Sukses

Beauty

6 Tips Makeup untuk Kulit Sawo Matang

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda dan membutuhkan tipe makeup yang bereda pula untuk mencocokkan dengan kompleksinya masing-masing. Teknik makeup orang yang memiliki kulit putih, tidak akan cocok jika digunakan pada orang dengan kulit sawo matang. Memilih warna produk makeup ataupun menggunakan teknik yang salah tentunya tidak akan membantu untuk tampil flawless.

Dalam mengaplikasikan makeup, jika menggunakan foundation, concealer, blush, eye makeup yang tepat sesuai dengan warna kulit, pastinya akan meningkatkan kecantikan alami. Untuk kulit sawo matang, banyak warna dan shades yang mampu memancarkan kecantikan alami warna kulit dan ada juga yang justru akan membuat makeup look menjadi tidak bagus. Oleh karena itu, inilah beberapa tips makeup untuk kulit sawo matang yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ketahui undertone kulit

Melansir dari hide.shop, tidak semua orang dengan kulit sawo matang memiliki undertone yang sama. Dalam memilih produk makeup, terutama foundation dan concealer, sangat penting untuk mengetahui undetone kulit. Untuk orang dengan warna kulit yang lebih gelap atau sawo matang, menentukan undertone dapat dilakukan dengan mengamati center wajah ataupun center dada. Jika terdapat warna peachgold, ataupun kuning maka undertone yang dimiliki adalah warm undertone.

Jika mendapati warna biru, merah, atau pink maka memiliki cool undertone. Lalu untuk neutral undertone adalah kombinasi dari warm dan cool undertone. Ketika sudah mengetahui undertone kulit masing-masing, maka memilih produk makeup yang sesuai dengan warna kulit pun akan lebih mudah.

2. Memilih foundation yang tepat

Foundation merupakan kunci agar makeup terlihat sempurna. Menggunakan foundation yang sesuai dengan warna kulit adalah salah satu hal yang paling krusial dalam pengaplikasian makeup. Salah memilih shade foundation dapat berakibat fata pada makeup look yang ingin diaplikasikan ke wajah. Untuk kulit sawo matang, hal ini perlu sangat diperhatikan karena wajah bisa menjadi seperti berwarna abu-abu atau oranye jika menggunakan foundation dengan warna yang terlalu terang atau tidak sesuai.

Mengutip dari watsons.co.id, untuk kulit sawo matang, pilihlah foundation dengan warna kekuningan. Atau jika ingin lebih tepat dalam memilih shade foundation, dapat mencobanya di bagian leher dan pilihlah yang paling mirip dengan warna kulit. Perlu dicatat bahwa memilih foundation yang lebih cerah dari kulit merupan suatu hal yang salah, karena akan membuat makeup menjadi tidak natural.

3. Gunakan transparent powder dan concealer

Mengutip dari leaf.tv, bagi orang dengan kulit sawo matang, disarankan untuk menggunakan bedak yang sesuai dengan warna foundation atau transparent powder. Menggunakan transparent powder akan membuat tampilan makeup pada kulit sawo matang menjadi lebih natural karena tidak akan mengubah warna asli foundation

Untuk penggunaan concealer, pilih concealer dengan warna satu tingkat lebih cerah dari foundation. Gunakan concealer di bagian bawah mata, sekitar lubang hidung, pinggir bibir, tengah hidung, dan satu titik di dahi dan dagu. Menggunakannya dengan cara ini akan menegaskan fitur wajah.

4. Blush

Memilih warna blush yang sesuai juga merupakan salah satu hal penting untuk mendapatkan makeup yang sempurna. Bagi orang yang memiliki kulit sawo matang dengan warm undertone, menggunakan blush dengan warna yang terlalu pink sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat wajah terlihat pucat. Pilihlah blush dengan warna yang dapat membuat wajah terlihat stand-out, seperti warna coral, rose, dan deep orange. Aplikasikan blush di area wajah yang biasanya terkenal sinar matahari agar menciptakan look sun-kissed glow

5. Eye Makeup

Mengutip dari hide.shop, bagi orang dengan kulit sawo matang, warna eye makeup yang cocok adalah peach, honey, dan red-brown. Selain itu, warna lain seperti gold, amber, dan bronze juga akan cocok digunakan bagi orang dengan kulit sawo matang. Memilih warna eye makeup yang sesuai dengan kulit akan membantu membuat mata terlihat lebih memancar. Gunakan eye primer untuk membantu eyeshadow terlihat lebih stand-out dan tahan sepanjang hari.

 

6. Menentukan lip color

Memilih warna untuk produk bibir juga perlu disesuaikan dengan undertone. Umumnya, warna lipstik yang lebih gelap terlihat bagus jika digunakan oleh orang dengan kulit sawo matang. Sebelum menentukan warna lipstik, bisa melakukan test swatch terlebih dahulu. Caranya yakni dengan mengoleskan beberapa produk lipstik ke pergelangan tangan dan pilihlah yang terlihat lebih sesuai dengan undertone kulit.

Warna nude, coral, atau tangerine merupakan pilihan yang aman digunakan untuk orang dengan kulit sawo matang. Selain itu, orang dengan kulit sawo matang juga dapat mencoba warna lain seperti berry, brown, atau red yang akan terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan warna kulit sawo matang.

 

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading