Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Bikin Tak Nyaman dan Ganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Secara umum, penyebab timbulnya jerawat meliputi produksi minyak (sebum) yang berlebihan, tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati, bakteri, peradangan (inflamasi). Jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, semakin cepat ditangani, biasanya jerawat akan lebih mudah hilang.

Jerawat ada bermacam-macam jenisnya. Salah satu jenis jerawat adalah jerawat batu. Ciri-ciri jerawat batu atau bisa juga disebut dengan jerawat sistik (cystic acne) adalah jerawat yang punya ukuran besar dan berisi nanah.

Jerawat apapun memang cukup mengganggu penampilan, apalagi jerawat batu. Namun ada beberapa cara mengatasi jerawat batu hingga tuntas. Yuk simak cara-caranya berikut ini.

Krim atau Salep

Untuk mengatasi jerawat batu secara efektif, kamu bisa coba gunakan salep atau krim yang dijual secara bebas di apotek. Salep atau krim yang ampuh mengatasi jerawat batu adalah salep atau krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau sulfur. 

Tea Tree Oil

Selain salep, kamu juga bisa gunakan tea tree oil untuk membasmi jerawat batu yang ada di wajah. Tea tree oil juga sudah terbukti mampu membasmi jerawat, terutama untuk jenis jerawat batu. Pilihlah produk skincare yang mengandung tea tree oil untuk membasmi jerawat batu di wajahmu.

Gunakan Plaster Jerawat

Ada satu produk perawatan wajah yang bisa membasmi jerawat batu, yaitu plaster jerawat (acne plast). Bentuk plaster jerawat biasanya bulat kecil dan transparan. Plaster jerawat biasanya sudah mengandung bahan aktif untuk membasmi jerawat seperti asam salisilat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Cukup tempelkan plaster tersebut ke jerawat batu, kemudian diamkan semalaman. Keesokan paginya jerawat batu akan kempes dan nanahnya akan keluar bersamaan dengan ditariknya plester dari jerawat tersebut.

Cara Mengempeskan Jerawat Batu dengan Bahan Alami

1. Tomat

Tomat mampu membasmi jerawat batu karena tomat mengandung vitamin A yang bersifat anti inflamasi. Kandungan inilah yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada jerawat batu secara alami.

Untuk mengempeskan jerawat batu, kamu bisa mengonsumsinya atau menggunakannya sebagai masker. Cara memakai tomat sebagai masker cukup mudah kok. Belah tomat jadi dua, kemudian potong tipis-tipis. Lalu oleskan potongan tomat ke seluruh bagian wajah, terutama pada bagian jerawat batu.

2. Kunyit, Lemon dan Madu

Kunyit bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada jerawat batu, lemon bisa membantu membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat, sedangkan madu bisa membantu menjaga minyak di wajah tetap terkontrol. Ketiga bahan ini dapat diolah menjadi masker wajah, dengan cara menghaluskan kunyit dan campurkan dengan jeruk nipis, serta 2 sdm madu. Lalu aduk hingga menjadi pasta dan aplikasikan pada wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

3. Kentang

Kentang juga bisa kamu gunakan untuk mengempeskan jerawat batu di wajah. Kentang memiliki kandungan yang bersifat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan akibat jerawat batu.

Untuk mengempeskan jerawat menggunakan kentang, kamu bisa buat masker kentang. Caranya dengan mengupas satu buah kentang, lalu potong kentang menjadi tipis. Setelah itu tempelkan potongan kentang ke area wajah yang memiliki jerawat batu dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Itulah beberapa cara mengempeskan jerawat batu yang mengganggu penampilan. Perlu dipahami bahwa untuk mengatasi jerawat, apalagi jerawat batu, tidak bisa instan. Perlu proses yang cukup memakan waktu. Oleh karena itu, kamu harus sabar dan telaten agar jerawat batu yang kamu alami bisa hilang sampai tuntas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading