Sukses

Beauty

How to: Mengatasi Mata Panda dari Rumah, Bisa Menggunakan Sendok

Fimela.com, Jakarta Lingkaran hitam dibawah mata atau populer dikenal dengan sebutan mata panda adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak orang. Tampak lingkaran berwarna gelap hampir menghitam di area bawah mata. Sering dikaitkan dengan kelelahan, kurang tidur, atau mengalami alergi. Pada dasarnya mata panda ini tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, bagi sebagian orang mungkin akan tidak nyaman karena merusak penampilan wajah, mata terlihat menghitam dan memberi kesan kelelahan. Pigmentasi warna tidak akan selalu sama, ada yang keunguan, kebiruan, coklat, atau hitam. Sesuai dengan warna kulit pada umumnya.

Mata panda juga identik dengan penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit di bawah mata mulai mengendur dan menipis, sehingga pembuluh darah di bawah kulit akan lebih terlihat. Kondisi ini yang akan memberikan warna gelap bawah mata. Tidak mengurangi kemungkinan pula orang yang masih muda tidak akan mendapatkan mata panda.

Tidak ada pengobatan khusus untuk mengembalikan warna kulit asli di bawah mata, tetapi ada beberapa cara untuk membantu mempercepat menghilangkan lingkaran hitam. Walaupun perawatan medis bisa membantu mengatasi mata panda, namun tak perlu bayar mahal-mahal datang ke klinik kecantikan, cukup lakukan beberapa cara dibawah ini dari rumah. 

Kompres dengan sendok dingin

Trik menggunakan sendok dingin ini sudah sangat populer di kalangan perempuan. Alat ini memberikan rasa sejuk dan menenangkan kulit di bawah area mata serta meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, kompres dingin juga mampu untuk mengurangi pembengkakan dan mengecilkan saluran pembuluh darah yang melebar karena peradangan. Hal ini akan mengurangi kelopak mata yang bengkak dan menghilangkan lingkaran hitam. Cara nya sangat mudah dilkakukan, perhatikan step dibawah ini

  • Siapkan dua sendok yang sudah dibersihkan. Lalu letakkan di lemari es dan diamkan selama minimal beberapa jam hingga dingin. Lebih baik lagi jika didiamkan selama seharian. 
  • Jika sudah dingin, letakkan sendoknya di area mata secara perlahan. Boleh ditekan-tekan dengan lembut untuk memberikan sensasi pijatan. Lakukan step ini di kedua mata dengan sendok yang berbeda hingga suhu sendok sudah menghangat.

Gunakan mentimun

Selain menggunakan trik sendok dingin, mentimun juga menjadi sebagai opsi lain yang juga memberikan manfaat tambahan.  Dikutip dari Healthline, mentimun mengandung vitamin K, yang dikaitkan dengan pengurangan lingkaran hitam dan peningkatan elastisitas kulit. Iris mentimun yang dalam keadaan dingin menjadi beberapa bulatan. Lalu tempelkan mentimun di mata tertutup, diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas area mata tersebut dengan air mengalir.

Mendapatkan tidur yang cukup

Penyebab umum dari lingkaran hitam adalah kelelahan karena kurang tidur. Peradangan pada area mata terjadi karena banyak cairan yang menumpuk di bawah mata. Kurang tidur juga menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam dan pucat. Maka dari itu, tidur dengan durasi yang cukup  adalah kuncinya. Setidaknya tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam untuk mengurangi tanda kelelahan tersebut dan mencegahnya untuk terlihat kembali.

Tidur dengan lebih banyak bantal 

Menambahkan beberapa bantal di kepala ketika tidur bisa membantu mengurangi cairan yang menumpuk di area bawah mata, yang pada akhirnya mengurangi lingkaran hitam. Tinggikan posisi kepala dengan memberikan beberapa bantal ekstra yang empuk untuk mengatasi pembengkakan.

Rutin memakai sunscreen

Banyak yang tidak mengetahui bahwa kontak langsung dengan sinar matahari juga menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi, saat terkena sinar UV kulit menghasilkan lebih banyak pigmen daripada yang dibutuhkan, sehingga menyebabkan munculnya lingkaran hitam. Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen ketika ingin melakukan aktivitas di dalam ruangan maupun luar ruangan. Setidaknya ada kandungan SPF 30  didalamnya untuk membantu melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Gunakan eye cream

Salah satu rangkaian skincare yang juga cukup penting untuk memberikan perawatan wajah dengan optimal. Produk eye cream memang dikhususkan untuk merawat area mata, termasuk mengurangi lingkaran hitam dan kantong mata. Carilah produk eye cream yang mengandung vitamin K dan E untuk mengurangi peradangan. Walaupun tidak secara instan akan langsung hilang, dengan memakainya secara rutin akan memberikan perubahan yang signifikan.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading