Sukses

Beauty

5 Tips Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Sunscreen menjadi step perawatan kulit yang penting terutama bagi kamu yang beraktivitas di bawah matahari sepanjang hari. Dilansir dari urmc.rochester.edu, sunscreen berfungsi melindungi kulit dalam menghalangin radiasi ultraviolet (UV) supaya tidak diserap oleh kulit. Paparan radiasi sinar UV dapat membuat kulot menjadi terbakar atau bahkan mengalami kanker kulit. 

Setiap sunscreen memiliki tingkat SPF yang berbeda-beda, Sun Protection Factor atau SPF sendiri merupakan menjadi ukuran seberapa baik sunscreen dapat melindungi sinar ultraviolet B (UVB). Jika kamu pernah mengalami sunburns, sinar UVB yang menjadi penyebab utamanya, sedangkan sinar ultraviolet (UVA) dapat menyebabkan kanker kulit. Semakin tinggi angka SPF akan memberikan perlindungan yang lebih besar dari sinar UVB.

Setidaknya dalam memilih sunscreen, kamu harus memperhatikan 3 ciri yaitu memberikan perlindungan spektrum yang luas, memiliki SPF 30 atau lebin tinggi, dan tahan terhadap air. Selain itu, pastikan dalam pemilihan sunscreen yang cocok dengan jenis kulit kamu supaya mendapatkan manfaatnya. 

 

 

Tipe Sunscreen

Dilansir projectsunscreen.com, terdapat 4 jenis kulit yang harus disesuaikan dalam penggunaan sunscreen:

  1. Kulit kering. Jika memiliki kulit yang kering sebaiknya kamu memilih sunscreen yang dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga supaya tetap terhidrasi. Oleh karena itu, sunscreen yang cocok untuk kulit kering adalah sunscreen yang mengandung pelembab. 
  2. Kulit berminyak. Jika memiliki kulit yang berminyak, sunscreen yang cocok untuk kulitmu adalah sunscreen yang berbahan dasar air, bedak, atau lotion yang membuat matter kering serta produk yang berlabel ultra-ringan juga cocok untuk jenis kulit.
  3. Kulit normal. Kamu tidak perlu repot dalam memilih sunscreen sehingga cukup memilih sunscreen yang memiliki spektrum luas berkualitas tinggi.
  4. Kombinasi. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi. Sunscreen yang cocok untuk jenis kulit ini adalah sunscreen yang dapat menghindrasi, tetapi tidak berminyak.

Selain itu, terdapat jenis sunscreen yang terbagi dalam dua faktor berikut:

  • Berdasarkan jenis kulit. Lotion sunscreen merupakan bahan yang diperlukan untuk semua kulit.
  • Berdasarkan nilai SPF. Walaupun pada umumnya sunscreen memiliki SPF 30, tetapi terdapat juga yang memiliki SPF 70 sehingga bergantung pada sensitivitas kulit dan kebutuhannya. 
  • Berdasarkan bahan. Beberapa sunscreen memiliki bahan filter organik atau disebut sunscreen chemical dan komponen mineral yang disebut sunscreen physcal. Bahan tersebut yang menghalangi sinar matahari yang menembus kulit dan memantulkannya dengan menciptakan lapisan yang kuat di bagian atas. 

Tips Memilih Sunscreen dan Alasan Menggunakan Sunscreen

Dalam memilih sunscreen, kamu sebaiknya mengetahui cara memilih sunscreen yang baik dan tepat supaya tidak merusak wajah. Berikut cara memilih sunscreen yang tepat yang dilansir dari stylecraze.com:

  1. Mempertimbangkan SPF. 
  2. Memeriksa bahan aktif yang digunakan dalam sunscreen. Sebaiknya menggunakan sunscreen yang mengandung titanium dioksida, seng oksida, dan avobenzone. 
  3. Memilih sunscreen dengan spectrum SPF yang memiliki cakupan yang cukup luas dari SPF 30 hingga 40 yang dapat melindungi kulit dari sengatan dan kerusakan matahari serta mencegah radiasi UVA. 
  4. Memilih formulasi sunscreen surya yang cocok untuk kamu karena sunscreen tersedia dalam beberapa bentuk seperti semprotan, lotion, dan stik. 
  5. Mempertimbangkan tingkat paparan sinar matahari. Kekuatan matahari dapat diukur pada indeks ultraviolet (UV) yang berkisar dari 1 hingga 11+.

Alasan kamu harus menggunakan sunscreen yang dilansir dari innovist.com:

  • Melindungi kulit dari radiasi UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kanker kulit.
  • Mencegah terjadinya hiperpigmentasi pada kulit dan tanning.
  • Melindungi kulit dari jerawat dan masalah seperti melasma.
  • Menjadi perisai pelindung untuk kulit.

 

 

*Penulis: Fani Varensia

 

#Breaking boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading