Sukses

Beauty

7 Tips Mengatasi Masalah Rambut Kering Anti Gagal

Fimela.com, Jakarta Sebelumnya apa sih rambut kering itu? Jadi rambut kering dikarenakan kulit kepala yang tidak menghasilkan cukup minyak untuk melembabkan rambut kita atau rambut kita membiarkan kelembabapannya keluar.

Kemudian penyebab rambut kering juga dapat disebabkan kulit kepala yang kering. Hal ini karena kulit kepala kurang menghasilkan minyak, kemudian kulit kepala yang kering akan mengelupas dan menyebabkan serpihan ketombe. Selain itu penyebab lain seiring bertambahnya usia, rambut akan menghasilkan minyak yang lebih sedikit.

Perubahan hormon setelah monopouse juga dapat menyebabkan kulit kepala kering. Keadaan lingkungan, serta iklim juga berpengaruh terhadap kerusakan rambut. Sering terpapar sinar matahari, angin, dan air yang mengandung klorin atau asin serta kurangnya perlindungan terhadap rambut dapat membuat kulit kepala kering.

Kemudian bagaimana cara mengatasi rambut kering? Simak caranya di bawah ini.

1. Hindari mencuci Rambut terlalu Sering

Kamu dapat mencuci rambut lebih jarang, artinya jangan terlalu sering untuk mencuci rambut. Kamu dapat mencuci rambut sekali atau dua kali dalam seminggu. Bahkan kamu dapat mencuci rambut saat rambut terasa sudah kotor maupun lepek. Jika ksering mencuci rambut dan menggunakan pengering seperti hair dryer rambutmu akan selalu terasa panas karena efek dari penggunaan hair dryer.

2. Gunakanlah Shampoo yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

Saat membeli shampoo, harap lebih teliti mengecek kandungan yang terdapat di dalam shampoo tersebut. Gunakan shampoo yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Produk yang dibuat khusus untuk membantu rambut kering akan memiliki sedikit kandungan detergen di dalamnya.

3. Pakailah Conditioner

Siapa yang di sini jarang menggunakan conditioner? Buat yang memiliki masalah rambut kering mulai sekarang cobalah untuk menggunakan conditioner. Karena conditioner dapat melembapkan kulit kepala lho. Hal ini juga dapat menjaga kutikula rambut agar tetap rata sehingga menaham minyak yang alami.

4. Gunakanlah Minyak Alami

Minyak alami yang sering membantu pertumbuhan rambut atau mengatasi permasalah rambut adalah Minyak Kelapa atau Minyak Jojoba. Cobalah untuk menggunakan minyak alami, dengan cara memijat rabut dengan minyak tersebut, karena hal ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan kulit kering yang terjadi.

5. Potong Rambut yang Bercabang

Tak hanya itu perhatikan ujung rambut, apakah bercabang atau tidak. Rambut yang kering akan lebih sering mengalami permasalahan rambut bercabang juga. Potonglah rambut yang bercabang sekitar 1-3 cm, hal ini dapat membantu pertumbuhan rambut.

6. Berikan Perlindungan Lebih untuk Rambut

Cuaca atau iklim sangat berpengaruh terhadap kerusakan kulit rambut kita yang dapat menyebabkan rambut kering. Jika cuaca sedang panas sebaiknya gunakan topi ketika akan melakukan aktivitas di luar lapangan. Selain itu gunakan penutup kepala saat mandi atau berenang di kolam renang atau laut, hal ini juga dapat melindungi rambut dari klorin serta air garam.

7. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tak hanya perawatan dari luar, kamu juga perlu perawatan dari dalam. Konsumsi makanan sehat, seperti ikan, buah dan sayuran. Mengkonsumsi ikan salmon juga dapat membantu perawatan rambut agar terlihat lebih sehat dan berkilau dan mengkonsumsi buah pepaya juga dapat membantu perawatan kulit kepala. Selain itu mengkonsumsi sayur bayam juga dapat mengatasi rambut yang rapuh.

Cobalah beberapa perawatan di atas untuk mengatasi rambut kering, agar rambut kita lembap dan tidak memiliki masalah dengan rambut kering.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading