Sukses

Beauty

Apakah Produk Perawatan Kulit dengan Kandungan Galactomyces Cocok untuk Kulit Berminyak?

Fimela.com, Jakarta Kandungan galactomyces banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit masa kini. Produk berbahan galactomyces pertama kali dipopulerkan di Jepang. Bahan ini dikenal mampu membantu memperbaiki penampilan kulit dengan memberikan berbagai macam manfaat. Kini, banyak produk perawan kulit di Asia yang menggunakan galactomyces sebagai bahan utamanya.

Dilansir dari stylestory.com.au, galactomyces adalah sejenis ragi, produk sampingan dari proses fermentasi sake. Proses fermentasi tersebut membentuk senyawa galactomyces ferment filtrate (GFF). Uniknya, efek galactomyces diduga pertama kali ditemukan oleh pembuat sake yang menyadari bahwa tangannya tetap terlihat awet muda. Galactomyces diduga menjadi rahasia di balik tangan pembuat sake yang tetap halus, cerah, dan bebas kerutan.

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak terkadang mengalami kesulitan dalam memilih produk perawatan kulit yang sesuai bagi kulitnya. Lantas, apakah produk perawatan kulit yang mengandung galactomyces cocok untuk pemilik kulit berminyak? Pada umumnya, galactomyces cocok untuk segala jenis kulit karena memiliki tekstur yang lembut dan ringan. Bagi pemilik kulit berminyak, galactomyces memiliki efek antioksidan yang mampu mengontrol kadar sebum dan minyak berlebih pada kulit.

Manfaat Galactomyces untuk Kulit

Galactomyces dipercaya memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Berikut beberapa manfaat kandungan galactomyces yang baik untuk perawatan kulit:

1. Mengurangi tanda-tanda penuaan kulit

Galactomyces mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit dari aparan radikal bebas yang dapat merusak kulit, sekaligus bisa meningkatkan produksi kolagen. Kandungan galactomyces ferment filtrate membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda. Selain itu, senyawa tersebut juga mampu mengatasi hiperpigmentasi pada kulit seperti meratakan warna kulit, mencerahkan, dan mengurangi munculnya bintik hitam pada kulit.

2. Mengatasi kulit berminyak

Umumnya galactomyces direkomendasikan untuk semua jenis kulit. Bagi pemilik kulit berminyak atau kombinasi, kandungan ini bisa menjadi pilihan terbaik sebagi produk perawatan kulit. Kandungan galactomyces pada produk perawatan kulit bisa membantu mengatur produksi sebum di kulit. Kandungan ini juga memiliki tekstur yang ringan sehingga cepat meresap ke kulit.

3. Mengecilkan pori-pori

Galactomyces terbukti memiliki sifat mengecilkan pori-pori. Hal ini disebabkan kemampuannya dalam mengatur produksi sebum di kulit. Produksi sebum yang berlebihan dapat memperbesar pori-pori, yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak kotoran masuk ke dalam kulit dan menimbulkan permasalahan kulit lainnya. Tidak hanya mengontrol sebum, kandungan ini juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat.

4. Mengatasi jerawat dan komedo

Galactomyces mampu membantu mengurangi munculnya komedo dan jerawat karena kemampuannya mengatur produksi sebum, menghidrasi kulit, sekaligus mengecilkan pori-pori. Selain itu, kandungan ini terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan dan meredakan kemerahan atau mencegah iritasi yang disebabkan masalah ini.

5. Menghidrasi kulit

Sebagai humektan alami, kandungan galactomyces dapat membantu mengunci kelembapan dan menjadikan kulit lebih lembab bercahaya. Kulit yang terhidrasi dengan baik dan terjaa kelembapannya dapat terhindar dari paparan polutan dan sinar UV yang dapat merusak kulit.

6. Menutrisi kulit

Galactoyces kaya akan mineral dan asam amino yang membantu menutrisi dan menghidrasi kulit. Galactomyces merevitalisasi kulit dengan meningkatkan elastisitasnya, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, meratakan warna kulit, dan mencegah timbulnya masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, komedo, dan lainnya.

Tips Penggunaan Produk Galactomyces

Karena manfaatmya yang begitu banyak, kandungan galactomyces kini banyak digunakan dalam produk perawatan kulit seperti toner, essence, serum, dan moisturizer. Tekstur galactomyces yang ringan pada toner dapat mempercepat proses penyerapan. Dari sebuah penelitian ditemukan essence dengan kandungan galactomyces mampu mengurangi melanin pada kulit sehingga dapat membantu memudarkan bekas jerawat atau bintik hitam. Kandungan galactomyces pada serum berfungsi untuk menutrisi kulit dan mengatasi masalah kulit secara lebih terfokus. Galactomyces yang berperan sebagai humektan alami dapat menjaga kelembapan kulit sehingga cocok digunakan dalam produk moisturizer.

Meskipun galactomyces aman digunakan untuk semua jenis kulit, hal ini juga bergantung pada sensitivitas kulit masing-masing individu. Sebelum menggunakan produk terutama pada kulit wajah, lakukan patch test atau lakukan uji coba pada bagian kecil kulit selama 14 hari untuk memantau efek samping atau reaksi alergi. Jika setelah uji coba tidak muncul reaksi efek samping, maka bisa memasukkan galactomyces dalam rangkaian perawatan turin.

Sebaliknya, jika ditemukan reaksi alergi atau efek samping pada kulit, sebaiknya hentikan pemakaian. Selain itu, perhatikan juga campuran bahan-bahan yang mungkin tidak cocok jika digabungkan dengan kandungan galactomyces. Bisa juga untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada ahli atau dokter spesialis kulit yang dipercaya.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading