Sukses

Beauty

Perawatan Harian yang Bisa Bantu Atasi Kulit Kusam dan Warna Kulit tidak Merata

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak mendambakan kulit tidak kusam serta warna yang merata? Apalagi perempuan pasti senang sekali rasanya memiliki kulit tanpa noda kusam dan warna merata tanpa adanya kemerahan. Melakukan aktivitas yang padat, dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kusam dan memiliki warna yang tidak merata.

Tidak hanya itu, banyak  perempuan yang tidak menyadari jika gaya hidup seperti asupan makanan yang kurang bergizi serta asupan air yang masuk ke dalam tubuh juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kusam dan berwarna tidak merata. 

Lantas harus melakukan perawatan seperti apa? Apakah harus melakukan perawatan yang mahal? Tentu saja tidak, kamu bisa melakukan perawatan harian agar kulit tidak kusam dan memiliki warna yang merata. Simak informasinya di bawah ini.

Penyebab kulit kusam dan warna tidak merata

Dilansir melalui laman Garnier, kulit kusam dan memiliki warna yang tidak merata disebabkan oleh beberapa faktor, yang pertama kulit kamu mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan air putih bisa menyebabkan wajah menjadi kusam. Tidak hanya itu, jika kamu memiliki masalah kulit berminyak atau memiliki kulit kombinasi, dengan kondisi kulit yang dehidrasi ini akan menyebabkan kotoran dan minyak mudah menempel. Hal ini akan mengakibatkan wajah menjadi kotor dan menggelap. 

Penyebab lain adalah menumpuknya sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk tanpa melakukan eksfoliasi secara rutin dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan munculnya masalah jerawat. 

Terakhir penyebab kulit menjadi kusam serta warna kulit yang tidak merata dan yang paling sering menjadi penyebab utama adalah gaya hidup yang tidak teratur dan kurang sehat. Zaman sekarang beredarnya makanan cepat saji hingga tingginya penggunaan kafein dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan warna kulit menjadi tidak merata.

Tips perawatan kulit harian agar tidak kusam dan warna merata

Dengan segala kompleksitas dari aktivitas yang kamu lakukan, kamu dapat merawat kulit agar tidak kusam serta tetap merata warnanya. Dilansir melalui laman resmi Loreal  Paris kamu bisa lakukan cara-cara seperti ini, yang pertama kamu bisa menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Dengan sunscreen selain melindungi wajah, kamu juga bisa mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Kandungan sunscreen yang digunakan minimal mengandung SPF 30 dan PA+++. 

Yang kedua adalah eksfoliasi, eksfoliasi atau perawatan dengan mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati dapat membantu regenerasi kulit. Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan scrub maupun eksfoliasi berbahan kimia dari produk skincare yang mengandung asam sebagai eksfolian seperti glycolic acid. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin kamu bisa menghindari penumpukan sel kulit mati, kulit kusam, serta warna tidak merata. 

Terakhir sesuaikan pola hidup seperti pola makan dan asupan air. Kamu harus menerapkan pola makanan sehat yang seimbang seperti sayur dan buah-buahan. Makanan mengandung manis seperti gula juga sebaiknya tidak kamu makan terlalu sering karena dapat memicu peradangan pada kulit. Minum air putih secara rutin juga akan menjaga kelembaban kulit, membantu regenerasi kulit, serta terhindari dari kulit yang dehidrasi. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Timeless 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading