Sukses

Beauty

Tampil Lebih Muda, 3 Kebiasaan Perawatan Tubuh Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Tampil muda dan segar sepanjang usia adalah impian dari banyak orang di dunia. Apalagi untuk menjadi terlihat tua banyak sekali penyebabnya. Disisi lain kita juga harus menyadari kalau penuaan itu adalah bagian dari kehidupan. Maka dari itu, banyak sekali orang-orang yang lomba-lomba untuk berusaha terlihat awet muda.

Pasti terkadang ada beberapa orang yang terheran-heran kenapa ada beberapa orang dari segi umur bisa dibilang tua, tetapi dari segi fisik mereka tidak terlihat seperti umurnya. Hal ini dikarenakan ada beberapa kebiasaan perihal bagaimana cara mereka merawat tubuh mereka yang membuat mereka terlihat awet muda. Sebenarnya untuk seseorang ingin terlihat muda atau lebih muda daripada umurnya, mereka harus paham terlebih dahulu tentang kulit mereka dan pahami juga tipe perawatan tubuh.

Dilansir oleh Age.mpg.de mengungkapkan bahwa yang menyebab orang terlihat tua adalah karena manusia yang menua tersebut memiliki kerusakan materi genetik, sel, dan ada beberapa bagian tubuh yang tidak bisa diperbaiki oleh tubuh itu sendiri. Intinya yang menyebabkan kerusakan atau membuat seseorang terlihat tua adalah kerusakan pada tingkat molekul dan kerusakan tersebut terkadang tidak dapat disembuhkan atau diperbaiki oleh tubuh itu sendiri. Hal inilah yang membuat seseorang susah untuk terlihat awet muda.

Ada beberapa hal juga yang wajib kamu perhatikan, stres yang berlebih, terpapar sinar matahari tanpa adanya perlindungan untuk kulit, merokok, dan lain-lain adalah beberapa alasan kenapa seseorang bisa cepat mengalami penuaan. Biasanya jika kamu mengetahui apa yang membuat kulit mudah mudah menua, kamu pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk menghindarinya. Maka dari itu, jadikan itu sebagai kebiasaan jika kamu ingin terlihat awet muda. Melihat ini, berikut adalah 3 Kebiasaan perawatan tubuh yang bisa membuatmu terlihat awet muda menurut Purelexmedical.com.

 

 

Menghindari Sinar Matahari

Mari kita ambil contoh dari negara pencipta Kpop. Kebanyakan orang-orang dari negara itu terlihat muda. Dari berbagai macam alasan, salah satunya adalah karena mereka menghindari sinar matahari sebisa yang mereka lakukan, jika di Indonesia payung digunakan saat hujan, kalau orang Korea Selatan menggunakan payung untuk menghindari sinar matahari dan hujan.

Memang benar sinar matahari bukan faktor utama yang membuat kulit cepat menua. Akan tetapi, lebih baik menghindari karena sinar matahari memiliki kandungan UV. Kandungan inilah yang membuat kulit rusak dan akhirnya membuat keelastisan kulit rusak. Akibat inilah kulitmu akan terlihat kendur dan kusam, kerutan, bintik-bintik penuaan, warna kulit tidak merata, dan lain-lain.

Sangat disarankan untuk menerapkan kebiasaan yang satu ini yaitu dengan menggunakan sunscreen yang SPFnya seminimal mungkin adalah 30. Disarankan untuk mengoleskan sunscreen di seluruh bagian tubuhmu. Ingat untuk selalu reapply sunscreen setiap 4 jam sekali jika di dalam ruangan dan 2 jam sekali jika di luar ruangan.

Makan Makanan Sehat

Pola makan yang sehat akan membantu memperbaiki dan menutrisi kulit dari dalam. Ingat untuk selalu mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Hal ini dikarenakan makanan yang sehat dapat membantu menjaga tubuhmu untuk terlihat muda. Menambahkan, kedua jenis makanan bernutrisi ini mengandung fitonutrien yang membantu menangkal efek merusak dari radikal bebas yang ada karena lingkungan dimana kita berada. Selalu ingat untuk makan 2 jenis nutrisi tersebut dan juga mengkonsumsi biji-bijian untuk menambah protein, serta lemak sehat.

Sering dilupakan, apalagi orang-orang yang tidak suka minum. Agar kulit terlihat awet muda sangat disarankan untuk selalu menghidrasi tubuh. Setidaknya mengkonsumsi 8 gelas air sehari. Mengkonsumsi air putih setiap harinya dapat membantu mendukung dan menjaga kulit mu untuk terlihat bersinar, serta menjaga kesehatan tubuh pada umumnya. Jika kamu tidak mengkonsumsi air dengan cukup, kamu akan menyebabkan kulitmu terlihat kering dan kusam, sehingga menimbulkan kerutan dan penuaan.

 

 

Tidur yang Cukup

Waktu tubuh secara optimal menjaga dan memperbaiki tubuhnya adalah pada saat kita tidur. Pada waktu inilah kulit akan bergerak dan mulai memperbaiki diri. Semakin sedikit atau telat kamu tidur maka kamu akan terlihat tua. Saat kamu tidur Malam hari Tubuhmu akan secara terus menerus melepaskan hormon yang kemudian akan mendorong dan mempercepat pergantian dan pembaharuan sel kulit. 

Untuk membantu mempercepat perbaikan kulit, sebelum tidur kamu disarankan untuk menggunakan produk, seperti retinoid, asam beta hidroksi, dan moisturizer. Dalam penggunaan retinoid dan asam beta hidroksi disarankan jangan terlalu sering untuk digunakan karena jika kebanyakan juga tidak akan memberikan dampak baik untuk kulit.

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading