Sukses

Beauty

Waktu Terbaik Megaplikasikan Pelembap

Fimela.com, Jakarta Pelembap adalah salah satu produk wajib dalam merawat kulit wajah. Semua jenis kulit, baik kering, berminyak, atau sensitif memerlukan pelembap. Teksturnya beragam, ada yang seperti air, gel, losion, sampai krim. Dari yang ringan dan tak terasa, hingga berat yang bisa memberikan kelembapan maksimal. Tinggal menyesuaikan kondisi kulit dan manfaat yang ingin didapat.

Pelembap biasanya dipakai pada tahap akhir rangkaian perawatan wajah. Sesuai dengan namanya, pelembab pada dasarnya berfungsi untuk melembapkan kulit wajah dan mncegahnya dari kering. Sebab kulit wajah yang kering akan lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan. Sudah tahu waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelembap?

1. Setelah Membersihkan Wajah

Pastikan kulit wajah dalam kondisi benar-benar bersih. Jika sedang memakai makeup, bersihkan makeup terlebih dahulu dengan produk pembersih makeup, seperti cleansing balm atau makeup remover, lalu cuci wajah dengan sabun pencuci wajah, dan keringkan menggunakan tisu atau handuk dengan menepuknya perlahan, kemudian baru aplikasikan pelembap. Mengaplikasikan pelembap pada wajah yang bersih setelah cuci muka membuat pelembap meresap sempurna ke lapisan kulit terdalam.

2. Sehabis Memakai Toner, Essence, dan Serum

Mengaplikasikan pelembap setelah cuci muka boleh-boleh saja, namun lebih baik lagi jika setelah cuci muka diiringi rangkaian perwatan wajah lainnya, seperti toner, essence, dan serum. Toner bisa menyeimbangkan pH kulit setelah cuci muka, essence melembapkan kulit wajah dengan optimal, dan serum untuk menutrisi serta melindungi kulit wajah. Memakai pelembap di tahap akhir perawatan wajah bisa mengunci kelembapan kulit wajah.

3. Sebelum Memakai Sunscreen

Di siang hari yang terik, kulit akan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Memakai pelembap saja tidak cukup, perlu memakai sunscreen. Jika masih bingung, bagaimana urutan memakai pelembap dan sunscreen, mana yang harus didahulukan, maka jawabannya adalah memakai pelembap terlebih dahulu, baru kemudian sunscreen. Tekstur pelembap yang lebih encer akan membuatnya lebih cepat meresap ke kulit. Sedangkan sunscreen bertekstur lebih kental, sehingga cocok diaplikasikan di akhir.

4. Setelah Memakai Masker Wajah

Memakai masker wajah saja tidak bisa melembapkan kulit. Kandungan pada masker wajah justru bisa membuat kulit terasa kesat dan kering. Untuk itu, setelah memakai masker, bilas masker sampai bersih, kemudian gunakan produk pelembap. Kulit yang lembap akan memudahkan nutrisi dari masker bisa lebih meresap ke kulit. Jika masker yang digunakan adalah jenis sheetmask, tidak perlu membilasnya. Cukup tepuk perlahan kulit wajah dan pakai pelembap untuk mengunci nutrisi dan kelembapan dari sheetmask.

5. Sebelum Tidur

Banyak yang mengira tidak perlu memakai pelembap sebelum tidur. Namun jangan salah, memakai pelembap sebelum tidur sebenarnya adalah sebuah keharusan. Saat tidur, kita tidak minum air dalam kurun waktu yang lama, selama enam hingga delapan jam. Apalagi jika tidur di bawah AC, kulit wajah semakin kering karena kadar air dalam tubuh menurun. Memakai pelembap bisa menghidrasi kulit, menjaga kelembapan wajah, dan membuat wajah tampak segar esok harinya saat bangun.

Nah, sudah tahu kan, waktu terbaik mengaplikasikan pelembap. Kini, saatnya mempratekkannya dengan  mengaplikasikan pelembap pada waktu-waktu tersebut.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading