Sukses

Beauty

Cara Merawat Rambut Keriting Agar Selalu Sehat dan Tidak Kusut

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi favorit banyak wanita. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota bagi kaum hawa. Kebanyakan wanita biasanya menyukai jika rambutnya tergerai panjang. Namun tidak sedikit pula yang lebih suka punya rambut pendek.

Jenis rambut pun sangat beragam, yang paling umum adalah rambut ikal, lurus dan keriting. Apapun jenis rambutnya, merawat rambut adalah suatu kewajiban yang tidak boleh tidak dilakukan. Merawat rambut tentunya memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah mendapatkan rambut yang sehat.

Dari banyak jenis rambut, rambut keriting dianggap paling sulit merawatnya. Apalagi rambut keriting lebih mudah kusut dibanding jenis rambut lainnya. Padahal sebenarnya tidak sulit asalkan kamu benar-benar memahami cara merawatnya yang benar. Simak cara merawat rambut keriting agar sehat dan tidak kusut berikut ini.

1. Jangan menyisir saat rambut basah

Rambut keriting rentan kusut saat basah atau setelah keramas. Dalam keadaan basah, batang rambut cenderung rapuh, mudah kering, dan cepat patah. Karena itu, ada baiknya kamu tahu cara menyisir rambut keriting yang tepat, yaitu menyisir rambut sebelum keramas. 

Karena teksturnya yang unik, untuk perawatan rambut keriting sebaiknya mengunakan jenis sisir bergigi jarang atau detangled brush.

2. Hair oil sebelum keramas

Salah satu cara untuk mencegah rambut keriting menjadi kering dan kusut adalah dengan menggunakan hair oil atau minyak rambut. Teknik hair oiling ini juga dikenal dengan nama hair slugging. Berikut tahapan menggunakan hair oil:

  1. Selalu mulai dengan rambut yang bersih.
  2. Baurkan hair oil, minyak alami, atau pelembap ke seluruh rambut (atau pada ujungnya saja).
  3. Hindari kulit kepala dan gunakan lebih banyak di ujung rambut.Tak perlu pakai sisir, gunakan jari untuk meratakan seluruh oil atau pelembap.
  4. Ambil kaus kaki, masukan seluruh rambut ke dalamnya.
  5. Ikat dengan scrunchie, tak perlu terlalu kencang.
  6. Diamkan semalaman dan keramaslah hingga bersih.
  7. Kalau tidak mau ditunggu semalaman, kamu bisa menggunakan hair oil 10 menit sebelum keramas.

Ada banyak minyak alami yang bagus untuk rambutmu, seperti minyak argan, minyak zaitun, marula, kelapa, atau grape seed. Minyak alami ini termasuk hair care routine murah karena harganya yang cukup terjangkau.

3. Perhatikan hal ini ketika keramas

Cara keramas yang salah (misalnya dengan cara digosok keras) bisa semakin membuat rambutmu kusut dan kasar, lho. Berikut cara keramas khusus untuk kamu yang punya rambut keriting:

  • Jepit rambut menjadi empat bagian besar.
  • Gunakan shampoo.
  • Bersihkan kulit kepala dengan cara menyekanya perlahan.
  • Setelah rata, bawa busa shampoo ke seluruh rambut dengan cara memijat lembut.
  • Ulangi pada setiap bagian dan hindari menggosok rambut terlalu keras

Ketika keramas, jangan pernah keramas menggunakan air hangat atau bahkan air panas. Suhu panas dapat merusak rambut karena kutikula yang terbuka. Rambut pun menjadi sangat rapuh. Sebisa mungkin, keramaslah dengan air dingin atau air bersuhu normal.

4. Gunakan kondisioner

Semakin keriting bentuk batang rambut, semakin susah minyak terdistribusi dengan baik dari kulit kepala. Karenanya, pastikan kamu menggunakan conditioner untuk rambut keriting dengan rutin. Cari yang memang khusus untuk rambut keriting atau yang sifatnya melembapkan.

5. Gunakan vitamin rambut

Untuk rambut keriting yang mudah kering, kamu juga pasti sering merasakan efek frizzy. Nah, kamu butuh vitamin rambut keriting agar tidak mengembang dalam hair care routine harian.

6. Manfaatkan curl cream

Cara mengatasi rambut keriting yang tidak berbentuk adalah dengan menggunakan bantuan produk styling khusus. Untuk menjaga bentuk ikalnya, kamu bisa cpba curl cream.

Kalau susah menemukan produk ini, kamu bisa menggunakan alternatif lainnya, yaitu mousse. Keduanya bagus untuk mempertahankan gelombang pada rambut keriting dan menjadikannya terlihat mengembang sempurna.

7. Scrunch rambut

Beda tekstur rambut, beda pula cara mengeringkannya. Cara perawatan rambut keriting lainnya agar tekstur rambut kriwilmu tetap terjaga adalah dengan teknik scrunch. 

Sehabis keramas, balikkan rambut ke depan dan lakukan gerakan scrunch atau gerakan meremas sambil mengeringkan rambut. Perawatan rambut keriting dan mengembang ini penting untuk mengembalikan ikal alami rambutmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading