Sukses

Beauty

7 Kebiasaan Ini Perlu Dihindari agar Kulit Tampak Tetap Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Semakin beranjaknya usia, setiap orang perlu untuk menerapkan sejumlah kebiasaan agar kulit dan tubuh tampak awet muda. Untuk mewujudkannya pun tidak dapat dicapai dalam waktu yang singkat dengan proses yang mudah. Diperlukan beberapa tahapan dan juga sikap konsisten untuk menerapkan gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup sehat dapat dimulai dengan kebiasaan yang sederhana. Namun, tanpa disadari, sering kali kamu bisa mengabaikan beberapa hal tersebut. Padahal, kebiasaan ini bisa berdampak besar terhadap kesehatan kulit dan tubuh. Kira-kira kebiasaan apa saja ya yang perlu untuk dihindari supaya kulit dan tubuh tampak selalu awet muda?

Merangkum dari situs healthshot, berikut untuk kebiasaan sederhana yang perlu diubah untuk menjaga kulit dan penampilan agar tetap awet muda

 

1. Tidak Menjaga Kulit agar Tetap Lembap

Kesibukan selalu merenggut waktu untuk melupakan atau melewatkan kebiasaan penting yang sebenarnya harus dilakukan. Termasuk salah satunya yaitu mengaplikasikan pelembab atau moisturizer sebelum mengawali hari dan sebelum tidur. Pada pagi hari, kamu akan kesulitan untuk melakukannya karena sedang mempersiapkan segala hal yang perlu dilakukan selama satu hari penuh. Sementara itu, di malam hari kamu mungkin terlalu lelah hanya untuk melakukan rutinitas perawatan kulit. Namun, sebaiknya kamu perlu luangkan sedikit waktu saja untuk menerapkan kebiasaan sederhana ini supaya kulit bisa tetap kencang, kenyal, dan lembut. Apalagi, moisturizer berperan penting dalam menjaga skin barrier agar tetap sehat. 

2. Tidak Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Entah sudah berapa banyak kotoran, debu, dan minyak yang dapat menempel setelah beraktivitas sepanjang hari. Maka dari itu, kebiasaan untuk menghapus makeup harus dilakukan sesaat sebelum beristirahat. Kebiasaan ini tentunya bisa membuat kulit menjadi bersih, sehat, dan terjaga dengan baik. Apabila kamu tidak menghapus sisa makeup sebelum tidur, maka muncul masalah baru pada kulit karena dapat menyumbat pori-pori dan bisa menimbulkan jerawat pada wajah. Hal ini bisa berujung pada tampilan wajah yang terlihat kusam. 

3. Terlalu Banyak Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan rutinitas yang sangat baik dilakukan untuk perawatan kulit. Namun, jika dilakukan secara berlebihan justru dapat menimbulkan efek yang sebaliknya. Terlalu banyak eksfoliasi bisa menyebabkan pigmentasi dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika melakukan eksfoliasi hanya dalam satu atau dua kali saja selama seminggu dengan menyesuaikan pada jenis kulitmu. 

4. Konsumsi Gula yang Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan terkadang akan berujung pada masalah lainnya. Begitu juga dengan konsumsi gula pada tubuh. Konsumsi gula pada makanan atau minuman manis perlu untuk dikendalikan dalam keseharian. Hal ini disebabkan karena molekul gula dapat menyebabkan terjadinya glikasi kolagen dan mengakibatkan penurunan produksi kolagen dalam waktu yang lebih cepat. 

5. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Hal ini tentunya juga dapat berpengaruh pada kesehatan wajah dan tubuh. Penampilan pun bisa terganggu apabila kulit sudah mengalami dehidrasi. Jika kamu tidak terhidrasi dengan baik, kelembapan kulit akan hilang dengan sepenuhnya. Cobalah untuk selalu menjaga kelembapan supaya kulit bisa tetap kenyal, lembut, dan halus. Dengan begitu, penampilan pun bisa tampak awet muda. 

6. Kurang Tidur

Semua orang mungkin telah menyadari bahwa kurang tidur bisa menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Bahkan, jika kamu sering melakukannya, kamu pun bisa secara langsung merasakan dampaknya. Kurang beristirahat bisa menyebabkan stres bagi tubuh sehingga penampilan terlihat menjadi kurang fit dan wajah akan tampak lelah. Kebiasaan buruk ini perlu dihentikan karena bisa berkontribusi pada wajah yang terlihat menjadi lebih tua. 

7. Kurang Banyak Bergerak atau Melakukan Aktivitas Fisik

Malas bergerak dan melakukan sesuatu pastinya pernah dirasakan oleh sebagian besar orang. Namun, untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, setiap orang perlu untuk bergerak aktif dan berolahraga secara teratur. Kebiasaan ini memang sulit dilakukan apabila tidak dilandasi dengan niat untuk tetap konsisten melakukannya, tetapi perlu diperhatikan lagi bahwa kebiasaan ini bisa membawa efek yang positif dalam jangka panjang. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik, meski dalam olahraga ringan sekali pun. Melalui kebiasaan ini,  sirkulasi pada tubuh akan meingkat. Kulit wajah dan tubuh pun dapat terlihat awet muda. 

Itulah beberapa kebiasaan yang perlu dihindari agar kulit dan tubuh tetap tampak awet muda. Kembali lagi bahwa gaya hidup sehat dapat diterapkan secara konsisten supaya bisa menmberikan hasil yang baik bagi tubuh. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading