Sukses

Beauty

7 Penyebab Kelopak Mata Hitam yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Memiliki kelopak mata hitam akan sangat mengganggu penampilan. Kelopak mata yang berwarna hitam ini bisa dijadikan sebagai pertanda, bahwa kulit di area mata mengalami tanda-tanda penuaan dini. Kelopak mata hitam seringkali disebut dengan istilah mata panda.

Penyebab kelopak mata hitam ada beberapa macam. Selain mengganggu penampilan, mata panda ini bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri. Kondisi ini bisa dialami perempuan maupun laki-laki seiring bertambahnya usia.

Tak perlu khawatir jika Sahabat Fimela memiliki kelopak mata hitam. Karena kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah. Salah satunya adalah rajin menggunakan eye cream. Berikut penyebab kelopak mata hitam yang mengganggu penampilan:

Penyebab Kelopak Mata Hitam

1. Reaksi Alergi

Jika Sahabat Fimela memiliki suatu alergi tertentu, maka reaksi alergi ini bisa menyebabkan kelopak mata hitam. Karena tubuh akan melepaskan histamin. Hal ini menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih tebal. Sehingga pada area kelopak mata akan terlihat lebih menggelap daripada biasanya.

2. Faktor Keturunan

Faktor keturunan sangat berpengaruh terhadap kondisi kelopak mata. Keturunan yang memiliki kulit sawo matang, biasanya akan memiliki kelopak mata yang warnanya lebih gelap. Kondisi ini sangat wajar dan bukanlah gejala suatu masalah kulit.

3. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan di sekitar mata akan melemah. Sehingga lemak dan cairan di sekitar mata akan berkumpul dan membentuk kantong mata yang membengkak. Kantong mata yang bengkak ini akan membuat area kelopak mata terlihat lebih hitam menggelap.

4. Peredaran Darah Tidak Lancar

Lemahnya jaringan otot di sekitar mata membuat penumpukan cairan dan peredaran darah menjadi tidak lancar. Kondisi ini bisa membuat kantong mata mengendur dan kelopak mata terlihat hitam. Bahkan jika sering menangis dan mengonsumsi garam, kondisi ini akan terlihat menjadi lebih parah.

Penyebab Kelopak Mata Hitam

5. Sering Menatap Layar Gadget

Layar gadget dapat memancarkan sinar biru, yang membuat mata menjadi tegang. Terlalu lama dan sering menatap layar gadget seperti smartphone, laptop, tablet maupun komputer, dapat menyebabkan kelopak mata gelap. Hal ini dipengaruhi karena pembuluh mata menjadi lebih besar dan membuat warna kantong mata terlihat gelap.

6. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Hampir sama ketika seseorang sering menatap layar gadget. Sering terkena paparan sinar matahari juga menyebabkan kelopak mata terlihat lebih gelap dan menghitam. Hal ini disebabkan karena sinar matahari menyebabkan perubahan melanin atau pigmen penggelap kulit.

7. Sering Begadang atau Kebanyakan Tidur

Terakhir, kebiasaan tidur terlalu larut malam atau sering begadang, bisa memicu munculnya kantong mata dan kelopak mata hitam. Bahkan terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan mata panda, karena kantong mata menjadi bengkak. Sebaiknya jaga kualitas tidurmu dengan baik, yaitu tidur dalam waktu 8 jam saja sebelum pukul 10 malam.

Cara Mengatasi Kelopak Mata Hitam

Jika memiliki kelopak mata hitam, sebaiknya Sahabat Fimela melakukan perawatan kulit area mata dengan konsisten. Hal ini bisa dilakukan dengan mengoleskan eye cream secara rutin, yang mengandung brightening agents dan hydrating agents. Kedua kandungan tersebut bisa membuat kulit area mata terlihat lebih cerah dan lembap.

Kelopak mata hitam bisa disebabkan karena tubuh terlalu lelah, sering begadang, dan kebanyakan tidur. Untuk itu, mulai mengubah pola tidur atau menjaga kualitas tidur. Kamu bisa tidur malam selama 8 jam, mulai dari jam 9 atau 10 malam.

Hindari juga mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Kurangi intensitas bermain gadget untuk mencegah terjadinya kelopak mata hitam. Jangan lupa untuk mengguankan sunscreen untuk melindungi kulit area mata dari paparan sinar matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading