Sukses

Beauty

5 Penyebab Timbulnya Jerawat yang Jarang Disadari, Begini Tips Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang bisa dialami segala usia. Tumbuhnya jerawat bisa membuat tingkat kepercayaan diri seseorang menurun, kulit menjadi bertekstur dan warna kulit tidak rata.

Biasanya jerawat muncul di area dahi, pipi, dan hidung, karena area tersebut memproduksi minyak secara berlebih. Namun, tumbuhnya jerawat juga bisa dialami di area rahang, leher, atau punggung.

Ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat, mulai dari faktor genetika hingga gaya hidup yang kurang sehat. Tumbuhnya jerawat ini bisa diatasi dengan cara alami atau menggunakan produk skincare yang tepat.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab timbulnya jerawat yang jarang disadari beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Timbulnya Jerawat

1. Perubahan Hormon

Penyebab jerawat yang pertama adalah karena faktor perubahan hormon. Pada saat usia remaja, terjadi perubahan hormon di masa pubertas, yang menyebabkan kulit sangat berminyak dan memicu munculnya jerawat.

Selain itu, produksi minyak pada lapisan kulit akan semakin bertambah, saat perempuan mengalami perubahan hormon pada masa haid, sedang hamil dan menjelang menopause.

2. Terlalu Banyak Pikiran

Terlalu banyak pikiran atau stres bisa menyebabkan jerawat muncul di kulit. Karena saat stres, kelenjar minyak akan memproduksi minyak lebih banyak dari pada biasanya. Sehingga minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat serta komedo.

3. Sering Menggunakan Makeup

Tak ada salahnya menggunakan makeup untuk mempercantik diri. Tetapi terlalu sering menggunakan makeup bisa menyebabkan kulit berjerawat. Apalagi kalau kamu salah menggunakan produk makeup.

Sebaiknya gunakan makeup seperlunya saja dan tidak terlalu tebal, serta gunakan makeup yang memiliki klaim hypoallergenic dan noncomedogenic, agar tidak menyebabkan jerawat atau komedo di wajah.

4. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Kebiasaan sering mengonsumsi makanan berlemak juga bisa menyebabkan jerawat, seperti gorengan atau junk food. Karena makanan berlemak bisa menyebabkan kandungan kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh.

Hal ini bisa membuat kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak, dan menjadi penyebab jerawatan. Untuk itu kurangilah mengonsumsi makanan berlemak.

5. Jarang Membersihkan Wajah

Wajah yang kotor bisa menyebabkan pori-pori jadi tersumbat oleh debu, kotoran, kuman atau sisa makeup. Untuk itu, sangat penting membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian.

Tips Mengatasi Tumbuhnya Jerawat dengan Bahan Alami

1. Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat sebagai anti bakteri, sehingga bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru. Kamu bisa menggunakan kunyit bubuk atau kunyit yang dihaluskan untuk dijadikan masker wajah.

2. Lemon

Untuk mengatasi peradangan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk lemon. Karena air perasan jeruk lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan mencerahkan bekas jerawat di kulit.

3. Lidah Buaya

Cara mengatasi jerawat yang terakhir adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi, yang bisa membantu mencegah hiperpigmentasi kulit, mencerahkan bekas jerawat dan membantu menenangkan peradangan pada kulit berjerawat.

Tips Mengatasi Tumbuhnya Jerawat dengan Produk Skincare

Untuk mengatasi tumbuhnya jerawat, kamu juga bisa menggunakan skincare yang mengandung salicylic acid, untuk membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah dan mencegah komedo.

Selain itu gunakanlah skincare yang mengandung sulfur. Karena sulfur memiliki fungsi untuk mengeringkan jerawat, dan juga mengontrol sebum di kulit wajah. Kandungan mandelic acid juga bisa digunakan sebagai antibakteri, yang bisa menyembuhkan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat.

Agar jerawat bisa lekas sembuh, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan AHA, BHA, retinol, niacinamide, tea tree oil, centella asiatica dan benzoil peroksida.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading