Sukses

Beauty

5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Bikin Rambut Makin Rontok

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok adalah satu dari tiga masalah utama pada rambut yang dialami oleh masyakat Indonesia. Bahkan kata kunci Rambut Rontok menjadi yang paling banyak dicari dan meningkat empat kali lipat.

Untuk mengatasi masalah rambut rontok tentu diperlukan perawatan rambut menggunakan produk yang tepat. Namun pernahkah kamu merasa efek dari produk perawatan rambut rontok tidak bekerja maksimal?

Meski sudah menggunakan produk perawatan rambut rontok secara rutin, ada beberapa kesalahan yang dilakukan. Sehingga produk perawatan rambut tidak bekerja maksimal untuk mengatasi rambut rontok.

Kesalahan apa saja?

 

1. Hanya menggunakan sampo

Banyak yang mengira penggunaan sampo saja cukup untuk merawat kulit. Kenyataannya sampo hanya bekerja sampai fungsi membersihkan bukan merawat. Dibutuhkan produk perawatan lainnya seperti kondisioner, masker, dan serum yang merawat rambut secara menyeluruh.

Perhatikan juga penggunaan kondisioner, masker, dan serum saat diaplikasikan. Kondisioner dan masker biasanya ditujukan untuk perawatan batang rambut sementara serum bekerja lebih mendalam untuk kulit kepala. Pastikan jangan terbalik ya, Sahaba Fimela!

 

2. Hanya satu kali gunakan sampo setiap keramas

Siapa yang masih merasa satu kali menggunakan sampo saat keramas itu cukup? Kenyataannya keramas menggunakan sampo satu kali saja tidak cukup untuk membersihkan kulit kepala dari minyak dan kotoran secara maksimal.

Para ahli menyarankan untuk menggunakan sampo dua kali saat keramas. Penggunaan sampo dua kali dalam setiap kali keramas akan memastikan kulit kepala benar-benar bersih sehingga memaksimalkan penyerapan produk perawatan yang digunakan setelahnya.

 

3. Salah tahapan

Untuk perawatan rambut harian, kombinasi penggunaan sampo dan kondisioner sangat dianjurkan. Kombinasi dua produk ini akan membersihkan dan menutrisi kembali rambut. Namun bagaimana jika menggunakan masker?

Kebanyakan orang akan menggunakan kondisioner terlebih dahulu baru menggunakan masker. Padahal yang benar adalah menggunakan masker terlebih dahulu baru ditutup dengan kondisioner.

Penggunaan kondisioner terlebih dahulu akan menutup kutikula sehingga sulit menyerap nutrisi dari masker. Sehingga disarankan untuk menggunakan masker selama 10 menit, antara satu sampai dua kali seminggu, baru ditutup dengan kondisioner. Fungsinya agar nutrisi yang diberikan masker dapat terkunci oleh kondisioner.

 

4. Kebiasan mengikat rambut

Cuaca yang panas cenderung mendorong seseorang untuk mengikat rambut. Namun ikatan yang terlalu kencang akan membuat rambut mudah patah. Kebiasaan ini akan mengurangi efektivitas dari produk perawatan rambut yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

 

5. Pola hidup yang buruk

Tidak cukup untuk merawat rambut rontok hanya dari perawatan luar. Rambut tetap membutuhkan nutrisi dari dalam agar kembali sehat dan kuat. Imbangi perawatan rambut dengan makanan bergizi, tidur yang cukup, serta kelola stres dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading