Sukses

Beauty

Diary Fimela: Amanda Manopo Setahun Jualan Skincare Bareng Sang Kakak, Tak Disangka Laris Manis di Pasaran

Fimela.com, Jakarta Amanda Manopo jadi satu dari banyaknya artis yang terjun ke bisnis skincare. Bersama sang kakak, Angelica Manopo, pemeran sinetron Ikatan Cinta itu menghadirkan brand skincare yang disebut Skin Soul by Amanda Manopo.

Baru berjalan satu tahun, Skin Soul by Amanda Manopo mampu mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia dengan antusias yang cukup tinggi di setiap peluncuran produk.

"Awalnya antusiasnya 10ribu pieces satu minggu sebelum launch. Banyak permintaan body care dilengkapi, Juli body wash dan scrub, sekarang ada 232 persen penjualan lotion," kata Angelica Manopo dalam konferensi pers perayaan satu tahun Skin Soul pada Kamis (30/3/2022).

Diluncurkan pertama kali pada Apil 2021, penjualan body lotion telah mencapai 136%, sementara produk body wash meraup penjualan 233% pada 2021. Di tahun yang sama, tepatnya Agustus 2021, Skin Soul by Amanda Manopo melengkapi produknya dengan 24K Snail Gold Serum yang menghasilkan penjualan 282%.

"Kok bisa? PO sebulan sebelum launch itu di sosmed saya baru kasih tahu kalau saya bikin brand nama Skin Soul. Belum tahu produknya seperti apa tapi terjual 10ribu pieces," ungkap Amanda Manopo yang takjub.

 

Berkiblat pada skincare Korea Selatan

Skin Soul by Amanda Manopo didirikan karena kakak beradik ini cenderung memiliki kondisi kulit yang kering. Angelica Manopo menuturkan dirinya dan sang adik belum menemukan formulasi skincare yang tepat. Sehingga kerap kali iritasi akibat skincare yang tidak sosok. Akhirnya, dirilis body care dengan nama Skin Soul by Amanda Manopo dengan kandungan snail filtrate.

Debut di 2021, Skin Soul menjadi brand lokal yang berkiblat pada kecantikan Korea Selatan. Sehingga produknya mengandalkan kandungan Snail Filtrate yang telah teruji secara dermatologis memiliki manfaat untuk memberikan hidrasi mendalam pada kulit.

Kandungan Snail Filtrate ini awalnya dihadirkan sebagai produk body care, secara spesifik body lotion. Tak disangka, penjualan dari body lotion Skin Soul menghasilkan antusiasme yang cukup tinggi.

Produk Skin Soul sendiri diformulasikan di Korea Selatan karena dinilai menjadi salah satu produsen skincare terbaik. Ketika sudah menemukan formula yang tepat, Skin Soul membawanya ke Indonesia untuk dikembangkan dan diproduksi secara lokal. Sehingga tidak hanya membuat harga produk yang menjadi lebih terjangkau, melainkan juga menyerap tenaga kerja lokal yang lebih banyak.

 

Tantangan jalani bisnis skincare

Meski menyandang nama Amanda Manopo sebagai brand, tidak membuat bisnis kakak beradik ini berjalan mulus. Ada banyak tantangan yang ditemui Amanda Manopo dan sang kakak selama mengembangkan Skin Soul, terlebih peluncuran brand ini dilakukan di tengah masa pandemi. Sehingga keduanya harus sama-sama berpikir bagaimana agar penjualan tetap berjalan di tengah kebijakan pemerintah yang selalu berubah.

"Banyak ups and downs di Skin Soul di masa pandemi seperti ini. Tapi bersyukur pasti ada campur tangan Tuhan untuk bisa selalu berada di lingkungan masyarakat Indonesia," tutur Amanda Manopo.

Meski menjalani bisnis dengan kakak sendiri, tentu Amanda Manopo kerap berselisih pendapat. Terlebih keduanya adalah perempuan yang memiliki masa-masa emosional setiap bulannya.

"Pasti (bertengkar) pernah. Tapi karena dia sudah punya suami, biasanya kalau dia sudah tinggi, suaminya yang masuk. Jadi saya akan diam saja," cerita Amanda Manopo sembari tertawa.

 

Terima penghargaan

Apapun tantangan yang dihadapi, Skin Soul mengaku hanya fokus pada peningkatan penjualan serta inovasi produk. Hingga kini, Skin Soul by Amanda Manopo telah memiliki lebih dari 200 distributor di dalam dan luar negeri. Mereka diberi pelatihan tentang caranya menjual produk, marketplace, digital marketing.

Sebagai wujud keberhasilan Skin Soul sebagai merek skincare lokal, Skin Soul berhasil meraih penghargaan 5 besar Shopee Super Favorite Seleb-preneur di ajang penghargaan Shopee Super Awards 2021.

Dengan pencapaian selama setahun ini, Skin Soul pun mengembangkan sayapnya dengan menghadirkan produk minuman fiber. Produk minuman fiber ini memiliki manfaat alami untuk melancarkan pencernaan, membantu proses detoksifikasi tubuh, serta memperbaiki metabolisme tubuh.

Terlebih, Amanda Manopo sudah pernah merintis bisnis masker di usia 13-14 tahun. Ia menyebut ada banyak pelajaran yang ia pelajari selama menjalani bisnis di usia muda. Sehingga ia percaya Skin Soul bisa menjadi brand yang mampu memberikan inovasi bagi skincare lokal.

Simak video berikut ini

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading