Sukses

Beauty

Tips Menggunakan Air Mawar agar Wajah Tampak Lebih Cerah

Fimela.com, Jakarta Air mawar bukanlah sembarang air, ini adalah air yang bisa menyulap kulitmu menjadi bersinar cerah. Siapa yang tidak tahu kehebatan dari air mawar ini? Pasti para perempuan sudah paham betul betapa hebatnya air mawar ini, rangkaian produk  skincare mereka pasti salah satunya ada yang berbahan air mawar. Sejak berabad-abad lalu, air mawar telah dipercaya dan menjadi populer untuk mengatasi permasalahan kulit wajah. Mereka adalah bahan serbaguna yang tidak akan membuat kulitmu lembap seharian, tetapi juga mampu mencerahkan wajah. 

Dari mana asal air mawar? Pada dasarnya air mawar terbuat dari proses penyulingan kelopak bunga mawar. Ekstrak kelopak mawar inilah yang memainkan peran sebagai air manjur untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Melihat dari kegunaannya, tak heran mengapa air mawar banyak digunakan orang sebagai produk kecantikan. Bagi yang memiliki tekstur wajah yang tidak rata, memiliki tipe kulit kering, dan ingin mencerahkan wajah, air mawar adalah jawabannya. Walaupun tidak sepenuhnya akan memberikan efek instan, namun terdapat hasil yang signifikan jika dipakai secara rutin dan didampingi dengan produk lainnya. 

Bagi yang ingin menghemat sedikit uang untuk membeli produk perawatan wajah air mawar, jangan khawatir kamu bisa dengan mudah membuatnya dari rumah. Dengan ini kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan ini itu karena efek yang didapat juga tidak jauh berbeda. Namun, sebelum membuatnya simak penjelasan manfaat  dari air mawar lebih lanjut. 

Kegunaan air mawar untuk wajah

Air mawar cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering, berminyak, dan kombinasi. Biasanya air mawar digunakan untuk melawan berbagai infeksi kulit dan meredakan kemerahan. Bagi kulit berminyak  dan berjerawat, ini bisa membantu membuka pori-pori dan menghilangkan sebum yang berlebihan, sehingga kulit akan terlihat cerah berkilau. Seperti yang sudah diketahui, penyebab datangnya jerawat adalah karena kotoran yang tersumbat pada pori-pori. Melansir dari Marham, selain bisa meredakan kemerahan, air mawar juga bisa mencerahkan kulit, mereka efektif menghambat produksi melanin dalam melanosit yang mengurangi warna kulit yang lebih gelap. 

Bagi yang memiliki kulit  kering, air  mawar mungkin bisa menjadi sahabatmu. Tak perlu diragukan lagi, air mawar adalah sumber hidrasi yang baik, mereka bisa menjadi pelembab yang efektif menghidrasi kulit sepanjang hari. Ini akan meremajakan kulit dengan mengembalikan kelembapan dan hidrasi. Masukkan air mawar ke dalam rangkaian perawatan wajahmu untuk menghasilkan kulit yang sehat dan lembap. 

Cara membuat air mawar dengan metode didih

Bahan yang diperlukan:

  • 2–3 cup kelopak mawar segar, dibilas dan dibersihkan
  • panci atau panci lebar
  • saringan
  • botol semprot 
  • 1.5 liter air suling atau air distilasi

Langkah membuat: 

  • Tambahkan kelopak mawar bersih ke dalam panci atau panci.
  • Tambahkan air suling secukupnya untuk menutupi kelopak mawar. Jangan menambahkan terlalu banyak air, atau air mawar akan menjadi terlalu encer
  • Tempatkan panci di atas kompor dengan api kecil.
  • Tutup panci dengan penutup dan biarkan mendidih selama 30–45 menit.
  • Didihkan sampai kelopak kehilangan warnanya.
  • Matikan api, biarkan air mawar menjadi dingin sepenuhnya.
  • Saring air ke dalam botol semprot.
  • Dinginkan, lalu gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Perhatikan efek samping

Sebelum langsung memakai air mawar, sebaiknya memeriksa terlebih dahulu apakah memiliki  reaksi yang tidak biasa, seperti gatal, perih, atau terbakar. Jika mendapatkan efek tersebut, berarti kulit kamu tidak cocok dan bisa jadi memiliki alergi terhadap bunga. Sama halnya ketika membeli produk skincare, selalu periksa label botolnya, pastikan tidak ada yang mengandung pewarna, pewangi buatan, dan alkohol. 

Gunakan air mawar sebagai toner, masker, atau face mist untuk mengatasi permasalahan kulitmu, khususnya mencerahkan wajah. Mereka bisa menjadi produk yang alami dan efektif menyembuhkan peradangan dan menyeimbangkan pH kulit. 

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading