Sukses

Beauty

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Malam Hari Ini Bikin Wajah Kusam

Fimela.com, Jakarta Wajah kusam tentu membuat tampilan kamu jadi tidak menarik. Biasanya, wajah jadi terlihat lelah, lesu, dan jauh dari kata glowing. 

Sejumlah penyebab wajah kusam kerap disebabkan oleh kebiasaan kamu di malam hari sebelum tidur. Apa saja? Yuk simak penjelasan ahli berikut ini.

 

1. Tidak Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Desmond Shipp, MD , seorang dokter kulit dan asisten profesor klinis di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengungkapkan satu dosa kulit utama adalah tidur tanpa mencuci muka dengan baik. 

“Bahkan jika kamu tidak memakai riasan, Anda harus mencuci muka setiap malam,” kata Dr. Shipp.

Sebab, regenerasi kulit terjadi di malam hari. Jika kulit kamu memiliki banyak kotoran seperti debu, asap dan produk kosmetik bisa menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat semakin parah.

2. Kurang Tidur

National Sleep Foundation  mengatakan terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan lebih banyak kerutan, kulit pucat, dan lingkaran hitam di   bawah mata.

Kurang tidur juga dapat meningkatkan peradangan dan hormon stres, dan bersamaan dengan kerugian lain bagi sistem tubuh kamu. Hal ini dapat memperparah kondisi kulit seperti jerawat.

3. Tidak Mengganti Sarung Bantal

Tidur di sarung bantal yang sama malam demi malam dapat membuat kulit kamu terkena beberapa hal yang sangat tidak menyenangkan, seperti bakteri, kulit yang mengelupas, dan keringat.

Dr. Shipp merekomendasikan untuk mengganti sarung bantal Anda setidaknya setiap minggu dan lebih sering jika Anda rentan berjerawat. 

4. Makan Camilan Tertentu Sebelum Tidur

Pikirkan dua kali tentang semangkuk pretzel atau keripik sebelum kamu tidur. Garam ekstra dari camilan sebelum tidur favorit kamu dapat menyebabkan penumpukan cairan berlebih, terutama di sekitar mata.

Dan itu berarti bengkak di pagi hari. Alternatifnya, kamu bisa memilih camilan yang lebih sehat, seperti buah atau sayuran.

5. Tidur Tengkurap atau Miring

Jika kamu tidur telungkup atau menyamping, kamu bisa menekan kulit wajah kamu yang halus ke dalam bantal, membuatnya lebih rentan terhadap kerutan akibat gesekan dari sarung bantal. 

Sarung bantal yang lebih lembut dapat membantu, kecuali karena alasan kesehatan kamunda tidak dapat melakukannya (seperti hamil beberapa bulan).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading