Sukses

Beauty

5 Bahan Alami yang Digunakan untuk Menghilangkan Ketombe

Fimela.com, Jakarta Rambut berketombe merupakan salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang. Rambut berketombe pastinya membuat orang yang memiliki masalah rambut ini kesal karena selain menyebabkan sensasi gatal di kulit kepala, rambut berketombe dapat menurunkan kepercayaan diri.

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut berketombe kamu wajib tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami. Ada lima bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu menghilangkan ketombe. Apa saja bahan alami tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini ya

1. Tea Tree Oil

Selain dikenal bermanfaat untuk mengatasi jerawat, tea tree oil juga merupakan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu menghilangkan ketombe. Tea tree oil memiliki sifat anti-septik dan anti-mikroba yang dapat menjaga kebersihan kulit kepala

Untuk kamu yang ingin menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan ketombe kamu bisa mengoleskan tea tree oil pada kulit kepala dan rambut, lalu pijatlah dengan lembut selama beberapa menit. Lakukan ini sebelum kamu keramas.

2. Lidah Buaya

Bahan alami yang kedua yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut berketombe adalah lidah buaya. Dilansir dari laman Healthline lidah buaya mampu mengatasi masalah dermatitis seborik penyebab ketombe. Melalui penelitian kecil yang dilakukan kepada orang yang memiliki masalah rambut berketombe, lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan serpihan ketombe secara signifikan. Selain itu lidah buaya memiliki efek melembabkan untuk merawat kulit kepala yang kering yang merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut berketombe adalah dengan menjadikan lidah buaya sebagai masker rambut. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu kamu bisa keramas menggunakan shampo untuk membilas bersih masker lidah buaya ini.

3. Lemon

Bahan alami selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe adalah dengan memanfaatkan lemon. Dilansir dari laman Healthline lemon mengandung vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, menyeimbangkan pH kulit kepala untuk mencegah ketombe, memperkuat folikel rambut, dan menghilangkan minyak berlebih di kulit kepala. 

Untuk mengatasi rambut berketombe dengan menggunakan lemon, kamu bisa campurkan 2 sdm lemon dengan 4 sdm madu yang nantinya akan kamu gunakan sebagai masker rambut. Diamkan campuran air lemon dan madu tersebut selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya sampai bersih.

4. Cuka Apel

Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut berketombe adalah cuka apel. Dilansir dari laman Medical News Today cuka apel dapat mengatasi rambut berketombe karena cuka apel mampu menyeimbangkan pH alami kulit kepala dan mencegah pertumbahan jamur yang menyebabkan kulit kering dan gatal.

Cara menggunakan cuka apel sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan setengah gelas cuka apel dengan 1 gelas air, lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu selama 15 menit. Kemudian kamu bisa bilas rambutmu sampai bersih.

5. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut berketombe. Yogurt memiliki sifat asam yang berguna untuk menangkal bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan ketombe.

Kamu bisa menjadikan yogurt sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut berketombe. Kamu bisa mengoleskan yogurt pada kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama beberapa menit. Kemudiam bilas rambutmu hingga bersih.

Itulah lima bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut berketombe. Semoga bermanfaat ya sahabat Fimela.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading