Sukses

Beauty

Cara Menghapus Kutek dengan Benar dan Aman

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu ingin menghapus kutek karena kuku sudah tidak cantik lagi atau bosan dengan warnanya tetapi tidak ada alat khusus penghapus kutek? Perlu diketahui, menghapus kutek pada kuku dengan cara kelupas atau mencabut paksa  dapat membuat lapisan pada kuku ikut tercabut loh. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit kuku menjadi kering, terkelupas, dan kasar.

Menghapus kutek pada kuku dapat menggunakan produk khusus penghilang kutek atau biasa disebut nail polish remover. Nail polish remover menjadi pembersih kutek yang paling efektif dan cepat menghilangkan cat kuku.

Akan tetapi, dampak menggunakan nail polish remover juga dapat menyebabkan kuku menjadi rusak karena zat aseton dalam nail polish remover dapat mengangkat minyak alami pada kuku dan kulit di sekitarnya yang mengakibatkan penyakit kuku. Jika menggunakan nail polish remover dalam jangka waktu sering atau berlebihan juga dapat mengancam kesehatan tubuh seperti menyebabkan dermatitis atau radang kulit.

Dilansir dari Safecosmetics.org, zat aseton pada nail polish remover dapat mengancam kesehatan tubuh. Berdasarkan studi yang dilakukan, manusia yang terpapar aseton akan mengalami iritasi pernafasan, sakit mata, sakit kepala, dan memicu kanker.

Lantas, bagaimana cara menghapus kutek yang aman? Berikut cara membersihkan kutek kuku dengan menggunakan bahan yang aman serta dapat dilakukan di rumah.

1. Menggunakan hand sanitizer

Dilansir dari Healthlinehand sanitizer dapat menghilangkan kutek pada kuku. Hal ini dikarenakan adanya zat alcohol dalam hand sanitizer yang dapat melunakkan kutek pada kuku.

Kamu bisa mencobanya di rumah dengan menyemprotkan hand sanitizer pada kapas, kemudian gosok perlahan hingga cat kuku hilang. Metode ini mungkin dapat memakan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan nail polish remover, tetapi masih tergolong aman dilakukan dan tidak berbahaya bagi tubuh.

2. Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi dipercaya dapat menjadi cara mudah menghapus kutek di rumah. Pasta gigi mengandung senyawa kimia etil asetat yang juga terdapat pada nail polish remover

Dengan demikian, pasta gigi dapat menjadi cara menghilangkan kutek pada kuku tanpa aseton. Kamu bisa mencobanya dengan menggosok kuku dengan pasta gigi biasa kemudian diamkan beberapa menit. Setelah didiamkan, gosok perlahan-lahan menggunakan kain untuk menyeka cat kuku yang sudah terkelupas.

3. Menggunakan perasan lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang efektif membantu menghilangkan cat kuku. Cara ini bisa kamu lakukan di rumah karena mudah dan aman.

Kamu bisa mencobanya dengan merendam kukumu dalam semangkuk air hangat dalam waktu 3 menit. Kemudian, ambil irisan lemon dan gosok pada kuku dengan lembut.

Seka kutek yang terkelupas dengan menggunakan kain. Setelah selesai menghapus kutek, jangan lupa mengoleskan pelembab atau hand cream untuk menjaga kuku dan kulit tangan tetap lembut dan tidak kering.

4. Alkohol

Alkohol termasuk bahan non-aseton yang cocok untuk menghapus kutek. Alkohol memiliki zat pelarut yang dapat melunakkan cat pada kuku.

Kamu bisa mencobanya dengan merendam kukumu dalam alkohol kemudian gosok dengan kapas yang juga dibasahi sedikit dengan alkohol. Gosok perlahan-lahan agar kuku dan kulitmu tidak iritasi. 

Demikian cara menghapus kutek pada kuku tanpa menggunakan nail polish remover. Jangan lupa menggunakan hand cream setelah berhasil menghapus kutek. Hal ini bertujuan untuk menjaga kulit dan kuku tetap lembab dan tidak mengalami iritasi. 

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading