Sukses

Beauty

Jangan Sampai Salah! Begini Cara Pakai Sunblock Spray yang Benar

Fimela.com, Jakarta Saat ini, pilihan tabir surya tak hanya datang dari kandungannya, tetapi juga cara mengaplikasikannya. Kini, banyak orang lebih memilih sunblock spray dibanding jenis sunblock lainnya, loh!

Mengutip Consumer Reports, studi dalam Journal of American Academy of Dermatology menyebut masyarakat lebih menyukai tabir surya dengan pengaplikasian yang cepat dan mudah. Riset ini menyebut sunblock spray menjadi favorit masyarakat saat ini.  

Kamu juga tak akan sulit menemukan sunblock semprot dengan formulasi yang bagus. Namun, tabir surya sebagus apapun tak akan melindungi kulit apabila kamu mengaplikasikannya dengan salah.

Cara Pakai

Banyak orang lebih memilih tabir surya semprot karena pengaplikasi yang mudah dan cepat. Apabila kamu ingin mudah membawa sunblock atau sunscreen saat bepergian, maka jenis tabir surya semprot bisa menjadi pilihan terbaik!

Tabir surya jenis ini pun tak jarang menimbulkan bahaya kesehatan jika tidak diaplikasikan secara tepat. Untuk itu, Fimela sajikan langkah memakai sunblock spray yang tepat dikutip dari consumerreports.org.

Berikut beberapa langkah mengaplikasikan tabir surya semprot yang benar beserta tipsnya:

1. Pegang nozzle dekat dengan kulit kamu dan semprotkan dengan hati-hati

2. Gosok secara menyeluruh. Meskipun tabir surya semprot berlabel formula "No Rub", kamu tetap harus mengoleskan tabir surya setidaknya 10 detik setelah penyemprotan. Hal ini berguna untuk meratakan tabir surya di kulit kamu. 

3. Jauhkan semprotan dari wajah dan hindari menghirupnya. Jangan pernah menyemprotkan tabir surya di dekat wajah dan mulut untuk menghindari menghirup bahan-bahan berbahaya.

4. Jangan semprotkan di dekat panas atau api terbuka. Meskipun sebagian besar tabir surya tidak mudah terbakar, tabir surya dapat mudah terbakar bila digunakan dalam bentuk semprotan yang mengandung alkohol. 

5. Hindari menyemprotkan tabir surya di cuaca yang berangin. Hembusan angin yang kencang dapat mempersulit pengaplikasian tabir surya semprot dan lebih mudah terhirup secara tidak sengaja.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Selain harus diaplikasikan secara tepat, masih ada hal lain yang perlu kamu perhatikan saat ingin menggunakan tabir surya semprot. Hindarilah menyemprotkan tabir surya di dekat anak atau mengaplikasikannya untuk anak.

Hal ini lantaran beberapa bahan tabir surya dapat mengiritasi paru-paru serta titanium dioksida. Ketika dihirup dalam jumlah besar, bahan tersebut kerap telah dikaitkan dengan penyakit kanker. 

Karena anak cenderung lebih aktif bergerak, semprotan bisa secara tidak sengaja terhirup. Oleh karena itu, hindari penggunaan tabir surya semprot bagi anak. Apabila harus menggunakan semprotan, semprotkan produk ke tangan dan gosokkan ke kulit anak.

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

What's On Fimela
Loading