Sukses

Beauty

7 Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Rambut yang susah diatur akan membuat penampilan menjadi terlihat kurang rapi. Cara meluruskan rambut yang kusut dan susah diatur ini bisa menggunakan bahan alami. Sahabat Fimela harus melakukan perawatan secara rutin.

Terkadang rambut akan nampak kusut, mengembang dan susah diatur disebabkan karena terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan produk rambut. Penggunaan sampo yang memiliki kandungan bahan kimia yang kuat, sepertiĀ asam sulfat juga bisa menyebabkan kondisi rambut menjadi rusak. Kandungan bahan kimia ini, bisa mengikis batang rambut dan menyerap kandungan minyak alami dalam rambut.

Sebenarnya cara meluruskan rambut bisa menggunakan alat pelurus rambut. Namun, sebaiknya gunakan bahan alami untuk meluruskan rambut. Berikut cara meluruskan rambut dengan bahan alami:

Cara Meluruskan Rambut

1. Gunakan Minyak Kelapa

Sahabat Fimela bisa merawat rambut dengan menggunakan minyak kelapa, agar rambut lebih lurus dan mudah diatur. Minyak kelapa bisa dioleskan ke rambut dengan cara dipijat, lalu diamkan semalaman atau 30menit sebelum keramas. Minyak kelapa ini mudah diserap rambut, sehingga rambut menjadi sangat lembut, mudah diatur dan berkilau.

2. Gunakan Buah Alpukat

Menggunakan masker alami yang terbuat dari campuran daging alpukat dan minyak kelapa, bisa membantu merawat rambut agar lurus dan mudah diatur. Karena alpukat memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E, yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut, melembutkan dan menutrisi rambut yang kering. Aplikasikan masker alpukat ini selama 30menit setelah keramas, lalu tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 30menit. Setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih.

3. Gunakan Telur

Selain dimasak, telur juga bisa dijadikan untuk masker rambut. Kandungan vitamin B7 dan omega-3 di dalam telur, bisa membantu merawat rambut yang kering dan meluruskan rambut yang mengembang. Caranya dengan mengocok dua butir telur, lalu aplikasikan ke seluruh rambut yang kering dan diamkan selama 15 menit dan tutup rambut denganĀ shower cap.Ā Kemudian bilas dengan sampo sampai bersih dan gunakan air dingin.

Cara Meluruskan Rambut

4. Hindari Pengering Rambut

Setelah keramas, hindari penggunaanĀ hair dryerĀ atau catokan. Walaupun bisa membuat rambut lebih tertata rapi, tetapi alat ini memiliki suhu yang sangat panas, yang bisa membuat rambut sangat kering dan mengembang. Kamu bisa mengeringkan rambut dengan handuk yang memiliki daya serap tinggi, untuk mengeringkan rambut.

5. Gunakan Serum atau Vitamin Rambut

Cara meluruskan rambut yang selanjutnya, yaitu menggunakan serum rambut atau vitamin rambut setelah keramas. Selain membuat rambut tidak mengembang, kandungan vitamin dan minyak alami di dalam serum atau vitamin rambut, bisa menutrisi rambut agar tidak kering. Serum juga bisa menguatkan akar rambut, mencegah kebotakan, tekstur rambut tetap lembap dan berkilau alami.

Cara Meluruskan Rambut

6. Gunakan Handuk dengan Daya Serap Tinggi

Untuk menjaga rambut tetap sehat dan lurus, keringkan rambut menggunakan handuk yang memiliki daya serap tinggi, seperti handuk yang memiliki serap mikro. Selain bisa mengeringkan rambut dengan cepat, handuk ini bisa mencegah rambut kusut dan bercabang. Kamu bisa menggunakan vitamin rambut setelahnya.

7. Sering Menyisir Rambut

Jika ingin memiliki rambut lurus, maka harus rutin di sisir menggunakan sisir bergigi rapat. Hal ini dilakukan untuk menjaga rambut tetap lurus, halus dan tidak kusut. Sebaiknya hindari menggunakan catokan jika tidak terlalu penting.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading