Sukses

Beauty

Cara Membuat Body Scrub Alami dan Manfaatnya Untuk Kecantikan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai jenis perawatan wajah yang biasa dilakukan. Mulai dari membersihkan wajah menggunakan sabun muka, menggunakan pelembab, hingga menggunakan masker.

Namun sebenarnya tak hanya wajah saja yang wajib dirawat, badan pun perlu dirawat. Urutan perawatan kulit tubuh biasanya tidak sepanjang perawatan kulit wajah. Urutan perawatan kulit tubuh yakni sabun mandi, eksfoliasi seperti body scrub, lalu pelembab dan sunblock.

Dari semua perawatan tubuh tersebut, hanya body scrub yang tidak dipakai setiap hari. Body scrub hanya dipakai seminggu sekali saja. Hal ini dikarenakan pemakaian produk eksfoliasi terlalu sering bisa membuat kulitmu jadi mengelupas dan iritasi.

Sebenarnya ada banyak produk kecantikan yang mengeluarkan scrub untuk tubuh, namun kamu juga bisa membuat body scrub sendiri dari bahan alami. Berikut berbagai macam body scrub alami serta manfaatnya untuk kesehatan kulitmu.

Berbagai Macam Body Scrub Alami dan Cara Membuatnya

1. Beras

Body scrub beras diyakini dapat membuat kulitmu lebih lembut dan cerah. Cara membuat lulur beras pun tidak sulit. Rendam beras dalam air selama semalaman. Kemudian haluskan beras yang sudah dikeringkan. Campurkan adonan beras dengan air mawar, dan bentuk menjadi adonan kecil. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Selanjutnya kamu bisa campurkan dengan sedikit air hingga terbentuk menjadi pasta. Setelah itu kamu bisa oleskan lulur beras ke seluruh tubuh sambil digosok perlahan.

2. Oatmeal

Dikutip dari hellosehat.com, oatmeal dapat mengatasi masalah iritasi dan peradangan kulit. Teksturnya yang sedikit kasar, dapat menjadi eksfoliator alami untukmu yang memiliki masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Untuk membuatnya, kamu perlu mencampurkan 1 sdm oatmeal, 1 sdm garam laut, 1 sdt baking soda dan 1 sdm minyak zaitun sampai tercampur rata. Kemudian oleskan pada tubuh dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, gosok perlahan dan bilas menggunakan air hangat.

3. Alpukat dan madu

Alpukat mengandung vitamin dan antioksidan yang menyehatkan kulit. Sifat dari alpukat juga memberikan ketenangan kulit secara alami, sementara madu memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi.

Cara membuatnya cukup mudah. Campurkan 1/2 buah alpukat yang sudah dihancurkan dengan 3 sdt madu dan 3 sdm tepung jagung, aduk hingga rata. Setelah rata, oleskan ke badan sambil dipijat lembut selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Berbagai Macam Body Scrub Alami dan Cara Membuatnya

4. Coklat

Coklat punya berbagai manfaat seperti meredakan kulit yang terbakar sinar matahari, meredakan iritasi serta menghaluskan kulit. Untuk membuatnya, kamu perlu bubuk dark coklat, minyak essensial dan madu. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai rata, kemudian oleskan ke tubuh. Diamkan selama 15 menit, lalu gosok perlahan.

5. Kopi

Untuk membuat body scrub dari kopi, kamu bisa mencampurkan bubuk kopi dengan gula. Campuran kedua bahan ini akan membantu mencerahkan kulit, karena diperkaya dengan kandungan antioksidan. Cara membuatnya dengan mencampurkan 2 sendok bubuk kopi, 1 sendok gula pasir dan 1 sendok minyak zaitun. Aduk hingga membentuk pasta dan aplikasikan ke kulit wajah atau tubuh. Gosok dengan lembut dan bilas sampai bersih.

Kalau kamu sedang bosan dengan body scrubmu yang biasanya, kamu bisa coba membuat body scrub dari berbagai bahan alami. Manfaatnya pun tak kalah hebatnya dengan body scrub yang dijual oleh berbagai produk kecantikan. Yuk coba bikin!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading