Sukses

Beauty

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Rambut: Solusi Mudah dan Alami untuk Rambut Lebih Sehat dan Kuat

Fimela.com, Jakarta Rambut merupakan mahkota wanita yang sangat penting untuk dijaga melalui perawatan rambut. Banyak orang yang menghabiskan waktu dan uang untuk merawat rambut mereka agar tetap sehat dan indah.

Namun, tidak semua produk perawatan rambut yang dijual di pasaran aman untuk digunakan dan mungkin memerlukan biaya yang cukup mahal. Jika kamu mencari alternatif yang lebih alami dan terjangkau, maka lidah buaya bisa menjadi solusi terbaik.

Dilansir dari Healthline, lidah buaya atau aloe vera telah lama dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya juga sering dijadikan sebagai bahan alami perawatan rambut karena mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut.

Berikut ini adalah cara membuat masker rambut dari bahan lidah buaya serta cara mengaplikasikannya ke rambut yang benar.

1. Siapkan bahan-bahan 

Untuk membuat masker rambut dari lidah buaya, siapkan lidah buaya segar, minyak kelapa atau minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak lavender atau peppermint. 

Kupas lidah buaya segar dan keluarkan gel yang ada di dalamnya. Pastikan gel lidah buaya yang kamu gunakan cukup banyak untuk menutupi seluruh rambutmu.

2. Campurkan bahan-bahan

Masukkan gel lidah buaya ke dalam mangkuk, tambahkan satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun, dan teteskan beberapa tetes minyak esensial. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.

Cara membuat masker rambut lidah buaya

3. Aplikasikan masker pada rambut

Pastikan rambutmu dalam keadaan basah dan sudah bersih dikeramas. Kemudian, aplikasikan masker lidah buaya pada rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Pastikan semua bagian rambut terlapisi dengan masker.

4. Diamkan selama 30 - 60 menit

Setelah rambut telah terlapisi dengan masker, tutup rambut dengan handuk atau showercap. Hal ini bertujuan agar masker tidak belepotan kemana-mana. Kemudian, diamkan masker selama 30-60 menit.

5. Bilas rambut

Setelah mendiamkan 30-60 menit, bilas rambut dengan air bersih. Pastikan semua sisa masker terbilas dengan baik.

6. Gunakan kondisioner

Kamu bisa menggunakan kondisioner untuk mengembalikan kelembaban pada rambut. Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih sampai tidak ada sisa kondisioner yang tertinggal.

Demikian cara menggunakan masker rambut dari lidah buaya. Masker rambut dari lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, lho.  Berikut adalah beberapa manfaat dari masker rambut lidah buaya:

1. Mengatasi rambut rontok

Dilansir dari Medicalnewstoday.com, lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang dapat membersihkan kulit kepala dari sel-sel kulit mati dan kotoran, sehingga membuat rambut tumbuh dengan sehat.

Manfaat dari masker rambut lidah buaya yang perlu kamu ketahui!

2. Menghidrasi rambut

Lidah buaya memiliki sifat pelembab alami yang dapat membantu menghidrasi rambut dan menjaga kelembaban alami pada rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut kering dan rusak atau terlalu sering melakukan stylling pada rambut, lidah buaya menjadi solusi yang tepat untuk mengembalikan nutrisi pada rambut. 

3. Menyehatkan kulit kepala

Lidah buaya mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan pada kulit kepala dan menjaga kesehatannya. Selain itu, sifat antibakteri dan anti-inflamasi lidah buaya juga membantu mengurangi ketombe dan iritasi pada kulit kepala.

4. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Dilansir dari Webmd.com, kandungan nutrisi dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, serta asam folat dan kolin, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kekuatan rambut dan membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau.

Demikian sejumlah manfaat dari kandungan lidah buaya yang dapat menyehatkan rambutmu. Kamu bisa menggunakan masker rambut lidah buaya secara rutin untuk mendapatkan kesehatan rambut yang optimal.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading