Sukses

Beauty

5 Cara Mengurangi Rambut Rontok yang Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Salah satu masalah yang kerap terjadi pada rambut adalah kerontokan atau kerusakan pada rambut yang kerap sekali terjadi, masalah satu ini mungkin sering dialami oleh banyak orang terutama pada perempuan. Setiap perempuan tentu menginginkan rambut panjang, berkilau, sehat, dan terhindar dari berbagai macam masalah rambut bukan? 

Sangat normal jika kita mengalami kerontokan pada rambut, dalam setiap harinya kita akan mengalami kerontokan 100 helai rambut. Rambut rontok sebenarnya merupakan salah satu hal yang normal dialami oleh setiap orang terutama pada perempuan, akan tetapi jika kamu mengalami kerontokan yang berlebihan dapat menandakan adanya suatu masalah pada rambut. 

Perawatan rambut yang benar dengan menyesuaikan sampo atau kondisioner yang digunakan sangat penting untuk tumbuh kembang rambut. Akan tetapi, jika kamu merasa khawatir dengan masalah rambut rontok beriku beberapa cara mengurangi rambut rontok yang perlu kamu tahu:

1. Mencuci Rambut

Jika kamu terlalu sering mencuci rambut atau mungkin jarang maka dapat menyebabkan kerusakan dan rontok pada rambut, cucilah rambut 2 atau 3 kali dalam sehari dengan sampoo formula yang ringan dan disesuaikan dengan jenis masalah rambut yang kamu alami. Kerontokan pada rambut ini kerap sekali terjadi karena salah keramas atau mungkin penggunaan sampoo yang tidak sesuaik. 

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu perawatan rambut yang dapat melembapkan sercara mendalam, melindungi dari kekeringan, dan kerusakan kulit rambut lainnya. Selain itu minyak zaitun juga menjadi salah satu bahan utama untuk memperlambat kerontokan rambut secara genetik. 

3. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, ternyata minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut yang terjadi oleh perawatan yang salah dan paparan dari sinar ultraviolet yang berlebihan. Minyak kelapa juga memiliki kandungan pada asam laurat yang dapat membantu mengikat protein pada rambut serta melindungi dari berbagai macam kerusakan dan kerontokan. 

4. Multivitamin

Tak hanya perawatan dari luar saja yang penting untuk rambut, ternyata perawatan bagian dalam juga perlu kamu lakukan. Vitamin maupun mineral sangat penting dalam peroses pertumbuhan dan retensi rambut, seperti vitamin A, B, C, D, Zat besi, dan Zinc yang baik untuk tambut.

5. Merawat Rambut

Perawatan rambut tak hanya menggunakan minyak rambut atau sampo yang tepat, tetapi kamu juga perlu menghindari kuciran terlalu ketat yang justru dapat berpotensi dapat menyebabkan kerontokan yang berlebihan. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya untuk menghindari kerusakan kulit kepala. 

Nah, itulah beberapa perawatan pada rambut agar terhindar dari kerontokan yang perlu kamu tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading