Sukses

Beauty

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Alami Menggunakan Masker Spirulina

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada remaja dan orang dewasa. Kondisi ini dapat memengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Ketika jerawat muncul di wajah, seseorang akan merasa tidak nyaman karena kulit menjadi merah, gatal, dan membuat permukaan kulit menjadi kasar. Selain itu, jerawat juga dapat meninggalkan bekas atau noda di wajah yang sulit dihilangkan. Oleh karena itu, menjaga kulit bebas dari jerawat sangat penting untuk dilakukan. Salah satu produk kecantikan yang ampuh mengatasi jerawat yaitu spirulina.

Spirulina merupakan jenis ganggang biru-hijau yang telah digunakan secara tradisional untuk merawat kulit karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Dilansir dari Healthline, spirulina mengandung protein yang tinggi, vitamin E, beta-karoten, zat besi, dan antioksidan yang efektif membantu menjaga kelembaban kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, mengurangi pembengkakan pada kulit, serta membuat kulit terasa lembut dan kenyal.

Spirulina juga sering kali digunakan sebagai bahan utama dalam produk perawatan kecantikan, termasuk dalam pembuatan masker wajah. Masker spirulina dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. 

Berikut ini cara memakai masker spirulina yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat serta membuat kulit menjadi sehat dan bersinar.

 

Perhatikan kualitas dan kandungan dari setiap produk masker spirulina

1. Pilihlah masker spirulina yang tepat

Dilansir dari Medical News Today, masker spirulina tersedia dalam berbagai bentuk seperti bubuk, tablet, kapsul, dan masker siap pakai. Sebelum mengaplikasikan ke wajah, pastikan untuk memilih masker spirulina yang berkualitas dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya serta memilih jenis masker yang tepat sesuai dengan jenis kulit.

Apabila kamu memiliki kulit berjerawat, kamu bisa memilih masker spirulina dalam bentuk bubuk atau siap pakai. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan tambahan seperti madu, minyak tea tree, dan lidah buaya yang dapat membantu meredakan peradangan.

2. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum memakai masker spirulina, pastikan wajah kamu benar-benar bersih dan bebas dari kotoran dan minyak. Hindari teknik membersihkan wajah yang terlalu kuat atau menggunakan produk pembersih wajah yang kasar seperti scrub. Sebab, hal tersebut dapat membuat kulit menjadi semakin kering dan meradang.

3. Campurkan masker spirulina dengan air 

Setelah membersihkan wajah, apabila kamu menggunakan masker spirulina dalam bentuk bubuk, kamu bisa  mencampurkannya dengan sedikit air dan aduk hingga masker larut menjadi pasta yang kenal. Apabila kamu memakai masker spirulina siap pakai, pastikan untuk membaca intruksinya yang terdapat pada kemasannya terlebih dahulu.

Hindari mengapilkasikan masker spirulina pada area mata dan bibir

4. Aplikasikan masker spirulina pada wajah

Setelah membuat masker spirulina, aplikasikan dengan lembut pada wajah secara menyeluruh. Pastikan untuk menghindari area mata dan bibir. Setelah selesai mengaplikasikannya, diamkan masker mengering selama 10-15 menit.

5. Bilas dengan air hangat

Setelah masker spirulina mengering, bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok atau mengelap wajah yang terlalu kuat, karena hal tersebut dapat merusak kulit wajahmu. 

6. Gunakan masker spirulina secara teratur

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan masker spirulina secara teratur, minimal 1-2 kali dalam seminggu. Dengan menggunakan masker spirulina secara rutin, kamu dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah jerawat muncul kembali.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading