Sukses

Beauty

9 Penyebab Kulit Wajah Kering dan Gatal Selama Puasa

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela memiliki masalah kulit wajah kering dan gatal selama bulan puasa? Tanpa disadari, saat berpuasa kulit wajah bisa mengalami kering dan gatal. Salah satu penyebabnya adalah karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi selama berpuasa.

Walaupun mengganggu penampilan, tapi sebaiknya tidak perlu khawatir dengan kondisi kulit wajah ini. Sahabat Fimela bisa melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi kulit wajah kering dan gatal. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan wajah secara rutin dan konsisten.

Tak hanya dehidrasi saja penyebabnya, masih ada banyak faktor penyebab kulit wajah kering dan gatal. Sahabat Fimela bisa menggunakan skincare yang mengandung hydrating agents untuk melembapkan kulit kering. Jika kondisinya semakin parah, konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut penyebab kulit wajah kering dan gatal selama puasa:

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Gatal

1. Tubuh Dehidrasi

Penyebab kuit wajah kering dan gatal yang pertama adalah karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini sangat wajar terjadi saat menjalankan puasa, karena selama berpuasa tidak boleh makan dan minum. Kulit yang dehidrasi akan kehilangan kelembapan, dan menyebabkan tekstur kulit jadi kering bersisik. Untuk itu, penuhi asupan cairan selama berpuasa sebanyak 2 liter sehari, yang bisa dikonsumsi saat sahur dan buka puasa.

2. Pengaruh Kafein

Jika mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh, maka akan berisiko mengalami kulit kering dan gatal. Karena kafein bisa membuat tubuh semakin dehidrasi selama menjalankan puasa. Sehingga sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Untuk itu, hindari mengonsumsi kafein untuk kesehatan kulit.

3. Reaksi Alergi

Reaksi alergi setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengalami gatal-gatal di kulit wajah, sesak napas, demam hingga mual-mual. Kemungkinan kulit wajah kering dan gatal selama puasa disebabkan karena ada zat alergen yang menempel pada kulit. Penyebab alergi bisa terbawa oleh angin, seperti debu, kotoran, serbuk sari dan lain sebagainya.

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Gatal

4. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Sering terkena paparan sinar matahari saat beraktivitas, bisa mempengaruhi kondisi kulit. Pancaran sinar matahari bisa merusak lapisan kulit, bahka dapat membakar kulit. Lebih baik gunakan tabir surya setiap pagi dan siang hari, baik di dalam maupun luar lapangan. Penggunaan topi dan payung juga bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, agar terhindar dari kulit wajah kering dan gatal.

5. Sering Menggunakan Makeup

Agar wajah tidak terlihat pucat saat berpuasa, Sahabat Fimela bisa menggunakan makeup untuk meriasi diri. Tetapi pastikan memiliki kandungan makeup yang tepat, untuk menghindari kulit wajah kering dan gatal. Karena ada beberapa produk makeup yang bisa menyerap minyak, seperti produk makeup dengan klaim hasil akhir yang matte. Ada baiknya menggunakan pelembap terlebih dulu sebelum menggunakan makeup. Hindari menggunakan makeup dengan klaim hasil akhir matte.

6. Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah bisa membantu menghilangkan kotoran yang menempel di wajah. Usahakan jangan terlalu sering mencuci wajah, karena bisa menyebabkan kulit wajah kering dan gatal. Sabun muka yang digunakan untuk mencuci wajah, bisa mengangkat minyak alami yang melembapkan kulit. Ada baiknya cukup mencuci wajah sebanyak 3 kali sehari saja, yaitu pada pagi, siang atau sore, dan malam sebelum tidur.

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Gatal

7. Efek Samping Obat-Obatan

Jika sedang mengonsumsi obat-obatan khusus seperti obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid, dan obat-obatan kemoterapi, akan sangat wajar kalau kulit menjadi kering dan bersisik. Karena obat tersebut bisa membuat tubuh dehidrasi, sehingga konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

8. Faktor Usia

Penyebab kulit wajah kering dan gatal juga bisa dipengaruhi karena faktor usia. Saat memasuki usia 25tahun lebih, Sahabat Fimela harus lebih ekstra melakukan perawatan kulit. Karena seiring bertambahnya usia, produksi minyak alami dan kolagen di kulit menurun. Sehingga kulit kehilangan kelembapan dan menyebabkan tekstur kulit jadi kering.

9. Faktor Keturunan

Jika ada anggota keluarga, entah ayah atau ibu memiliki kulit kering, biasanya keturunannya akan memiliki kulit kering bersisik. Walaupun faktor keturunan merupakan penyebab kulit wajah kering dan gatal, tetapi jangan menyalahkan keluarga, ya. Karena kondisi ini tetap bisa diatasi menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading