Sukses

Beauty

Penyebab Kantung Mata Tebal dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kantung mata merupakan salah satu permasalahan yang cukup umum. Kantung mata yang menebal atau terlihat hitam memang cukup mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, kantong mata tebal juga bisa mengurangi kadar percaya diri yang kamu miliki.

Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Jika kamu tampil dengan kantung mata yang tebal, maka bisa jadi orang lain akan memberikan kesan kalau kamu adalah orang yang terlihat terus mengantuk. Hal ini dikarenakan kantung mata yang menebal biasanya disebabkan karena kurang tidur. Namun sebenarnya penyebab kantung mata tebal tidak hanya itu saja.

Berikut penyebab kantung mata tebal serta cara mengatasinya.

Penyebab Kantung Mata Tebal

1. Alergi

Pada rinitis alergi, terjadi peradangan di hidung oleh karena reaksi alergi. Gejala yang timbul meliputi bersin-bersin dan mata berair, dapat diiringi dengan timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

2. Penuaan

Penuaan dapat menyebabkan munculnya kantung mata karena seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, lemak yang berada di sekitar mata juga akan bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak atau membentuk kantung mata.

3. Pola makan yang tidak baik

Kekurangan cairan dan rendahnya asupan protein tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, tapi juga dapat memengaruhi area bawah mata.

4. Stres

Stres dapat menyebabkan kulit dan jaringan tubuh menjadi lemah, hal ini juga dapat terjadi pada jaringan kulit di sekitar mata. Ketika jaringan kulit di sekitar mata melemah, maka kantung mata dapat terbentuk karena penumpukan cairan.

Cara Mengatasi Kantung Mata Tebal

1. Kompres dingin

Kompres dingin membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan karena penyempitan aliran darah. Kamu bisa gunakan es batu yang dibalut dengan kain. Namun kamu juga bisa gunakan sendok teh yang sebelumnya sudah didinginkan di kulkas.

2. Teh hijau

Kandungan antioksidan pada kafein dalam teh hijau mampu untuk meningkatkan aliran darah ke kulit serta berpotensi memperlambat proses penuaan. Selain itu, teh hijau bisa melindungi kulit dari sinar UV, terbukti banyak skincare yang menjual eye cream dengan kandungan kafein didalamnya yang membantu mengurangi pembengkakan di bawah mata. Cukup letakkan kantong teh hijau yang sudah didinginkan di kulkas di atas mata tertutup selama 15 hingga 30 menit.

3. Jangan lupa minum air putih

Dehidrasi bisa jadi salah satu penyebab kantung matamu menebal. Oleh karena itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan air putihmu.

4. Penuhi kebutuhan nutrisi lewat makanan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pola makan yang tidak baik bisa menyebabkan kantung matamu menebal. Hal tersebut dikarenakan pola makan yang tidak teratur bisa membuatmu kekurangan nutrisi yang kamu butuhkan. Oleh karena itu, perbaikilah pola makanmu agar nutrisi yang kamu butuhkan bisa terpenuhi.

5. Tidur cukup

Salah satu penyebab kantung mata tebal adalah kurang tidur. Usahakan untuk tidur dengan waktu yang cukup yaitu kurang lebih 8 jam sehari.

6. Gunakan eye cream

Eye cream juga bisa membantu mengempeskan kantung matamu yang terlihat tebal. Pastikan kamu menggunakan eye cream yang cocok ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading