Sukses

Beauty

5 Jenis Produk Cleanser yang Cocok untuk Bersihkan Kulitmu dari Makeup

Fimela.com, Jakarta Sebelum dan setelah menjalankan aktivitas, hal sederhana yang tidak boleh dilewatkan adalah mencuci muka. Rutinitas ini menjadi langkah paling dasar yang perlu dilakukan untuk perawatan kulit wajahmu. Jangan salah, proses membersihkan wajah atau disebut juga sebagai double cleansing menyimpan beragam manfaat untuk kulitmu, lho

Sama seperti namanya, double cleansing adalah teknik membersihkan wajah yang dilakukan secara dua kali. Dilansir dari dermstore, cara pertama dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk membersihkan makeup, menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan membersihkan kulit. Sementara itu, cara kedua dapat menggunakan pembersih berbahan dasar air  untuk mengatasi masalah kulit melalui bahan yang menghidrasi, menghaluskan kulit, dan mengobati jerawat. 

Untuk melakukan double cleansing, maka gunakan produk pembersih yang tepat. Pembersih atau cleanser memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan tipe kulit dan tekstur yang diinginkan oleh setiap orang. Misalnya tipe kulit yang normal, kering, berminyak, kombinasi, dan juga sensitif. Jika sudah memahami dengan baik tipe kulitmu, maka akan lebih mudah untuk menentukan jenis cleanser atau pembersih yang cocok. Berikut jenis pembersih berdasarkan pada teksturnya: 

1. Foam Cleanser

Pembersih wajah berbusa dapat membersihkan beragam produk makeup dan berfungsi dalam melembutkan kulit. Teksturnya yang ringan membuat formula ini cocok untuk digunakan oleh tipe kulit kombinasi dan kulit yang berminyak. Produk pembersih ini dapat membantu untuk menghilangkan minyak berlebih, menjaga keseimbangan kulit, dan mempertahankan kelembaban alami pada kulit. 

 

2. Gel Cleanser

Selanjutnya, pilihan pembersih wajah yang cocok bagi kulit normal, berminyak, atau berjerawat yaitu dengan menggunakan gel cleanser. Formulanya lebih ringan untuk digunakan pada kulit wajah dan menghasilkan lebih sedikit busa. Pembersih gel dapat membuat kulit menjadi lebih lembab, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membersihkan sebum yang berlebih.

Saat mengaplikasikannya, akan terasa sensasi yang lebih segar dan menangkan untuk kulit. Produk pembersih ini juga memiliki kemampuan untuk mengangkat minyak, bakteri, dan kotoran lainnya, tanpa menyebabkan iritasi dan kulit kering. 

3. Cream Cleanser atau Cleansing Milk

Lain halnya dengan pembersih berbusa dan bertekstur gel, pembersih krim akan memberikan tekstur yang lebih lembut dan melembabkan sehingga diperlukan bagi Sahabat Fimela yang memiliki tipe kulit kering. Namun, karena bentuknya yang berupa krim, maka diperlukan pembersih tambahan berupa toner dan pelembab agar bisa membersihkan secara menyeluruh. Untuk menggunakannya, produk ini sering kali dioleskan dengan cara menggunakan kapas. 

4. Micellar Water

Micellar water berbahan dasar air, pelembab, dan senyawa lainnya yang berfungsi untuk membersihkan. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit karena sifatnya yang cair layaknya membersihkan wajah menggunakan air pada umumnya. Pembersih ini efektif dalam mengangkat kotoran, makeup, dan minyak. Penggunaannya pun sangat mudah dan praktis, hanya tinggal menuangkannya pada kapas dan diaplikasikan pada seluruh sisi wajah.

5. Cleansing Balm

Cleansing balm memiliki bentuk yang padat dan berbahan dasar minyak. Bahan-bahan yang terdapat di dalamnya membuat produk ini lebih cocok untuk ditujukan pada kulit kering dan sensitif. Cleansing balm memiliki bentuk yang lebih praktis untuk digunakan dibandingkan dengan pembersih lainnya karena tidak perlu dibilas dan teksturnya yang lebih padat, layaknya balsem. Pembersih ini juga dapat membersihkan wajah dari makeup dan membersihkan pori-pori hingga lapisan terdalam.  

Setiap pembersih pada dasarnya memilki fungsi yang sama, perbedaannya hanya terdapat pada tekstur dan senyawa yang terkandung di dalam produk tersebut. Kembali lagi bahwa kamu harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh kulitmu supaya kulit wajah bisa terjaga dengan baik, terhindar dari kusam, tetap lembut, dan juga sehat.

Dari kelima jenis pembersih tersebut, pembersih mana nih yang lebih cocok untuk kulit Sahabat Fimela?

 

Penulis : Syifa Azzahra 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading