo, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner khusus rambut rontok. Kemudian aplikasikan vitamin rambut pada saat rambut setengah kering. Vitamin rambut bisa digunakan untuk menyuburkan rambut dan menguatkan akar rambut. Kamu juga bisa menggunakan masker rambut seminggu sekali.

Selain itu, konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, untuk membantu melancarkan peredaran darah dan menyuburkan rambut. Sahabat Fimela juga bisa mengonsumsi vitamin untuk kesehatan rambut, serta rajin mengonsumsi air putih. Hindari penggunaan produk berbahan kimia, seperti cat rambut atau krim pelurus dan pengeriting rambut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading