Sukses

Beauty

5 Manfaat Kemiri untuk Rambut Sehat dan Kuat

Fimela.com, Jakarta Masalah rambut kerap kali mengganggu penampilan. Rambut dapat dianggap sebagai mahkota bagi perempuan. Untuk itu, kesehatan rambut harus selalu dijaga agar selalu sehat dan kuat.

Masalah rambut yang sering dialami oleh perempuan adalah rambut rontok, rambut berketombe, rambut lepek, hingga rambut yang baunya apek. Kondisi ini dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Sebenarnya masalah rambut dapat diatasi dengan melakukan perawatan rambut secara rutin.

Cara mengatasi masalah rambut bisa menggunakan bahan alami seperti kemiri. Manfaat kemiri ini sangat bagus untuk rambut. Berikut manfaat kemiri untuk rambut yang sehat dan kuat:

Manfaat Kemiri untuk Rambut

1. Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering bisa membuat rambut terlihat lebih kusut dan susah diatur. Sahabat Fimela bisa menggunakan kemiri untuk membantu mengatasi masalah rambut kering. Karena kemiri memiliki manfaat yang bisa membuat rambut lebih lembap, yang disebabkan oleh kandungan asam lemak esensial dan asam amino di dalam kemiri.

2. Mencegah Rambut Rontok

Kemiri memiliki manfaat yang bisa membantu mencegah rambut rontok. Kandungan di dalam kemiri akan membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat, serta mempercepat pertumbuhan rambut. Sehingga kemiri sering digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah rambut rontok.

3. Mencegah Ketombe

Ketombe adalah masalah rambut yang menyebabkan kulit kepala gatal, rambut bau apek dan muncul putih keabu-abuan di kepala. Rambut ketombe ini harus segera diatasi dan dihilangkan. Kandungan asam linoleat di dalam kemiri mampu mencegah dan mengatasi ketombe, hingga menyembuhkan peradangan kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Manfaat Kemiri untuk Rambut

4. Mengatasi Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit yang menyerang pada bagian kulit kepala. Saat terkena psoriasis, kulit kepala akan menjadi kering, gatal-gatal, bersisik dan membuat rambut mudah rontok. Kemiri memiliki kandungan yang bisa melembapkan dan mengatasi peradangan. Maka, gunakan kemiri untuk mengatasi masalah psoriasis.

5. Memperbaiki Rambut yang Terkena Sinar Matahari

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan, tetapi terlalu terkena paparan sinar matahari akan membuat rambut menjadi mudah rusak. Dalam kemiri memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk rambut. Kandungan inilah yang akan memperbaiki rambut rusak akibat paparan sinar matahari.

Cara Menggunakan Kemiri untuk Rambut

Bahan:

  • 250 gram kemiri
  • Air putih secukupnya

Cara membuat minyak kemiri:

  1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga matang.
  3. Biji kemiri yang telah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus.
  4. Campurkan kemiri dengan air dan peras. Gunakan hasil perasan untuk rambut.
  5. Aplikasikan pada rambut yang kering, tunggu selama 30 menit. Bilas sampai bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading