Sukses

Beauty

5 Penyebab Muka Kusam dan Berminyak Serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan tentu mengingikan kulit wajah yang bersinar dan bersih, banyak cara bagi perempuan agar mendapatkan wajah sesuai dengan impiannya. Tak jarang, diantara mereka menggunakan banyak produk agar menginginkan kulit wajah sesuai dengan impian mereka.

Padahal beberapa produk memiliki konsistensi yang tak semua jenis kulit bisa cocok dengan produk tersebut. Beberapa penggunakan prduk skincare sendiri terkadang dapat membuat kulit iritasi atau mungkin semakin kusam. Kulit muka yang kusam dan berminyak tentu membuat kita tak percaya diri.

Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa penyebab dari kulit muka yang kusam dan berminyak, selain itu membuat tak percaya diri hal ini dapat menandakan bahwa kulit tampak kurang sehat. Berikut beberapa penyebab muka kusam dan berminyak yang perlu kamu tahu:

1. Dehidrasi

Pasti kamu tak asing dengan istilah dehidrasi yaitu saat tubuh tidak cukup air. Kemungkinan hal ini juga akan mempengaruhi penampilan kulit, ternyata minum cukup air dapat memberikan kulit yang sehat. Minum banyak air juga dapat membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit. Selain itu kamu juga perlu menggunakan serum wajah dan moisturizer agar membangu mengikat kelembapan di lapisan kulit.

2. Kurang Lembab

Kulit wajah yang tidak lembab tentu disebabkan oleh tubuh yang tak cukup air, terutama saat kamu memiliki kulit yang cenderung kering maka dapat mempengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit. Selain itu menggunakan pelembab juga dapat membantuk menghidrasi kulit dan melindungi lapisan atas yang halus.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit akan melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi beberapa sel-sel baru, terkadang sel-sel mati ini tidak dapat terlepas. Justru mereka akan membangun permukaan kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, bahkan tak merata.

4. Penuaan

Penuaan merupakan bagian yang tak dapat terhindar dari masalah kulir, bagi banyak perempuan saat memasuki usia 40 tahun lebih akan menghadapi banyak masalah kulit wajah termasuk kusam dan berminyak. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk perawatan kulit dan dapat memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan agar kulit tetap sehat dan cerah.

5. Kekeringan

Apakah kamu memiliki kulit yang kering? Kulit wajah yang kering tentu akan lebih cepat terlihat kusam meskipun tidak mengeluarka minyak berlebih. Selain itu mungkin saja kamu dapat tiba-tiba mengalami kulit kering saat musim dingin yang memiliki udara dingin serta kering.

Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Berminyak

Tentu kita semua pernah berurusan dengan masalah kulit wajah seperti kusam dan berminyak, tetapi kamu tak perlu khawatir untuk masalah wajah ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kulit:

  • Hindari air panas : Air panas ternyata dapat menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kekeringan serta iritasi pada kulit, hal ini juga dapat menyebabkan pelebaran pembulih superfisial yang membuat kulit menjadi tampak merah. Ada baiknya menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah dan pilih beberapa produk untuk membantu mempertahankan kelembapan.
  • Menggunakan Serum : Serum wajah tentu mengandung konsentrasi tinggi dan dapat membantu mencerahkan kulit, mengingkatkan hidrasi, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Menggunakan Masker Wajah : Jangan lupa untuk menggunakan masker wajah satu minggu sekali, pilihlah masker yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, dan bahan pelembab dan pencerag lainnya.

Meskipun membuat kita tak percaya diri, memiliki kulit kusam dan berminyak dapat kamu perbaiki dan atasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, selain itu pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit.

What's On Fimela
Loading