Sukses

Beauty

5 Tips Perawatan untuk Melembutkan Permukaan Kulit Tangan

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak mendambakan permukaan kulit tangan lembut, halus, putih, serta bersih? Apalagi perempuan pasti senang sekali rasanya memiliki tangan yang lembut. Melakukan aktivitas yang padat dengan kulit tangan yang lembut tidak perlu mengkhawatirkan tekstur kulit tangan yang kasar hingga terkelupas. 

Namun perempuan tidak menyadari jika terlalu sering berinteraksi dengan zat kimia seperti kandungan sabun yang kurang cocok di tangan juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit tangan menjadi kering dan tidak halus. 

Selain karena sabun yang kurang cocok, ternyata masih ada banyak penyebab mengapa tangan menjadi tidak halus, berkulit kering, dan juga bertekstur kasar. Berikut rangkuman penyebab permukaan kulit tangan tidak lembut serta tips perawatan untuk permukaan kulit tangan agar tetap lembut.

Penyebab permukaan kulit tangan menjadi kering dan tidak lembut

Kulit kasar sering terjadi akibat kulit kering. Hal ini umumnya disebabkan oleh kulit yang kehilangan kelembaban sehingga kulit memiliki tekstur kasar, mengelupas, dan gatal.

Dr. Devia Irine Putri, salah satu dokter kulit juga menyampaikan bahwa penyebab tangan kasar bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti penggunaan sabun atau deterjen yang tidak cocok, kondisi medis tertentu, dan perubahan cuaca.

Penggunaan sabun atau deterjen yang mengandung zat surfaktan  dapat menghilangkan minyak dan kelembapan pada kulit. Selain itu, perubahan cuaca juga dapat menjadi penyebab mengapa kulit tangan lebih kering dan kasar. Hal ini dapat kamu rasakan ketika cuaca dingin karena cuaca dingin dapat menurunkan kelembapan sehingga kulit dapat menjadi kering dan lebih kasar dari biasanya. Terakhir, kondisi medis tertentu seperti eksim pada kulit juga akan menyebabkan kulit tangan menjadi kering dan kasar, tetapi hal ini dapat disiasati dengan berkonsultasi pada dokter kulit. 

Tips untuk melembutkan permukaan kulit tangan

1. Oleskan pelembab pada tangan

Saat kulit banyak berinteraksi dengan air, tangan akan mudah kering. Hal ini karena air dapat menarik keluar cairan dari lapisan terdalam kulit dan menguap ke udara kering  sehingga kulit menjadi lebih kencang dan kering. Maka dari itu, salah satu cara untuk melembutkan kulit tangan adalah dengan mengoleskan pelembap secara rutin. 

Perawatan topikal ini sangat penting untuk mengatasi gangguan yang dapat merusak kulit. Selain itu, pelembab juga dapat membantu perawatan kulit seperti mengembalikan fungsi epidermis, meningkatkan kadar air pada bagian epidermis, dan menenangkan kulit. 

Maka dari itu, setiap orang yang ingin kulit tangannya tetap lembut harus rutin menggunakan pelembap di beberapa bagian tubuh, termasuk juga tangan. Pelembap untuk tangan ini juga mudah didapatkan dengan harga yang bervariasi. Tidak lupa untuk pilih pelembap yang cocok dengan kulit agar tidak meninggalkan efek samping. 

2. Gunakan sarung tangan ketika mencuci ataupun bepergian ketika cuaca terik

Penyebab tangan tidak lembut dan kering juga karena seringnya berinteraksi dengan zat kimia seperti cairan pencuci pakaian maupun cairan pencuci piring. Terlalu sering berinteraksi dengan cairan pencuci pakaian dan pencuci piring juga dapat menyebabkan kulit tangan mudah terkelupas. 

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan sarung tangan sebagai cara untuk merawat kulit tangan agar tidak kering. Apalagi jika tangan kamu sering terendam air seperti saat mencuci piring. 

Sarung tangan mampu membantu mencegah air berinteraksi langsung ke kulit. Selain ketika mencuci, sarung tangan juga bisa kamu gunakan ketika sedang berpergian ketika cuaca sedang terik. Ini menghindari paparan sinar matahari berlebihan yang dapat menyebabkan kulit kering.

3. Gunakan sabun cuci tangan dengan kandungan yang tepat 

Kamu merasa kulit tangan menjadi kasar dan tidak lembut? Bisa jadi penyebabnya adalah sabun cuci tangan yang tidak cocok untuk kulit. Ada beberapa orang yang memiliki kulit tangan yang sensitif sehingga kulit akan bereaksi ketika bersentuhan dengan kandungan yang kurang cocok. 

Hindari untuk menggunakan sabun yang berbahan dasar untuk deodoran, sabun antibakteri, sabun yang memiliki banyak busa, ataupun sabun wangi. Mengapa? Karena sabun-sabun tersebut cenderung mengandung zat aditif yang kurang cocok untuk kulit tangan.

Gunakanlah sabun berpelembab, atau sabun yang memiliki sedikit busa. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari sabun cuci tangan berbahan dasar alkohol maupun astringent yang dapat menyebabkan kontraksi jaringan tubuh. Di samping itu, kamu juga harus menghindari sabun cuci tangan yang mengandung asam alpha-hydroxy karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit kering.

4. Kelola stres

Stress dapat menjadi pemicu mengapa tangan menjadi kurang lembut. Hal ini jarang disadari oleh banyak orang. Padahal ketika stress tubuh juga akan memicu reaksi dan salah satu bagian tubuh yang bereaksi adalah kulit. 

Stress juga dapat memicu permasalahan pada kulit. Dilansir melalui laman resmi healthline, seorang pakar kulit Adam Friedman menjelaskan. "Kulit adalah penghubung utama antara kondisi lingkungan, tubuh, dan pikiran,"  Karena manusia mengalami stress, kulit akan mengaktifkan HPA yang berfungsi untuk melepas hormon stress pada kulit. Dan karena lepasnya hormon tersebut, kulit juga terpengaruh. 

Pastikan untuk melakukan semua hal yang disebutkan secara rutin sehingga kulit kering tidak terjadi dan segala gangguan kulit lainnya bisa dihindari. Jika masalah pada permukaan tangan terus berlanjut, ada baiknya  kamu memeriksakan diri ke dokter kulit.

5. Batasi penggunaan air yang terlalu sering 

Kulit tangan sering berinteraksi dengan air ketika sedang mencuci tangan dan mandi. Penyebab tangan kamu yang tidak lembut ini dapat diakibatkan karena cuci tangan berlebihan dan waktu mandi yang terlalu lama. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus atur waktu untuk mencuci tangan dan mandi. Pastikan kamu mencuci tangan selama 20 detik saja. Sementara itu, waktu mandi bisa kamu batasi dengan tidak lebih dari 10 menit. Jika dirasa membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama bisa 15 menit saja. 

Selain waktu, hal-hal lain yang kamu harus kamu perhatikan antara lain penggunaan air seperti air hangat adalah pilihan yang tepat. Jika kamu menggunakan air yang terlalu panas, kulit tanganmu akan terluka. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading