Sukses

Beauty

7 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Jerawat seringkali mengganggu penampilan kita dan meninggalkan bekas yang mempengaruhi kepercayaan diri. Bopeng dan bekas jerawat di wajah merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Munculnya bopeng dan bekas jerawat bisa disebabkan karena beberapa faktor.

Kebiasaan memencet jerawat dapat menyebabkan infeksi lebih dalam pada kulit dan memperburuk kerusakan jaringan. Hal ini akan menyebabkan bekas jerawat menjadi menggelap. Walaupun terasa gatal, usahakan jangan menggaruk jerawat, karena bekas jerawat bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Selain kebiasaan tersebut, bekas jerawat juga bisa terjadi akibat faktor genetik. Beberapa penyakit kulit seperti jerawat kistik atau rosacea juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya bopeng dan bekas jerawat. Bekas jerawat menggelap bisa juga dipengaruhi paparan sinar matahari yang berlebihan. Berikut cara alami untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat:

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Salah satu langkah penting dalam menghilangkan jerawat adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan keras yang bisa iritasi.

2. Menggunakan Es Batu

Diamkan es batu dalam kantong plastik dan gosokkan dengan lembut pada daerah yang berjerawat. Es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan jerawat. Sehingga bekas jerawat tidak akan terjadi.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Oleskan pasta gigi non-gel pada jerawat sebelum tidur dan biarkan semalaman. Pasta gigi memiliki kandungan antiseptik dan zat kering yang dapat membantu mengeringkan jerawat. Kandungannya juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat yang menggelap.

4. Menggunakan Madu

Oleskan madu mentah secara tipis pada jerawat dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Madu memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang membantu mengurangi jerawat. Madu bisa dijadikan sebagai masker untuk mencerahkan bekas jerawat.

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

5. Menggunakan Lidah Buaya

Ambil gel lidah buaya dan oleskan pada jerawat. Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengurangi jerawat dan menghilangkan bekasnya. Kandungan lidah buaya memiliki efek yang menenangkan kulit.

6. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air dan oleskan pada jerawat menggunakan kapas. Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri yang efektif untuk mengobati jerawat. Minyak ini membantu proses penyembuhan jerawat tanpa meninggalkan bekas.

7. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi jerawat. Hindari makanan olahan dan tinggi gula yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Jika mengonsumsi gula berlebih, jerawat akan susah sembuh dan lukanya dapat meninggalkan bekas.

Itulah cara alami yang dapat dicoba untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi carilah cara yang paling cocok untuk kulitmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading