Sukses

Beauty

6 Cara Terbaik Memakai Serum Kolagen

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah yang terlihat sehat dan ternutrisi tentu merupakan impian banyak orang. Namun, masih banyak orang yang belum merawat wajahnya dengan baik.

Malas menjadi hambatan terbesar dalam merawat wajah. Padahal, kesehatan wajah sangat penting dan jika dibiarkan akan membuat wajahmu menjadi kusam dan tidak terawat. Oleh karena itu, kamu harus membiasakan diri untuk merawat diri, salah satunya dengan menggunakan serum kolagen

Dilansir dari colorscience.com, kolagen merupakan protein yang diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi setelah usia 25 tahun atau lebih, produksi protein mulai berkurang yang mengakibatkan penuaan. Namun, mengganti kolagen yang dibutuhkan tubuh membuat tanda-tanda penuaan yang lebih jelas seperti keruta, garis halu, dan lainnya. 

Serum kolagen merupakan produk perawatan kulit yang dirancang untuk meningkatkan produksi kolagen atau mengurangi kehilangan kolagen. Dengan menggunakan serum kolagen secara tidak langsung menjadi pengganti kolagen yang dibutuhkan. Namun, serum kolagen tidak mengandung kolagen yang sebenarnya hanya untuk mendorong tubuh kamu memproduksi 

Cara memakai serum kolagen

Dilansir dari sonage.com, berikut adalah cara terbaik dalam mengaplikasikan serum kolagen pada wajah.

  1. Bersihkan wajah dengan pembersih yang lembut dan keringkan.
  2. Pakaikan toner atau face mist dengan lembut ke wajah.
  3. Saat wajah kamu sedikit lembab, siapkan serum kolagen pilihanmu.
  4. Oleskan serum ke wajah dan leher supaya menyerap gerakan memutar ke kulit atau menggunakan bola es untuk membuat serum lebih terserap.
  5. Biarkan serum mengering selama 4-5 menit dan jangan dibilas.
  6. Selesaikan perawatan kulit anda dengan memberikan pelembab dan sun screen di siang hari serta krim malam di malam hari.

Bagi beberapa orang penggunaan serum kolagen dilakukan sehari sekali, tetapi disarankan pemakaian serum kolagen dapat sahabat Fimela lakukan dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Namun, jika kamu menggunakannya pada siang hari harus dilapisi dengan sun screen.

Penggunaan serum kolagen pada malam hari sangat penting karena tubuh kamu sedang beristirahat sehingga sel kulita tubuhmu sedang diperbaiki. Jika ingin menggunakan serum kolagen bersamaan dengan serum lain tidak menjadi masalah hanya penggunaanya didahulukan dengan memakai serum yang lebih ringan atau mudah diserap dan penggunaan serum bersamaan tidak lebih dari tiga produk, dilansir dari clearstemskincare.com. 

Manfaat dan Kandungan Pada Serum Collagen

Dilansir dari clearstemskincare.com, kandungan yang terkadung dalam serum kolagen, ialah:

  1. Peptida yaitu bahan yang biasanya digunakan dalam serum kolagen yang befungsi untuk membantu produksi kolagen.
  2. Antioksidan berfungsi melindungi kulit dari polusi dan radikal bebas.
  3. Asam Hyluronic yang membantu kulit dalam mempertahankan kelembapan sehingga membuat kulit menjadi lebih kenyal dan meningkatkan regenarasi sel. 
  4. Glycolic Acid yang memberi sinyal pertumbuhan kolagen dengan melepaskan dan mengelupas sel kulit mati sehingga dapat mempercepat pembaruan sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan membantu kulit tetap lembab. 

Dengan seluruh kandungan tersebut, serum kolagen dapat memberikan manfaat bagi kulit kamu diantaranya ialah, dilansir dari colorscience.com: 

  • Memperbaiki elastisitas. Dengan menggunakan serum kolagen dapat meningkatkan produksi kolagen kulit yang membuat elastisitas kulit meningkat sehingga dapat membantu menghilangkan kantung mata dan menghaluskan garis-garis halus. 
  • Menghidrasi kulit. Penggunaan serum kolagen dapat membuat kulit menjadi lembab dan tidak kering atau bersisik.
  • Mencerahkan kulit. Penggunaan serum kolagen juga dapat membuat kulit lebih cerah dan meratakan warna kulit bagi kamu yang mengalami hiperpigmentasi, kemerahan, dan iritasi. Tidak hanya itu, serum kolagen dapat memperbaiki tampilan bintik hitam, bekas luka, bintik matahari, dan lainnya. 

 

*Penulis: Fani Varensia.

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading