Sukses

Beauty

Hindari 7 Kesalahan Saat Keramas yang Dapat Membuat Rambut Semakin Rontok

Fimela.com, Jakarta Keramas merupakan kegiatan yang seringkali dilakukan untuk membersihkan rambut. Keramas bukan sekadar kegiatan mencuci rambut dengan menggunakan sampo, melainkan menutrisi dan membersihkan rambut. Namun banyak yang tidak menyadari kesalahan ketika keramas malah dapat merusak rambut, termasuk membuatnya rontok.

Melansir dari healthyway.com saat keramas rambut paling rentan terhadap patah, tak hanya itu ada banyak kesalahan lain yag dilakukan saat keramas yang dapat membuat rambut semakin rusak. Sehingga, ketika keramas kita perlu melakukan perawatan yang lebih dari sekadar menggunakan sampo kemudian dibilas.

Berikut 7 kesalahan saat keramas yang harus dihindari oleh sahabat Fimela agar rambut tidak rontok;

1. Sering keramas

Keramas merupakan langkah yang paling tepat untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, namun jika dilakukan terus menerus dapat merusak rambut. Sering keramas dapat menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala sahabat Fimela.

Tak hanya itu, keseringan keramas pun dapat menyebabkan akar melemah hingga membuat rambut menjadi rontok. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk tidak mencuci rambut lebih dari empat kali dalam seminggu.

2. Tidak menggunakan kondisioner

Banyak yang mengira bahwa kondisioner merupakan produk rambut yang tidak begitu penting, nyatanya kondisioner merupakan salah satu produk rambut yang palung penting karena dapat menjaga rambut agar tetap sehat dan terhidrasi. 

Kondisioner merupakan produk hair care berbentuk kental yang dapat melembutkan dan menghaluskan rambut, sehingga membuat rambut mudah diatur. Tak hanya itu kandungan yang ada di kondisioner pun dapat menutrisi akar rambut agar tetap kuat dan tidak mudah rontok. 

Oleh karena itu, sahabat Fimela jangan pernah melewatkan penggunaan kondisioner agar rambut tetap kuat, sehat, dan terhindar dari kerontokan.

3. Keramas menggunakan air panas

Keramas menggunkan air panas sangat tidak disarankan oleh para ahli karena tidak hanya dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering, tetapi juga dapat membuat pori-pori kulit kepala menjadi terbuka. 

Ketika pori-pori kulit kepala terbuka dapat menghilangkan protein keratin yang membuat akar rambut kehilangan kekuatannya. Oleh karena itu, disarankan untuk keramas atau mencuci rambut menggunakan air dingin karena dapat menjaga pori-pori kepala tetap tertutup.

4. Menggunakan sampo terlalu banyak

Keramas menggunakan sampo terlalu banyak dapat membuat rambut menjadi kering, rontok hingga berketombe. Oleh karena itu, jika sahabat Fimela terlanjur menggunakan banyak sampo dapat diakali dengan membilas rambut dengan air yang banyak agar tetap bersih dan terhidrasi.

5. Menggunakan sampo yang mengandung silikon

Sampo merupakan produk hair care basic yang digunakan untuk membersihkan rambut. Ada berbagai jenis dan kandungan pada sampo yang dapat membuat rambut bersih, sehat, kuat, dan berkilau sehingga sahabat Fimela harus memilih sampo dengan benar sesuai dengan kebutuhan.

Namun, ada kandungan dari sampo yang harus dihindari yaitu sampo yang mengandung silikon. Benar bahwa kandungan tersebut dapat membuat rambut sahabat Fimela terasa halus dan lembut, akan tetapi hal tersebut pada akhirnya membuat rambut menjadi kering seiring dengan berjalannya waktu.

Hadirnya kandungan silikon pada sampo dapat memblokir folikel di rambut, yang dapat menghambat pertumbuhan rambut serta membuatnya menjadi rontok.

6. Memijat kepala dengan cara salah

Memijat kulit kepala saat keramas sangat bagus untuk meningkatkan sirkulasi, memperkuat rambut, dan membuat kulit kepala menjadi rileks. Namun, jika dilakukan dengan cara yang salah malah dapat membuat rambut menjadi rusak, patah, rontok, hingga berminyak.

Hal ini terjadi karena saat basah rambut cenderung lebih lemah, sehingga sangat disarankan untuk pelan-pelan memijat kulit kepala agar tidak merusak rambut.

7.  Tidak membilas rambut secara bersih

Sampo merupakan produk perawatan rambut yang berfokus untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Ketika keramas, sangat disarankan untuk membilasnya secara bersih dengan air dingin agar rambut tetap kuat dan terjaga.

Jika sahabat Fimela tidak membilas rambut secara bersih dapat meningkatkan residu sel kulit mati dan minyak berlebihan yang membuat kepala menjadi bau, gatal, berketombe, hingga rontok. Oleh karena itu pastikan membilas rambut secara menyeluruh untuk mendapatkan khasiat yang optimal.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading