Sukses

Beauty

Tips Memutihkan Gigi Secara Alami dan Medis

Fimela.com, Jakarta Senyum merupakan salah satu aspek yang pertama kali dilihat saat melakukan interaksi. Bukan hanya itu, senyuman juga menjadi kunci utama untuk seorang individu menjadi lebih percaya diri. Maka dari itu banyak sekali orang memperhatikan senyumannya terutama gigi

Memiliki gigi putih bersih dan tidak ada bercak kuning adalah mimpi dari semua orang di dunia. Namun, nyatanya untuk mendapatkan gigi yang putih bersih tidaklah mudah. Banyak sekali makanan dan minuman yang harus dihindari. Contohnya mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Mengkonsumsi kafein dapat mempercepat penguningan pada gigi.

Tapi sebenarnya cara paling efektif untuk memutihkan gigi apa? Apakah itu aman? Setiap berapa lama sekali kita harus ke dokter gigi? Apakah susah untuk dilakukan?

Nah, sahabat Fimela, berikut alami dan medis yang bisa kalian lakukan.

Tips dan cara melakukannya

Soda kue (baking soda)

Baking soda merupakan salah satu bahan baku yang sudah terkenal dan diakui dapat memutihkan gigi secara alami. Hal ini karena soda kue memiliki senyawa abrasive ringan yang dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi. Menambahkan, soda kue dapat menciptakan lingkungan basah di mulut dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri. 

Dilansir oleh Healthline.com, pasta gigi yang banyak mengandung soda kue dapat secara efektif dan signifikan mengurangi plak, radang gusi, dan pendarahan gigi jika dibandingkan dengan pasta gigi yang tidak mengandung soda kue. Intinya, soda kue lebih efektif dalam menghilangkan noda dan memutihkan gigi.

Caranya adalah dengan menggunakan satu sendok makan soda kue dan 1 sendok teh air, kemudian diaduk serta digunakan setelah jadi. Lakukan ini seminggu 3-5 hari untuk mendapatkan hasil yang lebih terlihat. 

Hydrogen peroxide 

Sama seperti soda kue, Hydrogen peroxide adalah bahan pemutih gigi natural yang dapat membunuh bakteri di mulut. Hydrogen peroxide juga terbuat dari hidrohen dan oksigen yang dicampur. Dari segi tekstur lebih kental dari pada air.

Dikutip dari Healthline.com, pasta gigi yang memiliki banyak kandungan  hydrogen peroxide terbukti sangat efektif untuk memutihkan gigi setelah 12 minggu pemakaian. Selain itu, pasta gigi yang mengandung  hydrogen peroxide akan jauh lebih effektif dari pada pasta gigi yang memiliki kandungan charcoal.

Faktanya,  Hydrogen peroxide sering sekali digunakan menjadi desinfektan luka yang kemudian kemampuannya untuk membunuh bakteri. Semua produk pemutih gigi yang dijual ada mengandung  Hydrogen peroxide,  meskipun konsentrasinya jauh lebih tinggi daripada yang akan Anda gunakan di rumah.

Cara penggunaannya sebagai obat kumur:

  1. Beli hydrogen peroxide yang kandunganya hanya 1.5% sampai 3%,
  2. Campurkan hydrogen peroxide dan air menjadi satu. Rasio 1:1,
  3. Gunakan campuran sebelum anda menggosok gigi.

Cara penggunaan sebagai pasta gigi:

  1. Campurkan 2 sendok teh (10 ml) hydrogen peroxide dengan 1 (6 gram) sendok teh soda kue,
  2. Campur jadi satu,
  3. Gosok perlahan campuran ini ke gigi.

Lakukanlah 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

 

Tips dan cara melakukan

Oil pulling

Oil pulling adalah salah satu metode pemutihan gigi tradisional dari suku India yang bertujuan untuk meningkatkan kebersihan mulut dan membuang racun dari tubuh. Dengan melakukan metode ini minyak yang ada pada mulut akan membersihkan bakteri dimana bakteri ini dapat membuat gigi terlihat kuning.

Dikutip dari Healthline.com, ada penelitian yang dilakukan perihal metode ini dimana melakukan ol pulling dapat mengurangi bakteri serta plak dan gingivitis.

Cara melakukannya seperti:

  1. Gunakan 1 sendok makan (15ml) minyak kelapa,
  2. Masukan ke mulut,
  3. Kemudian tarik dan dorong cairan dalam mulut dengan melewati gigi,
  4. Lakukan selama 15 sampai 20 menit.

Anda bisa lakukan kapan saja karena minyak kelapa tidak mengandung bahan kimia.

Konsultasi dengan dokter gigi

Jika kalian takun untuk menggunakan metode-metode di atas. Kalian sarankan untuk pergi kedokter gigi untuk meminta saran dan melakukan perawatan gigi. Tanyalah saran kepada dokter tentang bagaimana cara memutihkan gigi.

Kalian bisa meminta saran tentang prosedur pemutihan gigi apa yang bisa dilakukan di Rumah sakit gigi. Terkadang dokter bisa menyarankan untuk melakukan veneer gigi atau pembersihan plak pada gigi.

 

Jika metode-metode ini berhasil ingatlah untuk menghindari makanan dan aktifitas yang dapat membuat gigi makin kuning seperti merokok, makan makanan yang banyak mengandung gula, wine, kopi, teh, kuah kari, dan lain-lain.

Selamat mencoba sahabat Fimela.

 

*Fimela reporter Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading