Sukses

Beauty

9 Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sedang mengalami rambut rontok saat menyusui? Memiliki kondisi rambut yang mudah rontok, akan sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa kepercayaan diri menurun. Kondisi rambut rontok saat menyusui bisa dianggap sebagai kondisi yang wajar.

Tak hanya saat menyusui saja. Rambut rontok juga dialami seorang ibu yang sedang hamil. Walaupun kondisi ini dianggap wajar, tetapi rambut rontok bisa menjadi penyebab kebotakan pada usia muda. Sehingga rambut rontok harus diwaspadai dan dicegah penyebabnya.

Sebaiknya lakukan perawatan rambut rontok secara rutin, dengan menggunakan masker rambut alami maupun menyempatkan diri ke salon. Ada beberapa penyebab rambut rontok saat menyusui. Berikut penyebab rambut rontok saat menyusui:

Penyebab Rambut Rontok

1. Perubahan Hormon

Saat menyusui, seorang perempuan akan mengalami perubahan hormon pasca melahirkan. Perubahan hormon dialami oleh perempuan sejak melahirkan. Ada beberapa hormon yang berubah saat mengalami masa kehamilan hingga menyusi, yaitu estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Perubahan hormon ini akan berubah kembali saat haid hingga menopuase.

2. Perubahan Sirkulasi Darah

Tak hanya perubahan hormon saja yang berubah. Saat hamil sirkulasi darah akan meningkat di dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan rambut lebih kuat daripada sebelumnya. Tetapi saat menyusui, sirkulasi darah akan menurun dan kembali normal, sehingga bisa menyebabkan rambut rontok.

3. Stres

Tanpa disadari, seorang ibu bisa merasakan stres pasca melahirkan. Ada beberapa perubahan kebiasaan dalam menjalani peran seorang ibu. Hal ini tentu saja bisa membuat perempuan menjadi stres. Untuk itu, usahakan untuk belajar mengelola emosi dan pikiran dengan baik setelah melahirkan. Stres juga mempengaruhi kondisi kesehatan bayi dan ibu.

Penyebab Rambut Rontok

4. Kurang Asupan Nutrisi

Saat menyusui dibutuhkan asupan nutrisi yang tinggi. Nutrisi bisa membantu proses tumbuh kembang anak dan menjaga kesehatan ibu. Kekurangan asupan nutrisi juga menjadi penyebab rambut rontok. Konsumsilah zat besi yang berfungsi sebagai penambah darah saat menyusui. Makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, kangkung, buah bit, aprikot dan semacamnya.

5. Jarang Melakukan Perawatan rambut

Walaupun pasca melahirkan akan disibukan untuk mengurusi anak, tetapi lebih baik sempatkan waktu untuk melakukan perawatan rambut. Karena jarang melakukan perawatan rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Rawatlah rambut dengan produk alami yang aman digunakan ibu menyusui, dengan manfaat untuk mencegah rambut rontok.

6. Dehidrasi

Jangan sampai mengalami dehidrasi saat menyusui. Karena tubuh dehidrasi bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk menjaga kekuatan akar rambut, konsumsilah air putih sebanyak 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas air putih.

Penyebab Rambut Rontok

7. Faktor Keturunan

Jika memiliki keturunan yang memiliki kondisi rambut rontok, maka Sahabat Fimela bisa mengalami kerontokan rambut juga. Kondisi ini bisa memperparah rambut rontok setelah hamil. Namun, rontoknya rambut yang disebabkan karena faktor keturunan ini tetap bisa diatasi dengan rajin melakukan perawatan rambut.

8. Penggunaan Pengering Rambut

Pengering rambut akan sangat membantu mempercept proses pengeringan rambut. Namun sering menggunakan pengering rambut, bisa membuat rambut menjadi rusak, kering dan rontok. Sebaiknya gunakan handuk lembut untuk mengeringkan rambut, atau didiamkan agar kering secara alami. Gunakan pengering rambut jika ingin melakukan styling rambut saja.

9. Efek Samping Obat-Obatan

Ada kemungkinan, seorang perempuan mengonsumsi obat-obatan pasca melahirkan dan saat menyusui. Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi memiliki efek samping yang membuat tubuh dehidrasi. Sehingga efek sampingnya bisa membuat rambut mudah rontok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading